16 Objek Wisata di Jogja Populer Sepanjang Masa

Tahun 2016 akan segera berakhir dan Jogja sebagai icon kota pariwisata setiap tahun selalu dijejali pengunjung. Dari sekian banyak objek wisata di Jogja populer setidaknya menyisakan beberapa catatan.

Salah satu catatan yang perlu dipermati adalah adanya objek wisata di Jogja yang populer sepanjang masa. Artinya dari ke tahun jumlah pengunjung wisata ke lokasi tersebut tidak pernah surut.

Bacaan Lainnya

Objek Wisata di Jogja Populer

Berbicara tentang objek wisata di Jogja tentu tak ada habisnya. Dengan sangat mudah siapapun itu akan menemukan berbagai destinasi menarik.

Baik itu di pegunungan, pedesaan, perkotaan, pantai atau apapun itu. Maklum saja di tempat ini seolah objek wisata senantiasa tumbuh dan tidak berkurang.

Dan berikut 16 objek wisata di Jogja paling populer sepanjang sepanjang masa:

1. Malioboro

malioboro objek wisata di jogja
instagram.com/uzanadh_

Nama yang satu ini justru lebih terkenal dari kota dimana berasal. Pasalnya berdasar beberapa literasi para wisatawan lebih tahu dan mengenal Malioboro dari pada Jogja.

Bila mana berkunjung ke objek wisata yang satu jangan lupa untuk belanja oleh-oleh khas Jogja. Berbagai pernak pernik dijajakan mulai harga ribuan hingga ratusan ribu.

2. Kawasan Nol Kilometer

nol kilometer jogja
instagram.com/setiyokoagus

Tak jauh dari Malioboro terdapat kawasan yang acapkali digunakan untuk berkumpul kaula muda yang dikenal sebagai titik nol kilometer. Mereka rata-rata adalah komunitas yang ada disekitar Jogja.

Terlepas dari itu tentu saja para wisatawan yang dengan sengaja ingin menghabiskan waktu di tempat yang sangat legendaris dan Jogja banget. Tak pernah padam, siang dan malam lokasi yang diapit Malioboro dan Keraton Jogja selalu menunjukkan geliatnya.

3. Keraton Jogja

keraton jogja
shutterstock.com

Kurang lengkap rasanya berkunjung ke Kota Pelajar tanpa menyambangi Keraton Yogyakarta. Banyak hal bisa dipelajari, khususnya tentang sejarah keraton dan perjuangan mengusir penjajah.

Untuk berkunjung ke kediaman raja ini jangan terlalu sore karena layanan hanya dibuka hingga pukul 14:00 WIB. Bukan hanya jalan-jalan semata tapi ditempat ini pengunjung juga akan merasakan kehangatan dari para abdi dalem yang bertugas.

4. Tugu Jogja

jogja kangen kamu
instagram.com/malioboro_insta

Orang sering menyangka kalau tugu ini adalah titik nol kota Jogja padahal bukan. Objek wisata yang penuh kala malam ini juga harus didatangi dan pastikan ambil gambar dengan background tugu paling tua di Jogja tersebut.

Tugu sekaligus menjadi titik imajiner antara Merapi, Keraton, dan Pantai Selatan seolah tak pernah lelah menanti mereka yang sedang mengamabil gambar. Tak jarang lokasi ini digunakan untuk syuting film, video klip atau pemotretan.

5. Pasar Beringharjo

pasar beringharjo
jokoyugiyanto.com

Perburuan oleh-oleh di Malioboro dirasa kurang cukup dan masih ada tenaga ada baiknya masuk ke Pasar Beringharjo. Lokasinya berbatasan langsung dengan Malioboro dan kawasan Nol Kilometer membuat pasar yang satu ini tak pernah sepi.

Aneka barang bisa ditemukan didalamnya. Yang lebih menarik tentunya kegiatan tawar menawar karena harga bisa jadi turun hingga 50 persen.

6. Taman Sari

taman sari jogja
@evy.rossyana

Taman Sari menjadi satu paket manakala jalan-jalan ke Keraton Yogyakarta. Terlebih lokasinya yang sangat dekat dan bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

Taman air yang dulu digunakan tempat mandi dan bermain keluarga raja ini masih terawat dengan baik. Selain itu ada beberapa bangunan cagar budaya menarik peninggalan jaman kerajaan dulu yang layak kunjungi.

7. Alun-Alun Selatan

alun-alun kidul jogja
telusurindonesia.com

Bila berkunjung ke Keraton dan Taman Sari harus disiang hari maka untuk berlibur ke Alun-Alun Selatan disarankan pada sore hari atau malam hari.

Tanah lapang dengan dua pohon beringin kembar tersebut menunjukan wajahkan kala malam. Wisatawan berbondong-bondng datang untuk sekedar membunuh waktu atau mencoba tradisi masangin. Bagi yang suka romantisme ada baiknya menyewa sepeda hias dan keliling lapangan.

8. Kaliurang

kaliurang sleman
kanaljogja.com/amix.stefany

Bila di selatan ada Pantai Parangtritis maka disisi utara terdapat Kaliurang. Objek wisata yang menawarkan kenyamanan udara ini juga menjadi primadona.

Adanya villa dan hotel yang cukup murah membuat objek wisata yang satu ini selalu ramai tiap akhir pekan. Bila ingin hemat dan seru ada baiknya untuk backpacker atau mendirikan tenda.

9. Candi Prambanan

candi prambanan
facebook.com/evy.rossyana

Pernah diakui media asing sebagai salah satu candi tercantik di dunia. Untuk menuju lokasi juga sangat mudah karena terletak tidak jauh dari jalan raya.

Candi Hindu dengan cerita Rorojonggrang ini memiliki mitos unik. Mereka yang datang dengan pacar dipastikan akan putus. Hal ini karena objek wisata ini terbentuk dari rasa sakit hati Bandung Bondowoso yang gagal menyunting Roro Jonggrang.

10. Candi Ratu Boko

candi ratu boko
yogya-backpacker.com

Terletak tak jauh dari Candi Prambanan mengharuskan siapa yang datang ke Jogja harus mampir. Menjadi rugi kiranya bila berkunjung tanpa datang ke lokasi syuting Cinta dan Rangga dalam Ada Apa Dengan Cinta #2.

Candi Ratu Boko seringkali digunakan sebagai lokasi prewedding. Keindahan yang ada dan ketepatan momen membuat hasil jepretan begitu indah.

11. Kalibiru

desa wisata kalibiru
instagram.com/jenarromadhona

Kalibiru bisa dibilang sebagai desa wisata paling populer sepanjang masa. Semua itu tentu saja karena objek tercipta dengan sangat baik.

Berbagai foto di Kalibiru manakala di unggah ke sosial media akan menjai viral. Sangat iconik dengan rumah pohon dan membuat siapa saja yang ingin berfoto harus rela antri cukup lama.

12. Pantai Glagah

pantai glagah jogja
hipwee.com

Masih di Kulonprogo, Pantai Glagah bisa dibilang sebagai objek wisata laut paling populer. Ombak besar dan pemecah ombak seolah menjadi paket yang indah.

Berbagai fasilitas telah mulai dibangun. Dan kini pemerintah tengah menggejot pembanguan bandara karena Adisucipto dirasa kurang representatif lagi.

13. Pantai Parangtritis

pantai parangtritis jogja
yogyakarta.panduanwisata.id

Pantai yang satu ini telah terkenal sejak dulu. Seolah menjadi representasi pantai di Jogja padahal sejatinya Jogja memiliki gugusan pantai yang sangat banyak sekali.

Kelebihan Pantai Parangtritis tentu saja pada lokasi yang sangat strategis. Selain itu juga di dukung dengan akses jalan yang cukup baik sehingga mengarahkan setiap bus pariwisata mendatanginya.

14. Pantai Baron

pantai baron jogja
wisatasenibudaya.com

Bila di Bantul ada Pantai Parangtritis yang dikatakan paling populer maka di Gunungkidul ada Pantai Baron. Sama halnya dengan Parangtritis, pantai yang satu ini juga selalu dipenuhi pengunjung setiap hari minggunya.

Bila berkunjung ke Pantai Baron jangan lupa untuk berkunjung ke pantai lain yang kebetulan jaraknya tidak terlu jauh. Pantai yang lumayan dekat dan cukup menarik masih ada Pantai Kukup dan Pantai Krakal.

15. Gunung Api Purba Nglanggeran

nglanggeran
piknikdong.com/

Objek wisata Nglanggeran semakin dikenal dunia setelah dinyatakan sebagai salah satu situs dunia yang harus dijaga. Pengajauan dari UNESO tersebut juga berdampak membuat para peneliti datang.

Mereka berkunjung tentunya bukan hanya untuk meneliti. Lebih dari itu mereka bisa berlibur dan sedikit tenang dari hiruk pikuk kota.

16. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti
shutterstock.com

Pantai dengan nama asli Pulang Sawal ini sejak beberapa tahun silam selalu mencuri fokus wisatawan. Hal ini tentu saja karena keindahan yang ditawarkan.

Tak sedikit wisatawan yang mengatakan kalau Pantai Indrayanti tak ubahnya Jogja Rasa Bali. Julukan tersebut memang pantas disematkan karena berada di pantai ini benar-benar serasa ada di Pulau Dewata.

Selain 16 objek wisata di Jogja populer diatas tentunya masih banyak objek wisata lain bila ingin dikupas. Namun setidaknya bila liburan dan mengunjungi objek wisata tersebut maka rindu akan Jogja terobati.

Pos terkait