Pantai Baron Objek Wisata Laut Paling Terkenal di Gunung Kidul

  • Whatsapp

Pantai Baron menjadi pantai paling popular di Gunungkidul. Tak ubahnya dengan Pantai Parangtritis, objek wisata ini mampu menyedot hampir semua turis yang masuk kawasan pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

pantai baron gunungkidul
instagram.com/arie.sm

Saking populernya untuk menjangkau objek wisata ini sangatlah mudah. Bahkan dengan angkutan umum sekalipun telah menjangkaunya. Hal ini karena jalan mulus beraspal telah siap menyambut siapa saja yang hadir.

Bukan hanya itu saja, pantai ini terbilang sangat representatif. Mulai dari adanya sarana ibadah, MCK, pusat oleh-oleh, tempat pelelangan ikan (TPI), hingga adanya tim penolong yang siap siaga membantu siapa saja.

Berkunjung ke pantai ini juga akan ditemukan nuansa yang berbeda. Bagaimana banyak pengunjung yang justru memilih bermain air dan mandi di air tawar. Hal ini karena di Baronlah yang menyediakan sungai bawah tanah yang mengalirkan air tawar yang ramah untuk mandi.

Dari pagi hingga sore objek wisata ini tak pernah sepi pengunjung. Meski tanpa event tambahan pantai yang ada di Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul ini telah cukup menarik. Terlebih bila ada event semacam pertunjukan kesenian atau upacara labuhan.

Tempat indah di Desa Kemadang dinamakan Pantai Baron karena kebetulan ada seorang bangsawan Belanda yang bernama Baron Skeber mendaratkan kapalnya di teluk ini. Setelah itu hingga sekarang nama tidak pernah berubah.

Kalau ingin berburu hasil laut sebaiknya datang tidak lebih dari pukul 10.00 WIB pagi. Ikut menyambut datangnya nelayan dan kemudian langsung memilih ikan disuka tentu akan menjadi pengalaman tersendiri.

Hasil nelayan yang paling banyak adalah bawal putih, udang windu, kakap dan tongkol. Selainitu tentu sajamasih ada ikan jenis yang lain seperti ikan cakalang dan layur.

Bila saatnya pulang dan ingin membeli oleh-oleh jangan kuatir. Di tempat ini banyak di jual aneka cinderamata dari hasil laut terutama kerang-kerangan. Bisa juga membeli hasil kebun seperti pisang dan srikaya dan tentu saja kaos bergambar pantai Baron.

Pada tanggal 1 Suro atau 1 Muharram di tempat ini diadakan labuhan laut. Pengunjung akan diajak turut serta dalam prosesi sedekah laut sebagai ungkapan syukur warga sekitar atas kelimpahan rizki yang diberikan.

pantai baron
instagram.com/elisabethdianac

Bagi yang suka fotografi ada baiknya untuk naik ke atas bukit dan mengambil spot terbaik. Tentunya bukan saja hanya pantai Baron yang bisa diambil. Tapi masih ada lagi beberapa pantai yang lain seperti Pantai Kukup dan Pantai Krakal yang letakany memang tidak berjauhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *