SGPC Bu Wiryo, Tempat Klangenan Para Alumni Jogja

  • Whatsapp

Berbicara tentang nasi pecel atau sego pecel pasti yang terlintas adalah SGPC (sego pecel) Bu Wiryo. Warung makan legendaris yang buka dari pukul 07.30 WIB hingga 20.30 WIB ini terletak di Jalan Selokan Mataram atau tepatnya ada di seberang Fakultas Peternakan UGM.

nasi pecel sgpc
panduanwisata.com

Sangat mudah ditemukan karena warung makan ini memiliki papan nama yang sangat besar. Memudahkan untuk para pencari kuliner dalam menemukannya.

Kuliner yang didominasi sayur warna hijau ini telah hadir sejak 1959 silam. Artinya resep yang mereka miliki terbukti mampu bertahan lebih dari 5 dekade atau setengah abad. Wajar saja kalau SGPC Bu Wiryo memiliki penggemar fanatik. Mereka tak lain adalah para alumni perguruan tinggi yang ada disekitar warung berada.

Tak jarang mereka yang telah sukses di tempat lain datang ke SGPC Bu Wiryo bersama keluarga dan sahabatnya untuk mengenang kembali menu favorit disaat kuliah dulu.

Secara sepintas menu yang disediakan tidak ada yang istimewa. Bahan utama yang digunakan sama seperti yang lain, yakni menggunakan sayuran warna hijau seperti bayam, kacang, tauge. Sedang bumbu yang digunakan juga sama, menggunakan bumbu kacang.

Tapi jangan salah di SGPC ini semua yang terlihat biasa itu menjadi sesuatu yang luar biasa. Ketepatan dalam meracik bumbu dan pemilihan bahan berkualitas disinyalir salah satu penyebab nasi pecel ini begitu istimewa. Bumbu yang dihasilkan mampu menghasilkan rasa yang gurih, manis dan pedas sehingga benar-benar pas di lidah.

Kalau ingin tambahan ada beberapa lauk yang bisa dipilih. Selain aneka gorengan dan sate telur puyuh dan usus bisa juga ditambahkan telur ceplok atau mata sapi.

Harga yang ditawarkan bagi kalangan mahasiswa bisa dibilang cukup mahal karena harganya mendekati belasan ribu. Tapi karena mereka yang datang mayoritas adalah pencinta kuliner maka harga tersebut masih dinilai wajar. Terlebih ukurannya yang lumayan besar sehingga sudah pasti mengenyangkan perut.

Bila hanya ingin datang memanjakan lidah bisa datang kapan saja. Tapi bila memiliki misi untuk mendapatkan nilai lebih maka datanglah pada hari Sabtu atau Minggu. Tempat yang tidak begitu luas itu akan dijubeli para tamu.

Mereka betah berlama-lama, selain bisa menikmati sajian yang lezat mereka bisa menikamti suguhan performance live band. Bahkan tempat ini memiliki lagu khusus yang menceritakan tentang SGPC Bu Wiryo.  Unik dan menarik bukan, jadi jangan ragu untuk icip-icip ke SGPC Bu Wiryo.

Selain SGPC di Jogja masih ada kuliner pecel yang harus dicoba. Selain pecel Baywatch masih ada pecel Kembang Turi di Imogiri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *