Makanan Khas Jogja yang Wajib Kamu Coba

  • Whatsapp

Nggak lengkap rasanya kalau kamu tidak mencoba makanan khas Jogja jika sedang berlibur ke tempat ini. Selain tempat wisata, ditempat ini juga terkenal dengan makanannya yang dominan manis. Makanan apa saja yang khas dari kota Jogja?

Mari kita coba satu-satu makanan khas Jogja berikut ini 

  • Gudeg

gudeg jogja
Shutterstock

Gudeg adalah salah satu makanan Jogja paling populer dan karenanya juga kota ini mendapat julukan Kota Gudeg. Kuliner ini terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan.

Bacaan Lainnya

Warna coklat pada gudeg biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan dengan gudeg. Banyak sekali yang membuat dan menjual gudeg di kota Jogja.

Bahkan sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Mungkin kamu bingung nentuin gudeg mana yang terkenal dan unik.

  • Bakpia Pathok

bakpia patuk 75
instagram.com/voilajogja

Bakpia Pathok atau Patuk merupakan makanan khas Jogja selanjutnya yang wajib kamu coba dan jadiin oleh-oleh saat berkunjung ke sini. Pada awalnya bakpia terbuat dari campuran kacang hijau dan gula, dibalut dengan kulit yang terbuat dari tepung. Kemudian dimasak dengan cara dipanggang.

Selanjutnya bakpia terus berkembang dengan adanya inovasi dan kreatifitas. Kini kamu bisa dapati aneka bakpia dengan rasa unik semisal rasa susu, durian hingga capucinno.

Bakpia sebenarnya berasal dari negeri Cina yang biasa dikenal dengan nama Tou Luk Pia yang artinya kue pia kacang hijau. Bakpia yang cukup dikenal selain dari daerah Pathok (Patuk), masih ada dari Glagahsari dan Depok, Yogyakarta.

  • Yangko


Yangko adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dengan baluran terigu, kenyal dan rasanya manis. Pada rasa aslinya, yangko berisi campuran kacang dan gula, hampir sama seperti kue moci yang berasal dari Jepang.

  • Gatot


Makanan khas Jogja yang satu ini berasal dari Gunungkidul. Gatot terbuat dari singkong. Warnanya hitam atau cokelat, rasanya manis, teksturnya kenyal dan ada aroma khasnya. Makanan ini biasanya dipadukan dengan tiwul.

  • Oseng – Oseng Mercon


Selain makanan manis di atas, ada juga makanan khas yang memiliki rasa pedas luar biasa. Bagi kamu pecinta makanan pedas, cobalah oseng-oseng mercon niscaya kamu akan ketagihan dan tak akan berhenti makan hingga nasi terakhir.

Makanan ini terdiri dari jeroan, lemak dan bumbu lain terutama cabe. Kemudian diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan membuat seolah makanan ini akan meledak di mulut.

Masih banyak lagi kuliner khas Jogja lainnya. Jika kamu penasaran datang saja langsung ke Kota Pelajar dan jelajahi wisata kulinernya.

Selamat mencoba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *