Peluang dan Tantangan Social Media Specialist di Era Digital

Saat ini social media specialist menjadi salah satu profesi yang banyak dicari. Hal ini tidak lepas dengan jumlah pengguna sosial media yang semakin banyak. Tak hanya itu saja tapi platform sosial media itu sendiri tumbuh dengan subur.

social media specialist
pixabay.com

Wajar kiranya bila kemudian jumlah pelaku social media specialist kian meningkat. Memberi kesempatan bagi siapa saja untuk terjun ke dalamnya. Terlebih mereka yang mengaku social media enthusiast maka harus mengambil kesempatan baik ini.

Jangan sampai kemudian hanya menjadi penonton dan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Tidak ada kata terlambat untuk mencoba dan masuk dalam dunia yang kian digandrungi masyarakat luas ini.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Peran social media specialist kian strategis dimana banyak industri menggunakan sosial media sebagai ujung tombak. Mereka tidak lagi fokus pada penjualan offline semata dan mulai beralih ke pasar digital.

Peluang yang Menjanjikan

Dapat dikatakan bahwa social media specialist merupakan profesi yang memiliki peluang menjanjikan. Adapun secara fakta akan terlihat.

1. Pertumbuhan Platform dan Pengguna Baru

Fakta yang pertama dan terlihat jelas tentu saja pertumbuhan platform dan pengguna baru. Bila dulu mungkin hanya ada 1 atau 2 platform maka kini jumlahnya ada cukup banyak.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Pun pengguna platform pun mengalami jumlah signifikan. Smartphone kini bukan barang mewah dan hampir semua orang bisa memiliki. Bahkan anak-anak pun tak jarang yang sudah menggunakan dan menikmati platform yang ada.

2. Kebutuhan Akan Konten Kreatif

Banyaknya jumlah platform dan pengguna secara otomatis meningkatkan kebutuhan akan konten kreatif yang ada. Konten yang baik akan lebih bisa menarik audiens untuk bertahan dan kemudian memberikan referensi dalam proses pengambilan keputusan yang ada.

3. Integrasi dengan Kecerdasan Buatan

Saat ini menjadi social media specialist tidak cukup hanya mengandalkan ide dan pemikiran semata. Namun harus mulai melibatkan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk hasil lebih baik.

Teknologi kecerdasan buatan akan memudahkan banyak proses mulai dari mencari ide, membuat hingga posting konten yang ada. Mengoptimalkan AI akan memberi dampak yang jauh lebih baik.

4. Ekspansi Pasar Global

Pasar yang dijangkau bukan lagi hanya lokal atau regional, akan tetapi pasar global dan semua itu menjadi sangat memungkinkan. Dengan cara ini pula audiens akan semakin melimpah dan seorang social media specialist dituntut untuk lebih cakap dalam memahami tren pasar yang ada.

Tantangan yang Dihadapi

Peluang yang ada tidak datang sendiri dan tentu dibarengi dengan berbagai tantangan yang ada. Oleh karenanya untuk menjadi social media specialist yang andal bukan perkara mudah.

Hal ini karena mereka harus bersaing dengan pelaku yang tak sedikit. Di luar itu tentu ada hal lain yang juga patut menjadi pertimbangan.

Diantara tantangan yang ada antara lain:

1. Algoritma yang Terus Berubah

Algoritma yang ada akan selalu berubah dan semakin kompleks. Oleh karena itu pengetahuan yang terus berkembang menjadi sebuah keharusan. Hal ini karena bila tertinggal maka secara otomatis akan mulai ditinggakan audiens.

Tiap platform memiliki algoritma yang berbeda-beda. Perlu kiranya untuk selalu up date terhadap aturan yang ada untuk meningkatkan jangkauan organik dan efektivitas strategi pemasaran dijalankan.

2. Persaingan yang Ketat

Profesi yang kian populer pada umumnya akan diikuti jumlah pelaku. Dengan demikian tingkat persaingan yang ada pun akan kian tinggi.

Bila ingin bertahan tentu seorang social media specialist harus terus meningkatkan kompetensi. Tujuannya untuk menjaga relevansi yang ada.

3. Tekanan untuk Selalu Online

Tantangan selanjutnya yang akan nampak tentu adanya tekanan untuk selalu online dan memantau apa yang sedang terjadi. Hal ini terlihat begitu menyenangkan terutama bagi mereka yang scrol hiburan tapi tidak untuk mereka yang bekerja dari dunia ini karena tekanan akan sangat terasa sepanjang waktu.

Perlu untuk menjaga keseimbangan antara dunia online dan offline agar tidak terjadi kelelahan berlebih. Ada baiknya untuk sesaat menghentikan aktivitas online dan beralih pada kegiatan offline seperti jalan-jalan tanpa gawai.

4. Kebutuhan untuk Mengikuti Tren

Dunia berkembang sangat dinamis pun demikian dengan sosial media. Tren ini akan berubah dengan sangat cepat dan harus diikuti oleh mereka para pihak yang ingin bermain di dalamnya. Perlu kemampuan untuk beradaptasi agar konten yang ada tetap relevan.

Keterampilan yang Dibutuhkan

Selanjutnya bagi Anda yang ingin menjadi seorang social media specialist perlu diketahui bahwa keterampilan yang dibutuhkan bukan hanya dari sudut pandang kemampuan membuat konten yang apik dan menarik.

Namun ada beberapa keterampilan lain yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin bertahan di profesi ini.

1. Analisis Data

Keterampilan yang pertama ini sifatnya mutlak di mana seorang social media specialist harus mampu membaca dan menganalisa data. Bukan hanya sebatas apa itu engagement, reach, dan conversion rate semata.

Namun lebih dari itu adalah menghadirkan strategi yang tepat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Pada umumnya industri ingin meningkatkan sales, akan tetapi ada target lain juga yang ingin dicapai semisal meningkatkan brand awareness.

Data ini juga sangat dibutuhkan dalam proses evaluasi. Dengan data dan informasi yang tepat maka progres perbaikan akan lebih terukur.

2. Kreativitas

Kreativitas seorang social media specialist akan terlihat dalam setiap konten yang ada. Apakah monoton atau akan terlihat sesuatu yang berbeda, memiliki value lebih dan segar. Kemampuan inilah yang nantinya akan dinantikan para audiens.

3. Komunikasi dan Storytelling

Setiap konten yang ada seyogyanya mampu bercerita dan mengkomunikasikan makna yang tepat kepada audiens. Jangan sampai kemudian apa yang hendak disampaikan berbeda dengan apa yang ditangkap karena ini akan menjadi sebuah kegagalan.

4. Penguasaan Tools Digital

Kompleksnya ruang gerak profesi ini akan semakin baik dengan adanya kemampuan menggunakan alat-alat digital. Bukan sebatas alat untuk membaca data tapi juga untuk menyampaikan sebuah informasi baik itu berupa gambar / video, audio maupun audio visual.

Profesi ini sejatinya bukan sesuatu yang baru, akan tetapi juga bukan sesuatu yang lama. Menjadikan profesi social media specialist kian diminati karena ada ceruk yang cukup besar.

Terutama dengan berkembangnya industri yang ada maka harus disusul kemampuan individu-individu terbaik di dalamnya. Untuk bisa bertahan pada pilihan ini maka ada baiknya untuk terus belajar dan mengupdate informasi yang ada.

Salah satu yang bisa dilakukan tentu saja dengan memantau situs https://thegetsmartblog.com/ karena didalamnya banyak informasi menarik yang dibutuhkan. Dengan cara ini minimal informasi terkait profesi social media specialist tidak akan tertinggal.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan