Home Story Lima Makam Fenomenal di Jogja Beserta Keunikkannya

Lima Makam Fenomenal di Jogja Beserta Keunikkannya

1 1826

Jogja tak lepas dari adanya kerajaan dan di dalamnya terdapat hal-hal menarik untuk dibahas. Salah satunya tentu saja makam fenomenal di Jogja yang menyimpan banyak cerita dan misteri.

Dari sekian banyak makam yang ada setidaknya terdapat 5 makam fenomenal di Jogja. Makam tersebut sebagian terkait dengan kehidupan para raja dan sebagian berhubungan dengan mitos atau cerita rakyat yang belum tentu kebenarannya.

1. Makam Hastorenggo

makam fenomenal di jogja

wikipedia.org

Bagi kamu yang pernah ke Kotagede mungkin akan ketemi komplek pemakaman Hastorenggo. Dimakam ini terdapat jasad pendiri Kraton Yogyakarta Danang Sutowijowo atau Panembahan Senopati.

Di makam ini terdapat pohon beringin yang konon usianya lebih dari 5 abad. Yang lebih istimewa lagi pohon tersebut ditanam Sunan Kalijaga.

Diarea makan terdapat komplek pemandian yang menurut cerita orang dapat membuat awet muda. Dimakam ini juga sering digunakan orang untuk ziarah atau menuntaskan nadzar.

2. Makam Imogiri

makam fenomenal di jogja

pasekleg.blogspot.com

Makam Imogiri tentu menjadi yang paling terkenal di Jogja. Hal ini karena menjadi peristirahatan para raja dan keluarganya.

Selain itu terdapat tradisi menarik berupa nguras enceh yang mana sampai saat ini masih terus berlangsung. Untuk menemukannya juga tidak terlalu sulit dan seringkali disekitar area tersebut sebagai ruang publik.

Dari Sultan Hamengkubuwono (HB) I hingga Sultan HB IX dimakamkan disini. Makam yang berusia ratusan tahun ini dibangun oleh Sultan Mataram III Prabu Hanyokrokusumo pada tahun 1632.

Bila ingin berkunjung ke makam ini maka datanglah pada minggu pagi. Pada waktu tersebut area sekitar makam digunakan sebagai tempat olahraga. Bila lelah berolahraga bisa menikmati sajian khas Imogiri berupa Wedang Uwuh dan Pecel Kembang Turi.

3. Astana Girigondo

makam fenomenal jogja

visitingjogja.com

Lain halnya dengan Perbukitan Menoreh Kulonprogo yang mana di atas bukit ini terdapat Astana Girigondo. Makam ini diperuntukan bagi Adipati Pakualaman dan keturunanya.

Malam ini dibangun pada 1900 oleh Paku Alam V. Dan sejak itu digunakan untuk pemakaman Paku ALam V hingga Paku Alam IX.

4. Makam Wotgaleh

makam fenomenal di jogja

yogyakarta.panduanwisata.id

Apabila Panembahan Senopati dimakamkan di Kotagede maka putranya yang bernama Pangeran Purbaya dimakamkan di Wotgaleh. Makam ini terletak di Kelurahan Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Sleman.

Pangeran berjuluk Joko Umbaran ini dikenal sebagai sosok yang sakti mandraguna. Penamaan Umbaran ini berasal dari kata “umbar” atau diberi kebebasan lebih.

Ada cerita yang berkembang bila mana ada burung atau kelelawar yang melintas akan mati. Hal ini karena ada kekuatan gaib diatas makam.

Oleh karena itu hingga saat ini percaya atau tidak, tak satupun pesawat yang berani melintas diatasnya. Setiap pesawat yang akan melitas senantiasa memilih memutar arah daripada kena tuah.

5. Makam Roro Mendut

makam fenomenal di jogja

krjogja.com

Terakhir makam fenomenal di Jogja adalah makam Roro Mendut. Mungkin terbilang aneh bila mitos tersebut meninggalkan jejak berupa makam.

Alkisah di Dusun Gandu, Kelurahan Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Sleman ini terdapat makam Roro Mendut bersama kekasihnya yang tak lain adalah Pronocitro.

Yang unik dan tidak masuk akal dimana makam ini sering digunakan untuk ngalap berkah atau penglarisan. Salah satu ritual yang harus dilakukan adalah bercinta diarea makam.

1 COMMENT

Leave a Reply