Mendengar istilah kreator konten, hal pertama yang muncul di benak saya adalah Atta Halilintar, Ria Ricis, Awkarin, dan selebgram atau influencer lain dengan jutaan followers atau subscribers itu. Wajah mereka pun sering banget wara-wiri di beranda media sosial dan beragam iklan produk.
Secara singkat, kreator konten bisa diartikan sebagai pembuat konten atau karya yang disebarkan secara digital alias di internet. Jadi, sebenarnya sebutan kreator konten itu tidak hanya merujuk pada para pesohor saja, tapi siapapun yang membuat konten digital dan mengunggahnya di internet, bisa disebut sebagai kreator konten.
Kita semua paham betul, nama-nama yang saya sebutkan di atas punya aliran fulus yang deras. Mereka mendapatkan cuan dari beragam kerjasama dengan brand atau perusahaan yang sudah well-known.
Nah, untuk kreator konten levelan saya tentu punya jalan sendiri untuk meraup rupiah, salah satunya lewat lomba konten. Masalahnya, hari gini yang namanya lomba konten tuh buanyak banget, bak jamur di musim penghujan.
Saking banyaknya, kadang kalau nggak teliti bisa saja loh bukannya untung eh malah buntung karena dikibulin sama panitia yang nggak amanah.
Tips Menang Lomba Konten
Mulai dari lomba berbayar yang ujungnya nggak ada pemenang, lomba bikin konten yang ternyata hadiahnya nggak sesuai sama yang dijanjikan, atau parahnya lagi hadiahnya nggak diberikan kepada pemenang. Kan, kesel ya?
Nah, buat kamu para kreator konten yang pengen raup cuan dari lomba konten, berikut 3 hal yang sebaiknya kamu perhatikan!
1. Tema Lomba
Siapapun rasanya pasti bakalan setuju, bahwa dalam melakukan sesuatu kita harus bisa mengukur semua aspek. Dalam hal ini, sebelum mengikut lomba konten, perhatikan tema yang diusung.
Saran saya sih sebaiknya hanya ikutlah lomba yang sekiranya kamu kuasai. Jangan gara-gara latah atau terlalu bersemangat, lantas semua tema lomba kamu ikuti. Itu namanya maruk.
Alih-alih seperti itu, fokuskan energimu pada lomba konten dengan tema yang memang kamu pahami dan kuasai. Jadi, kamu bisa membuat konten berbobot, nggak kaleng-kaleng, dan layak dilirik jadi pemenang. Hanya ingat ya, selalu buat konten yang original, nggak niru-niru, apalagi nyerempet-nyerempet SARA, ujaran kebencian dan juga pornografi!
2. Hadiah
Daya tarik utama dari sebuah lomba konten ya apalagi sih, kalau bukan hadiah yang menggiurkan? Uang tunai, voucher jalan-jalan bersama pasangan, atau aneka gadget terbaru dengan harga yang cukup lumayan, tentu saja terlalu manis untuk diabaikan, bukan?
So, kalau kamu merasa tema dan hadiah sebuah lomba konten ini worth it, kuy, gaspol ikutan!
3. Penyelenggara
Nah, faktor pertimbangan yang ketiga ini paling penting menurut saya, Gaes. Kenapa? Karena penyelenggara adalah pihak yang paling bertanggung jawab sama event lomba ini.
Semakin kredibel penyelenggaranya, makin meyakinkan event yang digelar. Ibaratnya mah, kecil kemungkinan bakalan cheating atau nggak amanah.
Buat kamu yang pengen coba peruntungan, bisa ikut Content Creation Competition (3C) dari IndiHome, dengan total hadiah senilai 165 juta rupiah. Tuh, tjakep banget, kan?
Kamu tinggal masuk ke webnya Indihome, cari kolom pendaftaran kompetisi ini, dan submit karyamu mulai 26 April – 13 Mei 2023. Ada dua kategori yang bisa kamu pilih, yaitu konten tulisan (untuk blogger dan jurnalis), dan konten visual berupa foto atau video.
Nah, itu tadi 3 hal yang wajib kamu perhatikan kalau pengin raup cuan dari lomba konten. Semangat dan semoga menang banyak, ya!