7 Alasan Menggunakan WhatsApp CRM untuk Toko Online

Pemilik dan pelaku toko online pada jaman sekarang harus terus belajar dan mengikuti perkembangan jaman. Salah satunya adalah dalam bidang teknologi marketing.

whatsapp crm
pexels.com

Meskipun Anda sudah menguasai dan menerapkan trik-trik sukses bisnis online, pada akhirnya tetap akan kalah bersaing jika gagal memanfaatkan teknologi baru sebagaimana para kompetitor. Salah satu teknologi bisnis yang mulai populer belakangan ini adalah Whatsapp CRM.

Sebuah platform yang bisa menghubungkan komunikasi, marketing, serta analisis strategi bisnis. Kalau Anda masih belum menggunakan teknologi ini, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulainya.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Berikut adalah beberapa alasannya.

1. Komunikasi yang Praktis dan Cepat

Pelanggan tidak lagi harus menunggu lama untuk mendapatkan respon saat menghubungi Customer Service melalui nomor Whatsapp Business. Fitur chatbot dari Whatsapp CRM bisa diatur sedemikian rupa agar mampu membalas semua pesan yang masuk secara langsung.

Bahkan, respon chatbot tersebut bisa sangat akurat dan relevan, asalkan Anda mengaturnya dengan optimal. Hal ini tentu akan memberikan kepuasan ekstra pada pelanggan, serta efisiensi bisnis yang bagus.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

2. Otomatiskan Semua Tugas Rutin

Tak perlu lagi membuang-buang talenta SDM yang berharga untuk tugas-tugas remeh dan repetitif seperti konfirmasi pesanan, pengingat pembayaran, dan notifikasi pengiriman. Anda bisa mengatur agar semua hal tersebut bisa diselesaikan oleh Whatsapp CRM secara otomatis.

Dengan begitu, Anda dan tim bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang lebih penting dan strategis. Otomatisasi tugas akan jauh lebih efektif dan efisien lagi jika memilih platform yang sudah dilengkapi dengan teknologi AI.

3. Tingkatkan Kualitas Interaksi Secara Personal

Fitur pada Whatsapp CRM memungkinkan untuk mengatur pesan yang terpersonalisasi untuk setiap pelanggan. Beberapa contohnya adalah pesan selamat ulang tahun, rekomendasi produk sesuai riwayat pesanan, atau sekedar informasi promo yang relevan.

Pelanggan tentu akan kagum dan merasa lebih diperhatikan jika mendapatkan pesan demikian. Ke depannya, kesan ini akan membuat mereka cenderung lebih loyal terhadap Anda.

4. Analisis Bisnis yang Mudah dan Akurat

Sistem yang penuh dengan otomatisasi dan integrasi memungkinkan untuk memonitor berbagai data penting dalam satu platform. Bahkan, mengolah semua data tersebut untuk membantu memahami kondisi bisnis yang dihadapi pun jadi jauh lebih mudah.

Semua itu akan sangat membantu dalam mengambil keputusan bisnis yang penting. Mulai dari mengatur strategi yang lebih efektif, serta mencari jalan untuk lebih memajukan bisnis ke depannya secara jangka panjang.

5. Mengurangi Biaya Operasional

Peningkatan efisiensi yang tinggi dalam berbagai aspek bisnis akan sangat berpengaruh pada biaya yang dikeluarkan dalam operasional harian. Lebih menariknya lagi, semua penghematan itu tidak memberikan konsekuensi negatif dalam bentuk apapun, dan justru malah sebaliknya.

Berbagai manfaat non-finansial pun akan banyak terlihat dalam operasional bisnis sehari-hari. Bahkan jika Anda memilih platform Whatsapp CRM yang berbayar pun, penghematannya tetap jauh lebih besar daripada tarif berlanggganan platform tersebut.

6. Menurunkan Risiko Stress

Melakukan pekerjaan remeh yang banyak dan repetitif sangatlah membosankan dan bisa membuat karyawan merasa mudah suntuk. Namun, itu semua bisa dihilangkan dengan mengatur otomatisasi pada Whatsapp CRM.

Stress akibat pesan yang menumpuk atau analisis yang rumit pun juga akan hilang. Kesehatan jiwa dan tim bukan saja baik untuk pribadi masing-masing. Dalam urusan pekerjaan, hal tersebut juga akan mendorong kiaryawan untuk lebih perform, lebih kreatif, serta lebih semangat.

7. Kemudahan Pendataan

Tidak perlu lagi repot-repot melakukan rekap data manual. Whatsapp CRM bisa secara otomatis menyimpan data yang masuk dari berbagai platform, dan bahkan merangkumnya dalam satu platform.

Anda bisa menghubungi seorang pelanggan sembari memperhatikan data lengkap mengenainya, sehingga percakapan bisa lebih personal dan terarah. Semua ini bisa terjadi bahkan tanpa menambah beban kerja karyawan.

Semakin lama menunda, semakin jauh bisnis Anda tertinggal dari kompetitor. Jangan biarkan pelanggan setia lepas begitu saja.

Coba mulailah menggunakan Whatsapp CRM dan manfaatkan semua fiturnya seoptimal mungkin. Anda akan melihat sendiri dan merasakan bagaimana menguntungkannya menggunakan teknologi ini untuk mengoperasikan toko online yang dijalankan.

Pos terkait