Yang Unik dari Pantai Bidara Kulonprogo

  • Whatsapp

Saat kamu ada di Jogja dan ingin satu destinasi yang baru maka berkunjunglah ke Pantai Bidara Kulonprogo. Di tempat ini telah hadir satu objek wisata yang cukup cantik dan unik karena memiliki garis imajiner layaknya pantai Parangkusumo.

pantai bidara kulonprogo
instagram.com/budi_s26

Pantai Bidara Kulonprogo berada di sisi barat Pantai Bugel. Tepatnya ada di Jalan Pantai Bugel, Gumuk Waru, Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulonprogo.

Sangat mudah untuk menemukan objek wisata yang mengunakan nama tanaman kaya manfaat ini. Cukup melintas di jalur selatan menyisir pantai maka akan ditemukan.

Berhubung objek wisata ini merupakan pemekaran dari Pantai Bugel maka kamu pun bisa parkir kendaraan di pantai yang terkenal dengan trasinya ini. Kemudian cukup menyusuri bibir pantai maka akan menemukannya.

Keindahan pantai ini tak ubahnya pantai-pantai yang ada di Kulonprogo. Hanya saja ada beberapa keunikkan lain yang bisa menjadi alasan untuk menegaskan bahwa destinasi ini wajib disambangi.

Keunikan Pantai Bidara Kulonprogo

Garis yang tak kasat mata ini menghubungkan Pantai Bidara, Pantai Nyi Ageng Serang, Stasiun Wates, Alun-Alun Wates, Rumah Dinas Bupati dan Puncak Suroloyo. Tentu hal ini akan menarik untuk dikaji, oleh karena objek wisata ini tidak saja dikembangkan sebagai objek wisata berbasis alam tapi juga wisata edukasi.

Mungkin bagi sebagian orang tak asing dengan pohon atau tanaman ini. Konon pohon atau tanaman Bidara bisa dioleh menjadi aneka obat-obatan alami yang kaya manfaat.

Selain itu di pantai ini juga akan dengan mudah menemukan budi daya melon dan pengunjung bisa terlibat langsung dalam prosesnya. Menjadi pengalaman tersendiri pastinya bila saat berkunjung pas musim panen sehingga bisa turut langsung memetik dari pohon.

Di tempat ini juga terdapat sumur tua yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan ritual. Pengunjung pun masih bisa diizinkan untuk melihat mata air yang konon cukup sakral ini.

Perlu diketahui juga pada zaman dulu masyarakat setempat adalah petani garam. Menjadi saksi bahwa mereka pernah berjaya sebagai produsen garam yang diproduksi secara tradisional.

Gerakan Clean, Health, Safety and Enviroment (CHSE) di Pantai Bidara Kulonprogo

Guna memastikan memberi rasa aman dan nyaman maka pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan sosialisasi gerakan Clean, Health, Safety and Enviroment (CHSE). Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang sekiranya mampu mendorong tumbuh dan berkembangnya Pantai Bidara menjadi objek wisata yang siap menyambut pengunjung.

Satu kegiatan positif untuk menyadarkan semua pihak dan menyuguhkan objek wisata yang aman bagi seluruh pengunjung. Berbagai sarana dan prasarana pun telah disiapkan dan protokol kesehatan ketat tetap dijalankan.

Jadi bila kamu ingin berkunjung ke tempat ini sudah tidak perlu takut. Selama protokol dan ketentuan di jalankan maka besar kemungkinan akan baik-baik saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *