ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia sebagai Sistem Cloud ERP

  • Whatsapp

Memiliki usaha tentu menjadi impian hampir semua orang. Namun sayangnya tidak semua orang paham akan flow bisnis yang baik dan bagaimana cara menjaga tetap konsisten. Kini, menjadi penting untuk para pemilik usaha khususnya pelaku UMKM untuk menggunakan Sistem Cloud ERP.

mengenal solusi cloud erp
systemever.co.id

Kenapa demikian? Hal ini karena seperti yang kita tahu bahwa sistem itu tidak mengenal kata lelah. Ia akan memproses berbagai macam informasi sesuai dengan instruksi secara akurat dan persistent.

Yang mana kemudian pemilik usaha akan mendapat rumusan atau formula yang tepat untuk mengambil keputusan. Tidak ada lagi cerita padat karya, atau bekerja dengan sumber daya manusia yang sangat banyak.

Yang ada kemudian adalah efisiensi dan menekan biaya seminimal mungkin untuk mendapat hasil yang lebih baik. Satu gebrakan yang sebenarnya biasa di era digital dimana sistem akan sangat membantu dalam setiap pekerjaan.

Sebelum menentukan sistem manajemen inventory mana yang akan digunakan ada baiknya untuk betul-betul memahami detail bisnis yang sedang dijalankan. Selanjutnya menerapakan semua itu dalam sistem digitalisasi atau terkomputerisasi.

Bila tahap ini dengan mulus bisa diselesaikan maka besar kemungkinan kelak tidak ada masalah yang seharusnya memang tidak ada. Pemilik usaha atau pemilik UMKM tinggal fokus menggarap market agar lebih besar.

Mengenal ERP Manajemen Inventory Terbaik

sistem manajemen inventory
systemever.co.id

ERP itu sendiri adalah kependekan dari enterprise resource planning atau bila dalam bahasa kita bisa diartikan sebagai perencanan sumber daya perusahaan. Secara umum mereka yang termasuk sumber daya antara lain material, mesin, manusia, metode / strategi, market dan modal atau uang.

Bagi yang pernah berkecimpung dalam dunia manufaktur pastinya tidak asing dengan istilah manajemen inventory. Maklum saja untuk pembuatan satu produk bisa membutuhkan bahan yang jumlahnya mencapai puluhan.

Dari jumlah tersebut bila dibedah jumlahnya akan menjadi ribuan. Sebagai contoh, saya dulu pernah bekerja di salah satu pabrik tas merek internasional yang ada di Jalan Wonosari KM 8, Yogyakarta.

Untuk membuat satu jenis tas itu membutuhkan bahan yang sangat banyak. Bukan hanya bahan saja tapi sampai dengan warna benang. Terdapat kesalahan satu seri warna bisa jadi produk akan dikatakan tidak layak ekspor karena tidak sesuai dengan permintaan.

Tidak mungkin karyawan gudang yang jumlahnya 3 sampai dengan 5 orang akan hafal ribuan atau mungkin belasan ribu bahan yang ada di gudang. Oleh karena itu menjadi penting untuk adanya sistem manajemen inventory.

Di awal ketika teknologi belum secanggih ini bisa jadi cara pencatatan masih manual atau yang penting bisa dibaca disistem. Namun kini dengan adanya teknologi digital yang sangat pesat tentu membuat siapa saja berlomba-lomba untuk menyajikan ERP manajemen inventory terbaik.

ERP Manajemen Inventory Terbaik SystemEver Indonesia sebagai Sistem Cloud ERP

software sistem erp
student-activity.binus.ac.id

Satu yang sangat direkomendasikan untuk sistem manajemen inventory tentu saja SystemEver Indonesia. Produk ini sangat mudah di-customize atau sesuaikan dengan unit usaha dijalankan. Tidak saja sangat membantu dalam perencanaan produksi semata.

Tapi bisa juga dijalankan untuk berbagai unit bisnis lain yang erat dengan sistem pembelian dan sistem penjualan, tak terkecuali adalah sistem penjualan konsinyiasi. Dari beberapa studi ditemukan bahwa UMKM yang ada di tanah air sangat cocok untuk menggunakan software sistem ERP ini.

Oleh karena itu apapun usaha yang dirintis sangat disarankan untuk beralih menggunakan sistem cloud ERP Indonesia. Alat bantu yang telah suport untuk berbagai piranti ini juga sangat disukai karena bisa diakses via windows dimana hampir semua PC maupun laptop menggunakan. Selain itu bisa juga digunakan via desktop, tablet maupun mobile.

Teknologi Kekinian itu Identik dengan Cloud, Connecting dan Controlling.

Tidak dapat dipungkiri, teknologi yang dibutuhkan saat ini haruslah mencakup 3C mulai dari Cloud, Connecting dan Controlling. Agar lebih jelas mari kita bahas satu-satu.

1. Teknologi Cloud

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin secara tidak sadar kita telah menggunakan teknologi cloud. Baik itu untuk menyimpan email, gambar ataupun video.

Pun demikian pastinya dalam industri yang kian canggih pastinya mereka juga akan menggunakan teknologi ini. Teknologi yang menawarkan kecepatan akses dan kapasitas besar ini pastinya akan sangat membantu sukses tidaknya sebuah bisnis.

Dengan teknologi ini pula karyawan tidak perlu datang ke kantor. Work from home bukan alasan untuk kemudian tidak produktif. Selama ada internet maka pekerjaan pun terselesaikan karena kini bisa menembus ruang dan waktu.

2. Connecting

Teknologi itu juga mampu menghubungkan satu sama lain. Meski antar karyawan bekerja berjauhan dengan jam kerja berbeda pun bukan lagi sebuah hambatan.

Saling terhubung dan terkait memudahkan proses kerja untuk mencapai hasil optimal. Para person in charge pun bisa melihat data secara real time dan tidak ada waktu terbuang sia-sia.

Dalam dunia usaha, waktu adalah uang. Terlambat beberapa menit saja dalam mengambil keputusan bisa jadi hasil di dapat akan berbeda. Bukan hanya cepat tapi pastinya juga akurat.

3. Controlling

Dalam semua bidang pekerjaan apapun itu pastinya controlling yang tepat menjadi kunci sukses. Tanpa kontrol dengan data yang tepat maka tindakan pun akan tidak akurat dan tidak memberi hasil optimal.

Selain itu pasti juga memudahkan untuk proses koordinasi antar bagian atau divisi. Secara teknis berbagai pekerjaan yang sangat terbantu dengan sistem cloud ERP antara lain requirement determination, source determination, vendor selection, order processing, purchase order monitoring, goods receipt sampai dengan payment.

Semua itu pastinya membutuhkan akurasi karena salah input satu angka saja berpengaruh terhadap hasil yang akan diambil. Dengan sistem ini juga tidak perlu dicek manual karena rumus hitungan telah ditetapkan.

Selain 3 alasan diatas masih banyak alasan kenapa sistem manajemen inventory saat ini begitu digandrungi. Dan berikut beberapa manfaat yang sudah pasti di dapat para pemilik usaha bila mereka menerapkan teknologi ini:

1. Penyimpanan Data Terpusat

Data menjadi kunci untuk sukses tidaknya sebuah bisnis. Ketidakakuratan sebuah data menjadi PR besar bagi setiap bisnis. Hal ini karena bisa saja membuat tidak sinkron satu sama lain.

Bayangkan bila dalam sistem pergudangan data tidak terpusat. Masing-masing karyawan memiliki data yang berbeda padahal material yang ada di dalam gudang sama.

Menjadi penting kemudian bahwa tiap orang memiliki data yang sama. Dengan demikian bila nanti ada pengambilan keputusan maka akan dimudahkan.

2. Stock Control

Masih terkait dengan poin diatas, setiap barang keluar masuk harus tercatat dengan baik. Tidak ada alasan salah catat atau sistem berbeda dengan kondisi riil di gudang.

Bila ada selisih maka sebisa mungkin untuk segera dibereskan agar tidak menjadi masalah di kemudian hari. Apalagi bila menerapkan sistem shifting tentu selalu akan muncul masalah saat akan pergantian shift.

3. Peningkatan Efisiensi

Pencatatan yang baik dan rapi juga akan meningkatkan efisiensi. Dimana tak ada lagi drama untuk cek dan ricek karena semua telah tercatat dengan sistem.

Kode yang ada pada tiap bagian juga akan memudahkan. Bila ada ketidaksesuaian maka cukup dicek bagian tersebut saja. Tidak perlu cek secara keseluruhan karena akan menguras energi dan waktu.

4. Penghematan Biaya

Konsep bisnis itu low budget hight impack. Bagaimana dengan modal sedikit bisa menghasilkan banyak profit.

Bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan bila masih ada karyawan mengerjakan pekerjaan yang sebenarnya tidak perlu dikerjakan berulang kali. Sistem selain memudahkan pekerjaan juga akan menghemat waktu.

Dengan demikian tidak ada cerita karyawan lembur hanya untuk memastikan fisik sesuai dengan pencatatan.

5. Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dalam konsep bisnis itu bukan hanya mengikat ke dalam atau mereka yang hanya menjadi karyawan. Namun demikian juga harus bisa memberi kepuasan kepada pelanggan.

Mana ada pelanggan puas bila terlihat kinerja kurang profesional karena sistem masih manual atau jadul. Dengan teknologi kekinian para pelanggan pastinya akan merasa lebih tenang bahwa kita menggunakan teknologi terbaik.

6. Prakiraan dan Perencanaan yang Akurat

Data itu sangat penting digunakan untuk prakiraan dan perencanaan produksi. Bagi mereka yang pernah kerja di pabrik atau manufaktur pastinya akan familiar dengan divisi Production, Planning and Inventori Control (PPIC).

Dimana PPIC dalam membuat jadwal produksi tidak bisa sembarangan karena harus memperhatikan berbagai faktor. Salah satunya kesiapan material dan bahan yang akan digunakan.

Produksi tidak akan bisa jalan bila ternyata bahan masih ada yang kurang. Akurasi data menjadi kunci utama untuk suksesnya sebuah produksi tentunya.

SystemEver Indonesia sebagai Sistem Software Cloud ERP Terbaik di Asia

Rekomendasi sistem software cloud ERP terbaik saat ini tentu saja SystemEver Indonesia. Dimana produk ini dirancang secara khusus untuk menjawab kebutuhan bisnis di tanah air khususnya untuk sistem manajemen inventory era digital.

Sytemever sendiri memiliki induk usaha di Korea Selatan dan mereka telah teruji puluhan tahun dalam mengembangkan bisnis ini. Seperti kita tahu saat ini Korea termasuk negara dengan iklim usaha yang sangat baik.

Hal ini juga di dukung oleh sistem inventori yang mereka miliki. Belajar dari sukses mereka maka kita pun bisa menggunakan apa yang mereka terapkan.

Dimana sistem benar-benar dirancang untuk memudahkan segala sesuatunya. Beberapa syarat cloud ERP yang telah saya sebutkan diatas benar-benar ada. Mulai dari 3C: Cloud, Conecting, Controlling hingga 6 manfaat yang telag saya sebutkan sebelumnya.

Wajar kemudian bila ERP ini banyak digunakan berbagai unit usaha mulai dari ERP untuk jasa, pabrik, logistik, keuangan, supplay chain dan lain sebagainya. Diantara sekian unit usaha Software ERP untuk perusahaan distribusi ini juga menjadi jawaban paling tepat. Hal ini karena cukup satu sistem untuk semua proses.

Menjadi menarik solusi Cloud ERP SystemEver Indonesia ini ternyata dilepas dengan harga terjangkau. Hal ini dibuktikan adanya beberapa UMKM dengan skala kecil pun telah menggunakannya produk ini.

Selain itu mereka adalah pemain kawakan karena sarat pengalaman. Sebelum masuk tanah air, produk ini telah digunakan di Korea sejak tahun 90-an dan beberapa negara lain dan hasilnya memuaskan.

Saat ini produk yang baik saja tidak cukup. Lebih dari itu juga harus memberikan kenyamanan pada pengguna. Dalam dunia digital hal ini biasa kita kenal dengan nama user eksperimen.

Dimana SystemEver Indonesia memiliki Visual-K. Dengan fitur ini maka pengguna akan langsung paham dengan tampilan yang ada dan selanjutnya harus apa. Tampilan sederhana tapi tetap elegan membuat pekerjaan makin nyaman meski berjam-jam mengolah data.

Dan bila pada satu ketika mentok atau kebingungan harus apa maka tidak perlu bingung. Mereka telah menyediakan Consultant-K dimana fitur ini akan membantu proses konfigurasi satu proses dengan yang lain.

Pun dengan SystemEver dimana alat ini sangat customize atau fleksibel. Mau digunakan kapanpun, dimanapun, dengan piranti apapun pasti bisa.

Mereka yang tidak mahir berbahasa Inggris pun akan dimanjakan ketika menggunakan sistem ini karena saat ini setidaknya tersedia 6 bahasa. Selain bahasa internasional (baca: Inggris) dan bahasa Korea masih ada pilihan bahasa Indonesia, Jepang, Mandarin, dan Vietnam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *