Keunikan Kota Jogja yang Mungkin Kamu Belum Tahu

  • Whatsapp

Yogyakarta memiliki banyak nama lain seperti Jogja, Yogya, Jogjakarta, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat serta Yoja atau Yojo. Selain itu Kota Budaya ini ternyata memiliki sekelumit keunikan Kota Jogja yang mungkin beberapa orang belum tahu loh!

Contohnya saja, Kota Yogyakarta merupakan satu-satunya nama kota yang dapat dipotong, Yogyakarta menjadi Yogya, dan Jogjakarta menjadi Jogja. Bukan hanya keunikan saja, banyak juga hal tentang Kota Jogja yang belum diketahui banyak orang.

Bacaan Lainnya

Berikut adalah 3 hal tentang keunikan Kota Jogja yang mungkin banyak orang belum tahu :

1. Bakpia bukan makanan asli Jogja

bakpia jogja
tips-cara.info

Meskipun bakpia menjadi makanan khas Kota Pelajar ini, tapi ternyata bakpia bukan berasal dari Jogjakarta loh! Pasalnya, bakpia itu awalnya berasal dari Negeri Tirai Bambu.

Nama aslinya adalah Tou Luk Pia yang artinya kue pia kacang hijau. Meski nama awalnya berarti kue kacang hijau, seiring perkembangan zaman bakpia mempunyai varian rasa lain seperti bakpia coklat, bakpia keju, dan masih banyak lagi.

2. Awal mula bahasa Dagadu itu dari aksara Jawa

aksara jawa
tempo.co

Tau Dagadu kan? Iya, Dagadu adalah salah satu brand kaos yang paling terkenal di Jogja. Ternyata, nama Dagadu itu diambil dari aksara Jawa loh!

Dari kedua puluh huruf aksara Jawa, bariskan dua shaf sehingga menjadi sepuluh huruf per shaf. Lalu seperti sandi cermin pada pramuka, cerminkan antara huruf yang di atas dengan huruf yang di bawah.

Cari huruf Da, dan cerminkan dengan yang ada di bawahnya yaitu Ma, huruf Ga juga cerminkan dengan huruf yang diatasnya yaitu Ta, lalu huruf Du yang menjadi huruf Mu. Jadi, arti dari Dagadu sendiri yaitu matamu.

3. Utara itu Gunung Merapi

Volcano Lava Tour
shutlestock.com

Ketika kamu sampai di Kota Jogja dan kemudian nyasar serta tak tahu arah mata angin, cari aja Gunung Merapi. Karena, Gunung Merapi menjadi patokan arah utara di Kota Jogja.

Gunung Merapi yang tinggi menjulang itu dapat terlihat jelas dengan catatan tak ada kabut tebal dan tak ada gedung tinggi yang menutupi loh yaa. Bila kita sudah tahu sisi utara maka mau ke mana juga mudah bukan.

Itulah 3 keunikan Kota Jogja yang mungkin kamu belum tahu. Semoga bermanfaat yaa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *