12 Tempat Terindah Menikmati Senja di Jogja

  • Whatsapp

Jogja Never Ending Asia, begitulah kiranya untuk menggambarkan segala sesuatu tentang Jogja. Tak akan pernah ada kata habis ketika membicarakan Jogja. Segala sesuatu adalah keindahan tak terkecuali ketika menilik spot-spot terindah dalam menikmati sore hari.

Bacaan Lainnya

senja di jogja
instagram.com/nabilarakhma

Tempat indah tersebut mulai dari pegunungan, perbukitan, dataran rendah hingga pantai. Semua tempat menyajikan keindahan terutama pada sore hari. Oleh karena itu jangan pernah terburu-buru dalam menikmati keindahan Jogja.

Diantara banyaknya lokasi berikut 12 tempat terindah menikmati senja di Jogja diantaranya :

1. Kalibiru, Bukit Menoreh

Tidak banyak yang tahu akan satu objek wisata yang satu ini karena memang letakanya cukup jauh dari pusat kota. Terletak di Perbukitan Menoreh, atau tepatnya ada di Desa Kalibiru, Sermo, Kulon Progo. Tapi dipastikan tidak akan menyesal ketika berkunjung ke tempat ini karena suasananya benar-benar dekat dengan alam.

2. Puncak Gunung Purba Nglanggeran, Patuk

Sesuai dengan namanya, lokasi ini berada di puncak gunung. Tapi jangan takut untuk mencapainya tidak begitu sulit karena tempat ini telah dibuka sebagai objek wisata alam. Bukan hanya senja saja yang akan terlihat elok. Tapi saat pagi hari setiap wisatawan juga bisa menikmati matahari terbit.

3. Embung Nglanggeran, Patuk

Letaknya tak jauh dari objek wisata yang diatasnya. Bedanya kalau ingin di puncak gunung maka harus kerja keras maka untuk menuju embung yang ada di Desa Nglanggeran ini bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor.

4. Bukit Bintang, Jalan Wonosari

Masih di Wonosari atau tepatnya ada di Jalan Wonosari. Karena letaknya yang ada di jalan utama maka sangat mudah ditempuh. Bahkan pada hari-hari tertentu semisal Sabtu atau Minggu maka sepanjang jalan di Bukit Bintang ini akan penuh sesak. Biasanya mereka datang sengaja untuk melihat matahari terbenam kemudian menyaksikan Jogja di malam hari.

5. Bukit Parangendog, samping Parangtritis

Kalau ke Pantai Parangtritis pasti semua orang pernah datang, Tapi tahukah di dekat pantai tersebut terdapat bukit yang bernama Bukit Parangendog. Dari bukit tersebut banyak anak muda yang suka camping atau mendirikan tenda untuk melakukan kegiatan olahraga panjat tebing atau paralayang.

6. Istana Ratu Boko, Prambanan

Menjadi salah satu spot terbaik karena memang letaknya ada di atas perbukitan. Faktor keindahan bukan hanya karena indahnya alam saja tapi di dukung arsitektur akan bangunan candi yang ada di dekat kawasan Candi Prambanan ini.

7. Candi Ijo, Prambanan

Masih di dekat Istana Ratu Boko, untuk menjangkaunya wisatawan bisa berjalan ke arah tenggara sejauh 4 kilometer untuk menemukan Candi Ijo yang terletak di Desa Sambi Rejo, Prambanan, Sleman. Bangunan ini menjadi candi tertinggi yang ada di Jogja sehingga wisatawan bisa leluasa melihat matahari saat terbit atau tenggelam.

8. Candi Prambanan

Siapa yang tak tahu candi yang telah terkenal di tanah air ini. Karena kecantikannya tempat ini selalu di kunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Bila ingin sesuatu yang berbeda datanglah pada sore hari saat matahari akan kembali ke peraduan.

9. Pantai Glagah, Kulonprogo

Menjadi salah satu pantai unggulan yang ada di Kulonprogo. Selain diminati pengunjung pada siang hari tempat ini banyak dipilih untuk menghabiskan waktu senja bersama orang terkasih. Terlebih saat ini pihak pengelola telah melakukan perbaikan di berbagai titik sehingga bisa memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

10. Pantai Pok Tunggal, Gunungkidul

Pantai unik di Gunung Kidul dengan pasir putih dan sebatang pohon Duras yang menghiasinya. Objek wisata ini lebih kompleks karena memiliki bukit yang bisa digunakan untuk berlatih panjat tebing. Tidak hanya itu saja, tapi keindahan tempat ini akan lebih maksimal pada sore hari karena matahari akan memanjakan mata pengunjung.

11. Pantai Jogan, Gunungkidul

Pantai indah ini terletak diantara pantai Nglambor dan Pantai Siung. Pantai ini memiliki keunikan karena memiliki air terjun yang tentu saja tidak ada di tempat lain. Air terjun tersebut sangat dipengaruhi curah hujan, bila musim kemarau maka debit air terjun akan menjadi sedikit dan bila musim hujan air terjun akan lebih deras.

12. Pantai Parangtritis

Siapa yang tak tahu pantai yang paling popular di Jogja ini. Hampir semua yang pernah berkunjung ke Jogja pasti tahu betul pantai ini. Hal ini karena Pantai Parangtritis tak ubahnya dengan Malioboro yang sudah melekat dalam ingatan publik.

Keindahan senja di Jogja tak berhenti disitu. Hampir di semua lokasi dengan mudah akan kita temukan suasana syahdu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar