Home Inspiratif 21 Singkatan dan Istilah Hanya Ada di Jogja

21 Singkatan dan Istilah Hanya Ada di Jogja

0 1165

Selalu ada yang unik dan menarik manakala berada di Jogja. Selain kaya akan potensi wisata dan kuliner yang telah menasional dan mendunia ternyata di kota romantis ini juga menyimpan istilah atau singkatan yang begitu Jogja banget.

alun-alun kidul jogja

kanaljogja.id


Diantara sekian banyak singkatan atau istilah niscaya hampir semua orang Jogja mengetahuinya. Jadi manakala kamu berkunjung ke Jogja dan kurang yakin ada baiknya bertanya lebih lanjut daripada malu bertanya sesat di jalan.

Dan berikut singkatan atau istilah hanya ada di Jogja banget;

1. Jakal

Merupakan kependekaan dari Jalan Jogja Kaliurang dan sesuai namanya jalan ini menghubungkan kota Jogja hingga objek wisata di Kaliurang. Singkatan ini menjadi sangat terkenal karena melintasi beberapa kampus besar di Jogja semisal UGM dan UII.

2. Jamal

Tak kalah populer dengan nama jalan diatas, Jamal sendiri merupakan akronim dari Jalan Magelang. Jalan ini menghubungkan antara Kota Jogja dengan Magelang Jawa Tengah.

3. Paris

Nama jalan di selatan Jogja yang satu ini begitu lekat dengan wisatawan karena menghubungkan Jogja dengan objek wisata pantai Parangtritis. Romantis bukan singkatan yang satu ini karena kalau salah tangkap bisa jadi di duga nama Kota Paris, Prancis.

4. Tamsis

Dipusat kota Jogja terdapat nama jalan yang disingkat Tamsis atau Taman Siswa. Jalan ini melintas diantara perguruan Taman Siswa. Selain nama jalan Taman Siswa merupakan nama kampus yang diperuntukan dari usia dini hingga perguruan tinggi.

5. Jawon

Mungkin nama jalan ini lumayan agak asing tapi sejatinya menjadi jalan yang senantiasa dilalui manakala hendak berlibur ke Gunungkidul. Jalan Wonosari demikan nama yang ada di sisi timur Jogja ini. Jalan menanjak dan cukup panjang akan mengantarkan wisatawan untuk menikmati pemandangan keindahan bukit karst.

6. Jaim

Kalau Jawon saja terasa asing bisa dipastikan nama Jaim akan terdengar lebih asing. Jalan Imogiri demikian kadang orang menyebutnya utuh mampu mengantarkan wisatawan hingga ke arah Imogiri dan lanjut ke Mangunan.

7. Alkid

Satu akronim atau istilah yang begitu mudah diingat dan merupakan kependekan dari Alun-Alun Kidul. Sesuai namanya lapangan luas dengan dua beringin kembar ini berada di sisi selatan Keraton Jogja. Satu tempat yang cukup ramai dan tak pernah sepi dari pagi hingga malam hari.

7.Altar

Jangan salah sangka untuk nama yang satu ini. Altar merupakan kependekan dari Alun-Alun Utara dan letaknya berseberangan dengan Alkid. Alun-alun yang satu ini lebih difungsikan manakala keraton sedang hajatan semisal Gerebeg dan Sekaten.

8. Jokteng

Nama yang cukup keren ini sejatinya adalah singkatan untuk Pojok Beteng. Dan keraton Jogja sebenarnya memiliki 4 pojok beteng hanya saja sebagian rusak karena gempuran penjajah.

9. Sarkem

Bergeser ke utara akan ditemukan satu nama yang cukup populer dimata kaum Adam dan istilah hanya ada di Jogja ini telah ada sejak lama. Sarkem atau pasar kembang seolah mengarahkan pada wisata birahi semata padahal sejatinya diarea ini cukup banyak lokasi menarik dan produktif untuk dikunjungi.

10. Prameks

Ketika di Jakarta terdapat Commuter Line maka di Jogja terdapat Prameks atau Prambanan Ekspres. Kereta jarak pendek ini memanjakan penumpang untuk bepergian mulai dari Solo ke Kutoarjo melalui Jogja.

11. Concat

Bagi yang pernah menempeh pendidikan di pusat pendidikan Jogja niscaya tahu singkatan yang satu ini. Concat sendiri tak lain merupakan kependekan dari Condong Catur atau salah satu wilayah di Depok, Sleman.

12. SGPC

Masih di area kampus UGM dan UNY akan ditemukan lokasi kuliner paling tua. Wajar saja mereka yang telah lulus kuliah puluhan tahun lalu di kampus tersebut ingin bernostalgia kembali. SGPC sendiri merupakan singkatan dari Sego Pecel.

13. KR

Kedaulatan Rakyat demikian kepanjangan dari KR yang telah ada sejak jaman dulu. Nama ini menjadi sangat populer karena selain menjadi media pertama di Jogja lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan Tugu Jogja. Uniknya ada sebagian orang beranggapan KR itu merupakan kependekan dari Koran.

14. Amplas

Nama ini begitu populer dikalangan anak muda diera awal berdirinya mall terbesar di Jogja Jateng ini. Ambarukmo Plasa demikian kini banyak menyebutnya merupakan pusat perbelanjaan paling wah di Jogja dengan segala kelebihannya.

15. Monjali

Monumen Jogja Kembali, akronim yang sangat apik untuk satu objek wisata pendidikan disebelah Ring Road Utara ini. Bentuknya sangat unik dan khas karena menyerupai kerucut.

16. Ancol

Ancol ternyata tidak saja hanya ada di Jakarta, di Jogja pun ada nama objek wisata dengan nama Ancol. Tapi jangan harap akan temukan segala fasilitas seperti yang ada di Ibukota. Ancol Jogja tak lain adalah pertemuan antara Kali Progo dengan Selokan Mataram.

17. Nasgitel

Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya tanpa membunuh waktu di angkringan. Selain harus mencoba kopi joss ada baiknya untuk menyeruput teh nasgitel. Nasgitel sendiri merupakan kependekan dari panas, legi (manis), sepet (kelat layaknya salak muda) lan (dan) kentel (kentel).

18. PSG

Berkunjung ke Jogja dan melihat tulisan PSG jangan salah duga kalau itu nama klub papan atas Prancis. Di Jogja PSG merupakan kependekan dari Pasar Seni Gabusan dimana dilokasi tersebut merupakan sentra lokasi penjualan produk-produk asal Bantul.

19. Bangjo

Bagi yang suka naik angkutan umum pasti tahu betul singkatan yang satu ini. Bangjo bukanlah nama orang melainkan singkatan dari Abang Ijo yang ada pada lampu pengatur lalu lintas. Untuk memudahkan penyebutannya maka lampu merah dan hijau di singkat Bangjo.

20. Gondes

Nama, sebutan atau istilah yang cukup menyeramkan meski sejatinya tidak seburuk itu. Gondes merupakan singkatan dari Gondrong Deso atau julukan yang disebutkan bagi mereka anak laki-laki yang berambut panjang.

21. Sego Segawe

Istilah hanya ada di Jogja yang terakhir ini memang cukup jarang digunakan tapi benar-benar mewakili Jogja. Satu singkatan dari Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (sepeda untuk sekolah dan bekerja) untuk mempermudah penyebutan dan sosialisasi dimana para karyawan dan siswa diajak untuk beraktifitas menggunakan sepeda panjal.

Selain 21 singkatan atau istilah hanya ada di Jogja diatas sebenarnya masih banyak lagi singkatan yang lain. Bagi yang ada mungkin bisa sumbang saran di kolom komentar untuk nanti di update kembali.

NO COMMENTS

Leave a Reply