Pantai Widodaren : Keindahan di Balik Kemacetan Kota

Sebagai kawasan wisata, Jogja tidak pernah ada jeda untuk memperlihatkan keindahan alamnya. Sebagai contoh kabupaten Gunungkidul, yang hampir tidak pernah sepi untuk setiap harinya.

Bacaan Lainnya
pantai widodaren
instagram.com/anangmaulanamb

Dengan destinasi Wisata yang memanjakan para wisatawan, Gunungkidul memamerkan beragam pantai yang cukup mempesona. Gugusan pantai tersebut ada yang sudah tergarap dan sebagian masih perawan.

Gunungkidul memiliki ratusan pantai tersembunyi yang keindahannya tidak pernah musnah. Pantai Widodaren di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul ini salahsatunya.

Pantai Widodaren berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Dengan jarak tempuh sekitar 40 menit dari Pantai Ngrenehan dan hanya dapat dituju dengan berjalan kaki memberi pengalaman seru.

Harap hati-hati karena akses menuju lokasi pantai belum terdapat papan penunjuk jalan. Namun, wisatawan tidak perlu ragu untuk bertanya langsung pada warga yang sedang berladang.

Nama Widodaren berarti bidadari, dimana pantai tersebut memiliki keindahan layaknya bidadari yang cantik. Pantai tersebut masih tergolong pantai yang sepi. Karena letaknya yang tersembunyi maka belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Persisnya, Pantai Widodaren berada sekitar 7 meter di bawah tebing, sehingga wisatawan harus menuruni tebing melalui tangga yang sudah disediakan oleh warga.

Pantai Widodaren akan menampilkan bentang pantai yang sangat indah dan bersih. Dikombinasikan dengan butir pasir putih dan sejuknya udara sekitar, menjadikan pantai perawan tersebut sangat layak untuk dikunjungi. Karang-karang di bibir pantai menambah eloknya Pantai Widodaren.

Yang unik dari Pantai Widodaren adalah adanya penampakan bukit yang lapang yaitu bukit Widodaren, dimana di bukit tersebut wisatawan dapat menelanjangi luasnya laut selatan. Dengan beralaskan rerumputan, wisatawan dapat beristirahat sembari mendengarkan alunan musik alam yang berasal dari hantaman ombak pada karang.

Pantai Widodaren menjadi destinasi yang cocok untuk wisatawan yang ingin menenangkan pikiran atau sekedar melupakan masalah di hiruk pikuknya perkotaan. Mengunjungi pantai ala pribadi, Pantai Widodaren solusinya. Bahkan berkunjung ke pantai Widodaren akan ada paket plus nya lho, karena di dekat pantai tersebut ada Pantai Peyuyon dan Pantai Boyo yang tidak kalah cantik dari Pantai Widodaren.

Untuk berkunjung ke pantai tersebut, dihimbau wisatawan membawa bekal, dikarenakan belum tersedianya fasilitas di pantai Widodaren seperti pantai lainnya. Selalu jaga kebersihan dengan membawa kembali sampah-sampah kalian yaa…

Kontributor – Kurnia Fatchul Ma’rifah

Pos terkait