6 Penyebab Katarak Mata yang Sering Diabaikan

Saat ini katarak menjadi salah satu penyakit yang paling menakutkan. Terutama bagi mereka yang menginjak usia kepala 4. Oleh karenanya berbagai hal yang berkaitan dengan penyebab katarak mata harus diketahui.

penyebab katarak mata
pixabay.com

Tak sulit, saat ini sudah ada banyak informasi yang mengulas tentang penyebab katarak mata. Selanjutnya paling penting tentu saja menjaga kesehatan mata dan tubuh secara keseluruhan.

Pola hidup sehat masih dianggap sebagai solusi dan jawaban atas kondisi kesehatan yang ada saat ini. Satu penyakit tidak muncul secara tiba-tiba akan tetapi ada proses yang berjalan.

Pun demikian dalam kaitan katarak mata, pennyakit yang bisa mengakibatkan kebutaan ini pun tidak serta merta terjadi satu waktu. Ada proses panjang untuk kemudian seseorang didiagnosis menderita katarak.

Serba Serbi Katarak Mata

Katarak adalah satu kondisi gangguan penglihatan yang dikarenakan adanya denaturasi protein pada lensa mata. Akibatnya lensa mata akan menjadi keruh dan mengakibatkan cahaya masuk tidak fokus. Dan hal yang sudah pasti akan terjadi penurunan kualitas penglihatan karena mata buram.

Namun ada fakta yang menarik, dimana saat ini katarak tidak saja diderita mereka yang telah lanjut usia. Namun pada usia dewasa awal pun bisa terkena katarak apabila asupan maupun gaya hidup tidak baik.

Penyebab Katarak Mata

Ada beberapa kondisi penyebab katarak mata bisa muncul pada seseorang. Namun secara umum penyakit mata ini akan ditemukan pada mereka yang masuk dalam kategori dibawah ini:

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Pada sebagian besar, penyebab katarak mata lebih dikarenakan adanya gaya hidup yang tidak sehat. Terutama pada mereka yang miliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jumlah berlebih.

Asap rokok tak ubahnya racun dan miliki kandungan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh maupun mata. Hal ini karena adanya reaksi oksidasi yang dapat merusak sel mata.

Pun demikian pada mereka yang terlalu banyak mengonsumsi alkohol karena didalamnya terdapat enzim mikrosom sitokrom. Kandungan ini juga dapat meningkatkan agregasi protein pada lensa mata yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya katarak.

2. Riwayat Penyakit Kronis

Selain pada mereka yang miliki gaya hidup tidak sehat dan rentan terhadap katarak tentu saja orang-orang yang miliki riwayat penyakit kronis. Yang termasuk dalam kategori ini tenti saka adalah penyakit dengan durasi panjang atau menahun.

Penyakit kronis bisa disebabkan karena adanya faktor genetik, nutrisi, dan gaya hidup. Beberapa contoh penyakit kronis yang sering ditemukan antara lain adakah diabetes dan hipertensi.

Penyakit tersebut bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat akan mendatangkan komplikasi. Dan salah satu penyakit yang bisa saja muncul tentu saja katarak mata.

3. Efek Samping Penggunaan Obat

Mereka yang rutin mengonsumsi obat-obatan pun akan rentan terhadap katarak. Terutama mereka yang mengonsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dan mengandung kortikosteroid.

Perlu diketahui bahwa kortikosteroid merupakan kelompok obat yang dipilih untuk mengobati berbagai penyakit yang disebabkan peradangan dan atau ketidakseimbangan sistem imun yang ada dalam tubuh.

Obat yang termasuk dalam jenis ini adalah obat penenang, obat jantung, obat anti kejang dalam pengobatan epilepsi, obat penurun kolesterol, obat untuk mengurangi peradangan dan masih banyak lagi. Obat-obatan ini dalam jangka panjang akan menjadi pemicu penyakit lainnya seperti katarak.

4. Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar matahari yang mengandung ultra violet dan langsung mengenai tubuh dan terlebih mata tentu tidak baik. Oleh karena itu sebisa mungkin jaga agar matahari tidak langsung mengenai mata. Kondisi ini akan menyebabkan perubahan metabolisme pada lensa mata.

Ada baiknya saat beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi mata. Bisa menggunakan topi, kacamata yang mengandung anti UV atau benda-benda lain yang membuat matahari tidak langsung mengenai mata.

5. Trauma Pada Mata

Mereka yang pernah kecelakaan atau benturan dan menimbulkan trauma memiliki potensi untuk terjadinya katarak mata. Hal ini karena bisa saja akan menimbulkan kerusakan atau menurunnya kualitas jaringan lensa mata.

Kondisi ini bisa terjadi seketika atau tak lama setelah kejadian. Namun dalam beberapa kasus juga bisa terjadi setelah beberapa bulan / tahun kemudian.

Mereka yang baru saja mengalami kecelakaan atau benturan pada kepala ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan secara intensif. Tujuannya tentu saja untuk memastikan mata tetap baik-baik saja.

6. Faktor Genetik

Faktor lain yang menyebabkan mata katarak selain 5 poin diatas adalah faktor genetik. Anak-anak yang memiliki orang tua dengan riwayat katarak berpotensi lebih besar untuk terkena katarak.

Kondisi yang satu ini akan diperparah apabila sejak dalam kandungan telah terinfeksi. Selain itu bisa juga akan ditemukan kelainan lain berupa mutasi genetik dan menyerang bagian lain.

Gejala Katarak yang Seringkali Diabaikan

Tanda-tanda munculnya katarak bagi sebagian orang akan langsung diketahui. Namun pada sebagian yang lain bisa saja tidak terlihat dan baru akan muncul bila telah benar-benar parah.

Menjadi penting kemudian untuk setiap orang memahami gejala katarak. Tujuannya agar bisa dilakukan preventif agar langsung bisa dilakukan tindakan. Dan gejala-gejala tersebut antara lain:

1. Penglihatan Menurun

Hal pertama yang akan langsung dirasakan penderita tentu saja adanya penurunan penglihatan. Sesuatu yang harusnya bisa dilihat dengam baik menjadi sesuatu yang sulit.

Mata tidak lagi bisa fokus dalam melihat sesuatu. Terutama bila melihat satu tulisan dalam jarak tertentu.

2. Penglihatan Ganda

Pada sebagian orang lainnya yang terkena katarak akan mengalami penglihatan ganda. Kondisi ini hampir serupa dengan mereka yang miliki mata silinder dan oleh karenanya sering diabaikan. Ada juga yang beranggapan bila kondisi ini nanti akan hilang dengan sendirinya.

3. Buta Warna

Buta warna bisa menjadi indikasi seseorang terkena katarak. Mereka yang mulai kesulitan untuk membedakan warna-warna yang ada harus mulai mawas diri. Terutama mereka akan kesulitan membedakan warna cerah dan kemudian terlihat keruh.

4. Sensivitas Mata Meningkat

Apa bila dalam satu waktu mata merasa sakit ketika melihat satu cahaya maka bisa jadi ada indikasi terkena katarak. Kondisi ini akan sangat terlihat saat malam tiba dan mengendarai kendaraan bermotor.

5. Muncul Lingkaran Cahaya

Tanda-tanda lain seseorang terkena katarak adalah munculnya lingkaran cahaya saat melihat sumber cahaya. Baik itu saat melihat lampu ataupun sumber cahaya lainnya.

6. Kesulitan Melihat Saat Gelap

Kondisi gelap pada mata normal bukan menjadi satu masalah berarti karena mata tak perlu waktu lama untuk adaptasi. Berbeda dengan mereka yang miliki katarak akan sangat kesulitan saat melihat dalam kondisi minim cahaya.

Dengan mengetahui berbagai penyebab katarak mata dan tanda-tandanya maka ada baiknya untuk segera ke dokter bila menemukan hal tersebut. Jangan menunda nanti karena akan berakibat fatal untuk kesehatan mata di masa yang akan datang.

Pos terkait