Home Wisata Puncak Becici : Spot yang Cocok Untuk Menikmati Pemandangan Jogja

Puncak Becici : Spot yang Cocok Untuk Menikmati Pemandangan Jogja

2 1003

 

piknikasik.com

Puncak Becici merupakan tempat wisata yang terletak di Dlingo, Kec. Bantul, Yogyakarta. Akses untuk menuju tempat wisata yang satu ini bisa terbilang cukup mudah. Dari kota Jogja – Jalan Imogiri Timur sampai mentok di pertigaan pasar Imogiri – ambil arah kiri dan ikuti papan petunjuk jalan menuju Kebun Buah Mangunan – ambil arah lurus menuju Hutan Pinus Mangunan – sampai di pertigaan ikuti papan petunjuk jalan menuju Puncak Becici.

Di perjalanan sebelum sampai di gapura Puncak Becici, akan terlihat banyaknya pohon pinus yang berderet berdampingan. Setelah sampai di kawasan Puncak Becici, kamu akan langsung disuguhkan pemandangan, kesejukan dan aroma khas Hutan Pinus. Selain  itu, tak jauh dari gapura ‘Selamat Datang’ Puncak Becici, akan terlihat beberapa gubuk sederhana yang berderet rapi. Gubuk-gubuk itu adalah warung yang menjajakan makanan dan minuman untuk para pengunjung.

Dari areal parkir, kamu masih harus berjalan melalui jalan setapak masuk ke dalam bagian hutan pinus yang lebih rapat. Berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan yang langsung populer sebagai tempat wisata, hutan di becici atau yang biasa disebut Becici Asri pada awalnya hanya dikelola sebagai hutan produksi penghasil getah pinus untuk bahan dasar terpentin dan gondorukem. Namun karena keindahannya, Becici Asri akhirnya terkenal sebagai tempat wisata.

Dari atas Puncak Becici kamu bisa melihat indahnya Kota Bantul dari kejauhan. Pemandangan yang menakjubkan akan terlihat dari Puncak Becici. Saat cuaca cerah, Gunung Merapi dan Gunung Sindoro akan terlihat sangat indah. Selain itu, ketika senja mulai turun adalah saat-saatnya kamu mengabadikan momen dengan cara berfoto. Karena ketika senja datang, pemandangan yang terlihat akan menjadi sangat indah.

Para pengunjung biasa mengabadikan momen di beberapa tempat yang asik untuk berfoto, seperti di atas gardu pandang dan di tepi tebing yang dekat dengan pagar besi pengaman. Para pengunjung yang menunggu giliran untuk berfoto di atas gardu pandang biasanya akan duduk-duduk di gazebo dan bangku-bangku dari kayu pinus yang tumbang.

Kawasan Puncak Becici dikelola oleh warga setempat secara gotong royong. Mereka bergotong royong untuk membangun fasilitas-fasilitas sederhana seperti pemerataan jalan masuk, lokasi parkir kendaraan, bangku tempat istirahat pengunjung, rumah pohon seperti yang ada di Kalibiru, Kulonprogo.

 

 

2 COMMENTS

Leave a Reply