Strategi Jualan Laris Manis dengan Konten dan AI

Komunitas UKM INSPIRA Indonesia bekerja sama dengan BSI UMKM Center Yogyakarta sukses menyelenggarakan pelatihan bertajuk “Strategi Jualan Laris Manis dengan Optimalisasi Konten dan AI.” Kegiatan ini bertujuan untuk membekali pelaku UKM INSPIRA Indonesia dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk UKM di era digital.

konten dan ai
kanaljogja.id

Materi ini dibawakan oleh anggota UKM INSPIRA Indonesia, Irfan Akbar Wildani, seorang praktisi Digital Marketing dengan tempat pelatihan di BSI UMKM Center Yogyakarta, 5 Desember 2024.

Pelatihan ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari berbagai sektor cluster atau bidang usaha, muali dari fashion, kuliner, jasa hingga craft. Peserta diajarkan cara mengoptimalkan konten pemasaran dan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam strategi pemasaran untuk usaha mereka.

Konten dan AI Kian Powerfull

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Dengan bimbingan narasumber, peserta belajar tentang teknik pembuatan konten menarik, dengan dukungan AI. Selain itu juga peserta langsung praktek sehingga mereka benar-benar mendapat pengalaman secara langsung.

Irfan menyampaikan materi dengan fokus memahami konsep dasar dan pentingnya digital marketing bagi UMKM. Selanjutnya strategi konten dengan fokus teknik dalam pembuatan konten yang menarik dan relevan untuk UMKM, termasuk didalamnya penggunaan AI.

Dipandu oleh MC, Febriani Suryaningsih, SE selaku praktisi UKM INSPIRA Indonesia, menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakan acara ini tidak lain untuk meningkatkan
pemahaman digital marketing dan optimalisasi konten. Peserta mampu memahami tentang dasar-dasar digital marketing dan pentingnya kehadiran online untuk UKM.

Selain itu juga memberikan keterampilan dalam menciptakan konten yang menarik dan relevan. Beberapa teknik untuk menarik perhatian audiens pun diajarkan dan salah satunya melalui storytelling.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Salah satu peserta, Yanulia Wulandari, SE, pemilik usaha Amalia Ecoprint, mengungkapkan, “Pelatihan ini sangat membantu saya memahami pentingnya konten dalam pemasaran. Saya merasa lebih siap untuk menerapkan strategi digital yang efektif dan meningkatkan penjualan usaha kita, terima kasih INSPIRA Indonesia yang telah menyelenggarakan acara ini bersama BSI UMKM Center dengan tema yang sangat menarik ini.”

Hal senada diungkapkan Elisyahrami, ST pemilik usaha fashion dan anggota komunitas Gemawira menyampaikan “Saya baru pertama kali mengikuti pelatihan konsep kreator digital hari ini, ternyata sangat menambah wawasan mengenai pembuatan konten kreator, dan berharap pelatihan ini dilanjutkan dengan pendalaman dan lebih luas lagi mengenai konten kreator ini”.

Lisya sapaan akrabnya berharap melalui INSPIRA Indonesia lebih aktif lagi dan berinovasi dalam menyelenggarakan pelatihan untuk mendukung UMKM. Lebih maju dan materi disampaikan bisa diaplikasikan dalam bisnis masing-masing untuk meningkatkan omset.

Ia juga berharap pelatihan semacam ini dapat diikuti masyarakat umum yang belum mengenal Komunitas INSPIRA Indonesia. Dengan cara ini maka komunitas akan lebih dikenal masyarakat luas dalam aktif memberdayakan pelaku UMKM di Kota Yogyakarta dan sekitarnya.

Kepala BSI UMKM Center, Arif Miftahul Huda berpesan kepada peserta untuk terus mengeksplor dan sering berlatih sehingga terbiasa dengan digital marketing. Para peserta memiliki antusiasme yang tinggi, ide dan pengalaman, menjadikan pelatihan ini sebagai ajang kolaborasi yang berharga untuk komunitas INSPIRA Indonesia.

Harapannya, melalui pelatihan ini, UMKM di Yogyakarta dapat mengadopsi strategi pemasaran yang lebih inovatif dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan