Soto Sumuk Gondolayu Salah Satu Kuliner Legendaris Yang Masih Mempertahankan Keasliannya

  • Whatsapp

Soto Sumuk Gondolayu layak di masukan dalam daftar kuliner legendaris Jogja. Bagaimana tidak warung soto sederhana yang luasnya hanya 15 meter persegi ini mampu bertahan lebih dari 6 dasawarsa dan masih mendapat penggemar setia yang cukup banyak.

soto sumuk gondolayu
tribunnews.com

Warung soto yang beroperasi antara pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB ini selalu diserbu para pencintanya. Terutama pada jam makan siang antara pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB maka untuk bisa menikmati sajian lezat ini butuh kesabaran ekstra.

Warung yang dirintis Pak Wongso sejak tahun 1955 ini senantiasa menjaga kualitas rasa. Meski kini Pak Wongso telah tiada tapi resep tersebut telah diwarisi oleh Bu Ngataini secara sempurna.

Jadi apa yang dirasakan para pembeli saat ini rasanya masih akan sama dengan jaman dulu. Aroma dan rasa rempah menjadi ciri khas dalam guyuran kuah bening.

Dari sisi porsi mungkin hanya sekedar mengisi perut saja. Tapi tak ada salahnya untuk tambah porsi atau memilih lauk jeroan atau gorengan yang disediakan. Jadi meski secara takaran minimalis jangan sampai seusai kerja keras untuk menikamti sajian lezat ini masih kelaparan.

Adapun penamaan soto sumuk ini mungkin secara tidak sengaja. Pasalnya tempat yang sempit membuat siapa saja yang ada didalamnya serasa terpanggang. Terutama pada saat musim kemarau karena para pembeli harus rela duduk berdesakan.

Namun disitulah seni menikmati sajian Soto Pak Wongso. Semakin penuh maka akan semakin berkesan tentunya dan selepas selesai menikmati sajian maka akan terasa segar terlebih saat disapu dengan angin yang cukup kencang.

Untuk menemukan warung sederhana ini sangatlah mudah karena ada di pusat kota Jogja. Cara paling mudah tentu saja berjalan ke arah timur dari Tugu Jogja. Nanti setelah melewati jembatan Kali Code ada deretan kios kecil di kanan jalan dan Soto Sumuk Gondolayu ada dalam barisan tersebut.

Bila ingin memarkir kendaraan dengan aman ada beberapa alternative. Tempat pertama yang bisa dipilih tentu saja parkir di Mc Donald Jalan Jenderal Sudirman. Selain itu bisa juga di titipkan di Jogja Phone Market yang ada di pertigaan sebelah timur Soto Sumuk Gondolayu.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *