Ini Lho, Objek Wisata di Jogja Berkelas Internasional

Pengen berlibur ke luar negeri tapi punya dana yang pas-pasan? Traveling ke Jogja saja. Banyak yang belum tahu kalau ternyata ada beberapa objek wisata di Jogja yang sangat mirip dengan wisata terkenal dunia. Apa sajakah itu?

  • Candi Prambanan x Angkor Wat di Kamboja
Candi Prambanan
Candi Prambanan, Jogja
angkor-wat
Angkor Wat, Kamboja

Pernah mendengar kisah tentang “Roro Mendut”? Yap, kisah tersebut selalu dikaitkan dengan nama Candi Prambanan. Candi terbesar se-Asia Tenggara ini jika dilihat seksama sangat mirip dengan Angkor Wat yang berada di Kamboja.

Bacaan Lainnya

Kemiripan tersebut kemungkinan karena Candi Prambanan dan Angkor Wat sama-sama candi Hindu. Bedanya hanya pada usia Angkor Wat yang lebih muda jika dibandingkan dengan Prambanan.

Kita patut berbangga, karena candi Prambanan masuk kedalam situs warisan dunia UNESCO.

  • Gumuk Pasir Parangkusumo x Gurun Sahara, Afrika
Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja
Gumuk Pasir Parangkusumo, Jogja
Gurun Sahara, Afrika
Gurun Sahara, Afrika

Apa yang terlintas di pikiran jika ada yang menyebut kata gurun? Pasti sebagian besar akan menjawab “Gurun Sahara”. Namun, tahukah kalian jika di Indonesia ternyata juga memiliki gurun yang mirip dengan gurun di Afrika tersebut?

Di Jogja ada Gumuk Pasir Parangkusumo yang terlihat seperti gurun Sahara.

Parangkusmo terbentuk akibat letusan dari gunung Merapi dan gunung Merbabu pada waktu lampau, kemudian terbawa arus pantai Parantritis serta sungai opak yang kemudian mengendap dan menjadi gurun pasir.

  • Air Terjun Sri Gethuk x Air Terjun Hasavu Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat
Air Terjun Sri Gethuk. Jogja
Air Terjun Sri Gethuk. Jogja
Air Terjun Hasavu di Grand Canyon, Amerika Serikat
Air Terjun Hasavu di Grand Canyon, Amerika Serikat

Grand Canyon merupakan pamandangan tebing terjal yang terbelah oleh sungai Colorado. Jika kalian ingin berwisata keliling dunia, jangan sampai melewatkan destinasi favorit yang berada di Arizona, Amerika Serikat ini. Namun, jika ingin menikmati sensasi Grand Canyon rasa Indonesia, bergegaslah menuju ke Air Terjun Sri Gethuk yang berada di kota mahkota Jawa, Jogjakarta.

Saat kita berada di Air terjun ini, mata akan dibuat takjub dengan adanya tebing-tebing yang terlewati oleh sungai Onya. Amazing bukan?

Itulah tiga wisata terkanal dunia yang ternyata Jogja juga memilikinya. Jadi tunggu apa lagi, ayo segera berkunjung ke objek wisata di Jogja dan nikmati keseruannya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *