Kebun Buah Mangunan, Objek Wisata Alam dan Edukasi

Sepintas bila orang menyebut kebun buah yang terlintas adalah Mekar Sari. Namun, akan berbeda bila telah sampai di Jogja, nama besar Mekar Sari bisa saja tenggelam dengan nama Kebun Buah Mangunan.

kebun buah mangunan
instagram.com/inanoviitaa41

Objek wisata ini memang belum begitu familier di telinga masyarakat. Tapi tak ada salahnya bila suatu waktu menyempatkan diri berkunjung ke tempat dimana buah banyak ditanam.

Terlebih saat musim panen tiba, sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan pepohonan yang digantungi aneka buah yang ada. Kalau toh berkunjung bukan pada masa panen bisa menikmati keindahan pegunungan di pedesaan.

Kebun asri ini terletak di Desa Mangunan yang masih berada di daerah Dlingo, Bantul. Hanya saja identik dengan nama kebun buah Mangunan Imogiri karena letaknya mudah dijangkau dari Imogiri.

Untuk menjangkaunya pengunjung harus menyusuri jalanan sepanjang 35 kilometer bila ditarik dari pusat kota Jogja. Lumayan jauh sih, tapi medan yang lumayan bersahabat membuat jarak yang jauh tidak terasa.

Kebun ini berada di ketinggian lebih kurang 200 meter di atas permukaan laut. Jadi udara yang dihasilkan lumayan sejuk. Bila tak kuat dengan hawa dingin ada baiknya mengunakan pakaian hangat atau jaket.

Dari titik ketinggian para pengunjung bisa melihat pemandangan yang begitu menakjubkan seperti Pantai Parangtritis dan Kota Bantul. Selain itu siapkan diri untuk menghadapi keusilan monyet. Bisa jadi mereka akan datang tiba-tiba dan mengejutkan pengunjung.

Mayoritas pohon buah yang ditanah antara lain mangga, durian, rambutan, jeruk, jambu air, duku, sawo dan manggis. Selain itu ada juga pohon kelengkeng, matoa, jambu biji,belimbing dan cempedak hanya saja jumlahnya tidak begitu banyak.

Pohon lain yang ditanam dan menambah suasana hijau dan asri adalah pohon jati, king grass, magium, pinus dan pohon salak. Uniknya untuk pohon salak juga dimanfaatkan sebagai pagar hidup.

Untuk menambah liburan makin seru Kebun Buah Mangunan telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ada. Fasilitas pendukung tersebut antara lain penginapan, ruang meeting, dan kolam renang.

Dengan berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, pengunjug selain bisa refresing juga bisa melakukan wisata edukasi. Khususnya bagi mereka yang mendalami tentang aneka pohon buah dan budidayanya. Jadi dari anak balita hingga dewasa bisa berkunjung ke tempat ini dan membawa oleh-oleh dari hasil observasi lapangan.

Pos terkait