Bakmi Kadin, Kelezatannya Sampai Menghilangkan Kata Singgah di Lidah

  • Whatsapp

Bakmi Kadin terletak di Jl. Bintaran Kulon No. 3 Yogyakarta. Nama “Kadin” sendiri merupakan singkatan dari Karto Kasidin nama pemilik sekaligus pendiri warung Bakmi Jawa yang sudah populer tersebut. Warung Bakmi Kadin sendiri sudah terbangun sejak tahun 1947, tidak heran warung bakmi ini menjadi Bakmi Jogja yang melegenda.

bakmi kadin
kompas.com

Untuk soal rasa, tak perlu diragukan lagi, rasanya memang pantas mendapat acungan jempol. Tekstur bakminya yang kenyal beradu dengan rasa kuah yang gurih membuat para pelanggannya ketagihan. Kelezatan Bakmi Jawa itu sendiri tak hanya terkenal di Kota Jogja, bahkan sudah sampai ke beberapa Kota di Indonesia seperti Jakarta.

Dulu, saat Presiden Soeharto masih menjadi Presiden Indonesia, pemilik Bakmi Kadin selalu diundang ke Istana Negara untuk menyediakan Bakmi Jawa Kadin setiap perayaan 17 Agustus. Bukan hanya itu, pemilik Bakmi Jawa itu juga terkadangan menyediakan Bakmi Kadin untuk keluarga Presiden saat itu.

Cara memasak Bakmi Jawa Kadin masih sangat sederhana, yaitu dimasak di atas tungku tanah liat atau anglo yang menggunakan bahan bakar arang. Namun ternyata cara memasak seperti itulah yang menyebabkan Bakmi Kadin terasa lezat. Kelezatannya itu karena aroma dan rasa yang ditimbulkan dari anglo itu sendiri.

Bahan-bahan yang digunakan sebagai pelengkap menu bakmi juga spesial. Telur yang digunakan bukan telur ayam, tapi telur itik. Sedangkan ayamnya, Bakmi itu menggunakan ayam kampung yang dipilih langsung oleh Pak Rochadi (generasi kedua penerus Bakmi Kadin) sebelum disembelih.

Biasanya, Bakmi Kadin dinikmati bersama minuman yang menjadi khas dari warung Bakmi itu sendiri. Minuman itu adalah bajigur, bajigur sendiri merupakan campuran dari santan, kelapa muda yang dipotong kecil-kecil, roti tawar, kolang-kaling dan jahe. Selain bajigur, warung tersebut juga menyediakan minuman lain seperti es jeruk dan es teh. Untuk es bajigur dan es jeruk dihargai sebesar Rp 3.500,- sedangkan es teh dihargai sebesar Rp 2.000,-

Seporsi Bakmi Kadin bisa di beli dengan harga Rp 11.000,- untuk bakmi tanpa telur, dan jika ingin di tambah telur, harganya menjadi Rp 17.000,-

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *