Grojogan Sewu Kulonprogo, Mungkinkah Cerita Jaka Tarub Bermula Disini ?

  • Whatsapp

Kulonrogo menyimpan sejuta pesona, hingga kini di barisan bukit Menoreh terdapat objek wisata yang cukup banyak. Salah satunya adalah Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Giripurwo, Kulonprogo.

grojogan sewu
jogja.tribunnews.com

Objek wisata ini begitu sunyi dan benar-benar tersembunyi. Tak banyak yang tahu kalau dibalik tebalnya pepohonan yang ada di Menoreh menyimpan satu air terjun yang begitu jernih. Cocok bagi siapa saja yang ingin menenangkan hati dan menjauhkan diri dari penatnya kota.

Letaknya lumayan jauh dari kota Jogja karena mendekati perbatasan Kulonprogo – Purworejo. Kalau mau mudah petunjuknya dari Tugu Jogja terus ke barat. Sampai dengan perempatan Kenteng, Nanggulan masih terus ke barat hingga menemukan Gua Kiskendo dan tempatnya masih sedikit ke barat lagi.

Nanti sampai ditempat tersebut sudah ada plang atau papan petunjuk. Bila bingung jangan ragu untuk tanya karena lokasinya memang sedikit ekstrim karena ada di puncak pegunungan. Selain itu objek wisata ini belum popular jadi bisa saja akan tersesat bila tidak hati-hati.

Grojogan Sewu Kulonprogo ini bisa dibilang miniaturnya Grojongan Sewu yang ada di Tawangmangu. Soal ukuran atau ketinggian tebing sudah pasti kalah karena tingginya hanya sekitar 15 meter, tapi bagi kamu yang tertarik dengan wisata alam yang belum banyak dijawab objek wisata ini bisa menjadi jawaban.

Untuk menjangkau tempat ini membutuhkan kendaraan yang prima, minimal dalam hal mesin, ban dan rem. Bila tidak bisa saja tergelincir dalam perjalanan karena ada beberapa titik yang tanjangannya sangat ekstrim atau lebih dari 45 derajat.

Selain itu jalannya penuh dengan kelokan sehingga bila ketrampilan dalam mengemudi tidak mahir sangat tidak disarankan untuk mencobanya.

Di tempat ini juga dibangun gardu pandang sederhana dari bambu. Bila naik dan menghempaskan padangan nan jauh ke sana akan terlibat barisan perbukitan yang sangat indah dan sayang kalau terlewatkan.

Salah satu minuman khas yang ada di Grojogan Sewu dan tidak ada di tempat lain adalah dawet ayu. Soal bentuk dan rasa memang tak jauh beda dan entah kenapa di beri nama dawet ayu Grojogan Sewu. Bagi yang suka pedas ada juga dawet sambel atau dawet pecel. Unik dan memberi pengalaman berbeda tentunya hingga harus dicoba.

Di Grojogan Sewu Kulonprogo ini baru akan ramai pada hari libur, khususnya hari minggu. Bagi kamu yang berangkat dari Jogja bisa mengambil dua objek wisata sekaligus. Selain Grojogan Sewu bisa mampir lebih dulu ke Gua Kiskendo. Atau kalau mau lebih banyak dari area tersebut masih ada mata air Si Gembor dan Waduk Mini Kleco.

Meski tergolong masih baru objek wisata alam ini telah dikelola oleh masyarakat setempat dengan baik. Setidaknya terlihat jalan menuju mata air telah diperbaiki. Selain itu ada juga bak sampah yang dibuat secara swadaya.

Tak jauh dari air terjun ini terdapat gua yang cukup cantik. Masyarakat sekitar menyebutnya dengan Gua Sumitro dan air terjun ini tak lain berasal dari gua tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *