Dijamin Tidak Busuk! Inilah Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Busuk

Pisang menjadi buah yang paling sering dibeli dan ada di rumah. Namun tantangannya kemudian bagaimana cara menyimpan pisang agar tidak busuk.

Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Busuk
freepik.com

Pisang banyak dipilih karena harganya murah dan kaya akan manfaat bagi tubuh. Akan tetapi sayang, pisang juga dikenal sebagai buah yang mudah busuk apabila salah dalam menyimpannya.

Ada cara menyimpan pisang agar tidak busuk yang perlu diketahui. Dengan cara ini, mereka yang gemar makan pisang akan terbantu.

Pisang yang disimpan dengan benar, tidak akan mudah busuk. Jadi beli pisang banyak tidak akan jadi masalah.

Apalagi kandungan pisang dapat meningkatkan kekebalan tubuh hingga membuat jantung menjadi lebih sehat. Akan jadi sia-sia jika pisang yang disimpan busuk tidak bisa dimakan.

Baca juga: Pisang Bertandang Tiga dan Berjantung Enam

Cara Menyimpan Pisang Agar Tidak Busuk

Jika Anda merasa kesal karena pisang yang disimpan busuk semua, artinya belum mengetahui dengan benar cara menyimpan pisang agar tidak busuk. Karena ketika mengetahui cara yang benar maka sebanyak apa pun pisang yang disimpan di rumah akan tampak segar dan tidak mudah busuk.

Lalu bagaimana sih caranya? Cara ini bisa dilakukan di rumah dan cukup mudah dalam praktiknya.

Siapa tahu dengan menjalankan cara-cara ini, pisang yang ada di rumah tidak lagi mudah busuk. Berikut cara menyimpan pisang agar tidak busuk:

1. Simpan dengan Posisi Menggantung

Cara menyimpan pisang agar tidak busuk yang pertama adalah dengan menggantungkan pisang pada dinding atau rak piring. Menggantungkan pisang pada dinding atau rak merupakan hal yang penting dan harus dilakukan.

Hal itu dilakukan agar dapat menghindari “luka memar” pada tubuh pisang. “Luka memar” tersebut muncul karena tekanan permukaan padat.

Permukaan padat yang dimaksud seperti meja, kursi, hingga piring sekalipun. Pasalnya “luka memar tersebut dapat membuat pisang lebih cepat busuk. Karena apa, “luka memar” tersebut akan memudah proses kematangan dari pisang itu sendiri.

Tidak hanya itu saja, posisi menggantung ternyata memudahkan perputaran udara secara merata dan hal itu membuat sirkulasi zat etien akan melambat. Sehingga pisang menjadi tidak cepat dan sulit membusuk.

2. Bungkus Pangkal Pisang

Cara menyimpan pisang masak agar tahan lama dapat dilakukan dengan membungkus pangkal pisang dengan rapat. Hal ini disebabkan pangkal pisang merupakan penghasil utama zat etien.

Zat etien sendiri merupakan zat yang membuat pisang cepat matang. Dengan membungkusnya secara rapat, dapat mencegah zat etien mengalir ke seluruh tubuh pisang.

Anda bisa membungkusnya dengan alumunium, foil, kertas atau bahan lainnya. Jika bahan-bahan tersebut tidak ada maka bisa menggunakan kantong plastik untuk membungkus pangkal pisang agar tidak mudah busuk.

3. Pisahkan dengan Buah Lainnya

Cara menyimpan pisang agar tidak busuk yang ketiga adalah memisahkan pisang dengan buah lainnya. Seperti hati perempuan, pisang merupakan salah satu buah yang sensitif.

Oleh sebab itu, sebaiknya pisahkan pisang dengan buah lainnya ketika hendak menyimpannya. Alasannya sederhana karena agar pisang tidak muncul “luka memar” akibat gesekan dengan buah lain.

Sedangkan alasan kedua agar pisang terhindar dari paparan gas etilen dari buah lain. Hal ini juga bermanfaat agar buah-buah lainnya tidak ikut busuk ketika pisang tersebut busuk duluan. Sangat disayangkan apabila semua buah busuk hanya gara-gara satu buah saja.

4. Simpan Pisang di Tempat Sejuk

Sinar matahari menjadi pemicu utama yang membuat pisang lebih cepat busuk. Maka sebaiknya jauhkan pisang dari pancaran sinar matahari secara langsung.

Agar pisang tidak mudah matang dan membusuk. Hal ini menjadi salah satu cara menyimpan pisang tanpa kulkas. Apalagi tempat yang digunakan untuk menyimpan sejuk, pisang akan semakin sulit busuk.

Bagaimana sih caranya agar pisang dapat disimpan di tempat yang sejuk? Mudah sekali dan berikut cara menyiasatinya.

Atur posisi rak piring atau rak penyimpanan membelakangi pintu atau jendela. Atau mungkin jauhkan dari keduanya, karena dari pintu maupun jendela, cahaya matahari akan memancarkan langsung sinarnya.

5. Simpan Pisang di Kulkas

Opsi lain dari cara menyimpan pisang agar tidak busuk yakni dengan menyimpan pisang di kulkas. Pastikan pisang yang akan disimpan di kulkas sudah matang.

Karena buah apa pun yang mentah tidak akan matang ketika berada di kulkas. Maka alangkah baiknya pastikan pisang itu matang terlebih dulu.

Ciri-ciri pisang sudah matang adalah ada bintik hitam di pangkal kulit pisang. Jika sudah matang, maka sah-sah saja pisang disimpan di kulkas. Ada hal yang harus diketahui yakni tentang suhu.

Suhu terbaik untuk menyimpan pisang adalah 12 derajat Celsius ke bawah. Jika ke atas maka akan sama saja rasanya. Hal ini juga termasuk dalam cara menyimpan pisang di kulkas supaya awet.

6. Simpan Pisang Mentah Pada Suhu Ruangan

Selain pisang matang, bisa juga menyimpan pisang mentah atau yang masih hijau. Apakah caranya juga sama?

Tentu caranya sama dan cukup gantung di tempat atau ruangan dengan suhu ruangan tersebut. Dengan begitu pisang tidak akan mudah busuk. Selain itu juga bisa membuat pisang tersebut matang secara alami.

Karena ketika pisang tersebut dimasukan kulkas, maka tingkat kematangannya tidak akan sempurna meskipun dikembalikan ke ruangan atau ke rak penyimpanan sebelumnya. Alangkah baiknya simpan saja di ruangan biasa.

Penutup

Cara menyimpan pisang agar tidak busuk tersebut dapat dilakukan jika ingin menyimpan banyak pisang di rumah. Pisang yang bagus adalah pisang yang tidak busuk dan enak dimakan tentunya.

Pos terkait