Waduk Sermo Lokasi Liburan Keluarga dan Mancing Mania

  • Whatsapp

Memancing bersama keluarga atau sahabat tentu saja menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Dan bagi kamu yang tertarik dengan spot yang cukup luas datanglah ke Waduk Sermo yang masuk di wilayah Kokap, Kulonprogo.

Tempat ini mudah dijangkau bila berangkat melalui Wates karena hanya berjarak sekitar 5 kilometer ke arah barat. Di tempat ini pengunjung bisa berwisata sembari memancing ikan yang ada di waduk.

Waduk Sermo dibangun dengan memperhatikan konstruksi banguan sehingga dari kejauhan akan nampak keindahan yang tiada tara. Terlebih ditengah bendungan air akan membiru menambah keteduhan.

Air yang ada di waduk Sermo ini berasal dari Kali Ngrancah dan mampu menampung debit air hingga 25 juta kubik dengan titik terdalam konon mencapai 60 meter. Pada awalnya waduk ini difungsikan untuk mengairi persawahan yang ada di bawahnya. Namun, seiring berjalannya waktu kini Waduk Sermo telah bertambah fungsi menjadi objek wisata keluarga.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini mulai dari bersepeda, memancing, naik perahu dan lain-lain. Bahkan bagi yang suka berpetualang di tempat ini bisa camping dengan mendirikan tenda. Merasakan pengalaman berbeda dimana memancing kemudian mengolah ikan yang di dapat.

Waktu yang paling tepat untuk liburan di kawasan Bukit Menoreh ini adalah pada waktu sore. Selain menghindari sengataan matahari yang kurang ramah di siang hari, pengunjung akan mendapat bonus saat sang surya tenggelam di balik bukit.

Hanya saja ada baiknya bila akan liburan di sini berkunjung dulu ke kantor pengelola atau Tim SAR. Adanya informasi mendetail tentu akan lebih memberi rasa aman, pasalnya ada beberapa titik yang cukup bahaya bila digunakan untuk memancing.

Selain itu faktor kondisi cuaca yang kadang tidak menentu membuat siapapun yang ada diarea tersebut harus lebih waspada. Jangan sampai niat semual liburan malah terkendala hal-hal yang tidak perlu.

Objek wisata ini telah dikenal publik sejak tahun 1996 silam pasca Presiden Soeharto kala itu meresmikan. Menjadi daya tarik liburan untuk warga Kulonprogo dan sekitarnya hingga saat ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *