Village Tour Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka, Salah Satu Cara Mengenal Kerajaan Mataram Lebih Dekat

  • Whatsapp

Satu lagi agenda wisata yang patut di coba, Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka. Objek wisata yang mencoba memperkenalkan sejarah, seni dan budaya Kotagede agar lebih dekat melalui media tour village atau jelajah kampung.

village-tour-kota-gede
pusakaindonesia.com

Tak tanggung-tanggung, pada peresmian yang digelar pada Minggu (29/3/2015) di halaman Masjid Gede Kotagede dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Diharapkan dengan adanya Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka dapat membuat siapa saja lebih tahu tentang Kotagede yang terkenal sebagai kampung sejarah sekaligus cikal bakal Kerajaan Mataram dan Jogja.

Kegiatan keliling kampung sejarah ini digagas oleh karangratuna Desa Jagalan, Arkomjogja bekerja sama dengan Air Asia Foundation. Nantinya para peserta tour akan dipandu oleh mereka yang telah terlatih dan tahu betul akan seluk beluk Kotagede.

Sasaran yang dibidik untuk wisata minat khusus ini adalah mereka para siswa. Khususnya mereka yang tengah melakukan studi tour di Jogja. Bukan hanya tentang sejarah, seni dan budaya tapi nilai-nilai akan kearifan lokal tentu memiliki nilai lebih.

Dalam kesempatan itu Sri Sultan juga berharap bahwa para peserta studi tour bisa tinggal di kampung wisata ini selama dua tiga hari. Dengan demikian mereka akan tahu lebih banyak tentang apa saja yang masih terjaga dengan baik di Kotagede.

Manfaat lain yang didapat tentu saja akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar Jagalan. Para wisatawan yang menggunakan rumah warga sebagai homestay tentu akan mendapat pemasukan. Para ibu-ibu juga bisa lebih giat untuk memasak menu asli Kotagede untuk disuguhkan kepada para wisatawan.

Kini tinggal pihak-pihak terkait yang harus membantu mempromosikan atas apa yang ada di Jagalan. Akan menjadi lebih baik lagi bila karangtaruna memiliki paket liburan sehingga kemasan tidak monoton.

Saat ini bila wisatawan ingin mengikuti tour Jagalan Tlisih Telusur Kampung Pusaka bisa datang setiap hari Minggu. Acara akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB. Tarif yang dikenakan untuk masing-masing peserta adalah Rp 55.000,-

Nantinya akan ada 3 rute berbeda yang semua memiliki keasikan tersendiri. Satu hal yang sudah pasti tak boleh terlewatkan adalah menikmati kuliner asli Kotagede berupa Kipo, Madusari dan Legomoro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *