Air Terjun Lepo, “Erawan Falls” nya Jogjakarta

  • Whatsapp

Di Jogja ada Erawan Falls loh, namanya air terjun Lepo atau yang biasa disebut grojogan Lepo. Air terjun ini terletak di Dusun Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Jarak tempuhnya hanya sekitar satu setengah jam dari pusat kota Jogja.

Bacaan Lainnya

air terjun lepo
instagram.com/melindais

Untuk kamu yang berada di wilayah Wonosari, jalur yang bisa dipilih adalah melewati pertigaan pathuk lalu belok kiri kearah Dlingo. Sedangkan kamu yang datang dari arah kota, kamu bisa melewati Jalan Imogiri timur yang langsung menuju ke Dlingo.

Setelah sampai di pasar Dlingo, kamu akan menemukan Kantor Kecamatan dan sebuah jalan menuju Desa Pokoh 1. Ikuti rutenya hingga sampai ke lokasi tujuan.

Air terjun lepo sendiri sebenaranya merupakan air terjun baru yang belum begitu banyak orang yang mengetahuinya. Jalan menuju air terjun lepo juga masih dipadati dengan pembangunan beberapa insfraktuktur pelengkap seperti jalan setapak, kamar kecil dan tempat parkir. Lokasinya pun tergolong masih sepi, hanya ada beberapa gubuk yang dibangun oleh warga sekitar.

Yang unik dari air terjun lepo adalah lokasi air terjunnya yang mengharuskan kita untuk menuruni sungai yang bertingkat. Terdapat tiga tingkat besar di mana setiap tingakatan-nya memilki sebuah kedung yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air.

Bagi para pengunjung, tingkatan pertama merupakan tingkatan yang paling indah dari pada kedua tingkatan lainnya. Pada tingkatan ini, terdapat deretan batu kapur yang mengelilingi kedung.

Kedung ini memilki luas yang tidak terlalu lebar sehingga mirip dengan pemandian pribadi. Kondisi kedung yang tidak terlalu dalam membuat dasar kedung dapat terlihat dengan jelas.

Puas bermain air di tingkatan pertama, kamu bisa melihat keunikan lain di tingkatan kedua, yaitu berupa bebatuan berbentuk balok yang tersusun rapi seolah dibuat sendiri oleh manusia.

Sedangkan untuk tingkatan ketiga, merupakan puncak dari keindahan air terjun lepo. Terdapat air terjun yang tidak begitu tinggi dan memliki kedung yang lebih luas dari sebelumnya.

Di kedung teratas kamu bisa puas bermain air ataupun berenang dengan air yang super jernih dan menyegarkan.

Jika siang tiba, disekitar air terjun terdapat warung-warung kecil yang menyediakan beberapa jenis makanan yang bisa kamu jadikan pengganjal perut setelah lelah bermain air.

Selain air terjun lepo di Dlingo masih ada air terjun yang tak kalah menarik. Air terjun tersebut oleh masyarakat sekitar biasa disebut air terjun Randusari.

Nah traveller, tunggu apalagi, ajak sahabat terbaik kamu untuk berkunjung ke salah satu air terjun terbaik di Jogjakarta ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *