7 Indikator Penting dalam Penilaian Kinerja Karyawan

Karyawan yang bekerja di suatu perusahaan tentu tak lepas dari penilaian kinerja. Biasanya, penilaian kinerja akan dilakukan oleh atasan dalam periode tertentu. Penilaian kinerja karyawan berupaya untuk melihat tingkat keberhasilan karyawan dalam melakukan pekerjaannya.

Penilaian Kinerja Karyawan

Ketika atasan menilai kinerja bawahannya, akan ada beberapa indikator yang dinilai. Indikator apa saja itu? Silakan membaca artikel ini untuk mengetahuinya.

Indikator dalam Penilaian Kinerja Karyawan

Hal-hal yang perlu dinilai dari karyawan berkaitan erat dengan kebiasaan dan performanya selama bekerja. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi indikator dalam penilaian kinerja karyawan:

Baca juga: Alasan Banyak Anak Muda Tertarik Bekerja di Perusahaan Digital Agency

1. Kehadiran

Indikator pertama adalah kehadiran. Indikator ini berupa ketepatan waktu karyawan dan jumlah kehadiran karyawan secara keseluruhan untuk bekerja di kantor. Karyawan dengan catatan kehadiran yang buruk berarti sering terlambat bahkan bolos bekerja.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Untuk mengetahui hal ini, HR biasanya menggunakan aplikasi absensi. Melalui aplikasi absensi, karyawan bisa mencatat kehadiran setiap hari dan HR pun bisa langsung memeriksa kehadirannya.

2. Kualitas Pekerjaan

Perusahaan tentu memiliki standar tersendiri terhadap kualitas kerja karyawan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penilaian untuk mengetahui apakah karyawan sudah memenuhi standar tersebut atau belum.

Kualitas pekerjaan juga berkaitan erat dengan ketepatan waktu dalam mengerjakannya. Karyawan sebaiknya mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan memberikan hasil yang terbaik, bukan hanya bekerja cepat namun dengan hasil minimal.

3. Komunikasi dengan Rekan Kerja dan Atasan

Tak ketinggalan, komunikasi karyawan di kantor dengan rekan kerja dan atasan juga perlu menjadi perhatian dalam penilaian kinerja. Tentu saja hal ini sangat penting karena pekerjaan di kantor membutuhkan kerja sama tim dengan komunikasi yang baik.

Apabila karyawan yang bersangkutan tidak menjalin komunikasi yang baik, rekan kerja dan atasan tidak akan nyaman dibuatnya. Hal ini pun bisa menyebabkan alur pekerjaan menjadi terganggu. Oleh sebab itu, karyawan dituntut untuk memiliki komunikasi dan kemampuan kerja sama tim yang baik.

4. Pengetahuan terhadap Pekerjaan

Pengetahuan dalam bidang pekerjaan masing-masing merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap karyawan. Tanpa pengetahuan tersebut, karyawan tidak akan mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik dan benar.

Pengetahuan karyawan juga berhubungan dengan kualitas pekerjaan. Apabila karyawan mengerjakan tugasnya dengan asal-asalan karena tidak memiliki pengetahuan yang dibutuhkan, maka kualitas kerjanya menjadi kurang baik.

5. Kemampuan Inisiatif

Inisiatif adalah kemampuan karyawan dalam mengembangkan ide dan mengimplementasikannya secara mandiri. Karyawan yang memiliki inisiatif menandakan bahwa ia memiliki ide dan kreativitas untuk berkontribusi terhadap perusahaan.

6. Keinginan Belajar

Meski sudah melalui pendidikan di bangku sekolah, karyawan akan menemukan hal-hal baru ketika bekerja. Tentu saja, hal baru tersebut membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai.

Itulah sebabnya karyawan harus memiliki keinginan untuk terus belajar. Karyawan yang memiliki niat dan passion untuk belajar akan terus berkembang di perusahaan.

7. Kepemimpinan

Perusahaan membutuhkan pemimpin untuk mengisi posisi-posisi penting. Oleh karena itu, perusahaan perlu mencari bakat-bakat pemimpin dari karyawan. Hal ini bisa dilakukan saat menilai kinerja karyawan.

Kepemimpinan di tempat kerja ditandai dengan kemampuan memobilisasi dan memotivasi rekan kerja untuk bekerja dengan lebih baik. Jika karyawan menunjukkan kemampuan menjadi seorang pemimpin, perusahaan pun bisa menaikkan jabatan karyawan tersebut.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penilaian performa karyawan perlu dilakukan untuk menilai keberhasilan karyawan dalam pekerjaannya. Ketika melakukan penilaian kerja, terdapat 7 indikator penting yang harus diperhatikan.

Supaya penilaian kerja di kantor berjalan dengan lancar, perusahaan bisa menggunakan aplikasi performance management dari LinovHR. Aplikasi ini bisa mengelola penilaian kinerja hingga pembuatan laporan penilaian dengan mudah, tepat, cepat, dan akurat.

Mengingat pentingnya penilaian kinerja karyawan, jangan sampai perusahaan Anda tidak melakukannya. Karena itulah, gunakan aplikasi manajemen kinerja karyawan dari LinovHR sekarang juga!

Pos terkait