Tarikan Makin Nyaman Usai Servis Motor Berkala

Sebagai pengguna motor tentu kita wajib menjaga agar kendaraan tersebut tetap baik-baik saja. Salah satunya dengan rutin melakukan servis motor berkala dan setidaknya ada 8 bagian yang wajib dilakukan pengecekan.

servis motor berkala
kanaljogja.id

Mengembalikan fungsi seperti semula tentu tujuan utama. Selain itu untuk memastikan pengendara tetap merasa aman dan nyaman selama mengaspal.

Tak mau bukan, saat berkendara tiba-tiba kelistrikan mati atau rem blong. Bila ini terjadi tentu sangat fatal dan nyawa adalah risikonya.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Jangan sampai enggan servis rutin membawa petaka. Kegiatan ini tidak harus dilakukan tiap bulan tapi cukup beberapa bulan sekali.

Terlebih bila servis dilakukan di tempat yang tepat, bisa jadi untuk satu tahun cukup 2 atau 3 kali perawatan rutin saja. Ingat, motor tak ubahnya tubuh manusia dimana juga butuh untuk diperhatikan.

8 Bagian Vital Wajib Dicek

Saat melakukan perawatan rutin atau servis motor berkala maka setidaknya ada 8 bagian yang wajib dicek dengan seksama. Jangan sampai masuk bengkel bila terjadi kerusakan fatal karena sudah barang tentu harus merogoh kocek dalam-dalam.

YOUR EXISTING AD GOES HERE

Bagian-bagian ini tersebar diberbagai lokasi. Mulai dari sisi depan, belakang hingga paling dalam.

Jangan coba-coba lakukan pemeriksaan sendiri karena bisa jadi akan berakibat fatal. Lain cerita bila dilakukan oleh para ahlinya.

Selain mereka ini terlatih tentu juga mereka dibekali standar safety dan peralatan mumpuni. Tak jarang pula mereka menggunakan teknologi canggih yang terkomputerisasi.

Cukup sambungkan data dan informasi akan terbaca di layar laptop. Cara ini dianggap lebih cepat dan efisien.

Berikut 8 bagian motor yang wajib dilakukan pengecekan:

1. Oli Mesin

oli motor teknologi ester
kanaljogja.id

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk menunjang kinerja mesin terbaik tentu pelumasan yang sempurna. Oli mesin bukan hanya sebatas sebagai pelumas saja. Lebih dari itu juga sebagai pendingin dan pelindung mesin sebagai akibat dari gesekan.

Oli mesin pada umumnya harus diganti setiap menempuh 2.500 kilometer. Namun saat ini ada oli mesin berbahan ester yang 2 kali lebih efektif daripada oli pada umumnya.

Hal ini karena mereka telah menggunakan teknologi ester. Produk ini juga diklaim sebagai base oil tertinggi di kelasnya.

2. Oli Gardan

Selain oli mesin, pada sebuah motor matic juga dibutuhkan oli gardan. Bedanya oli ini lebih untuk melindungi / melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Oli gardan lebih awet dari oli mesin. Penggantian bisa dilakukan tiap 2 kali ganti oli mesin.

3. Busi

Motor bisa nyala berkat adanya busi. Di mana dengan bagian ini maka akan tercipta percikan api dan kemudian mesin bisa menyala.

Busi tak jauh beda dengan produk pada umumnya dimana terdapat usia pakai. Bila saatnya dilakukan penggantian maka segerakan dan jangan tunda. Jangan sampai nanti motor mogok dan bingung harus cari bengkel.

4. Aki atau Accu

Motor memiliki satu tempat untuk menyimpan listrik dan biasa kita kenal sebagai aki atau accu. Tegangan ideal pada sebuah aki motor berkisar 12,3 Volt hingga 12,6 Volt dalam kondisi mesin mati.

Berbeda ketika mesin hidup maka tegangan akan naik diangka 13,7Volt hingga 14,2 Volt. Saat di bengkel aki ini akan dilakukan pengecekan untuk mengetahui tegangan, baik itu saat mati atau nyala.

5. Kampas Rem

Kampas rem akan cepat aus dan harus segera diganti apabila fungsi sudah tidak baik. Jangan sekali-kali menunda karena keberadaannya sangat penting.

Apabila belum terlalu tipis rem bisa disesuaikan. Namun jangan sampai tidak ganti bila saatnya hanya karena ingin hemat mengingat nyawa taruhannya.

6. Ban

Ban menjadi bagian yang tak kalah krusial dan jangan biarkan gundul. Pada umumnya ban belakang seyogyanya diganti tiap satu tahun sementara untuk ban depan 2 tahun sekali.

Pilih ban berkualitas meski harga sedikit lebih mahal karena ban murah biasanya akan cepat rusak. Pada proses servis motor berkala tekanan angin dalam ban juga menjadi bagian yang wajib untuk diperiksa.

7. Filter Udara

Saat servis rutin bagian penting yang juga harus dicek adalah filter udara. Gagal dalam proses ini maka performa mesin akan berkurang.

Jangan sampai ada debu yang membuat saluran tersumbat. Hal ini membuat pembakaran tidak sempurna.

8. Tune up Motor Rutin

Tune up motor adalah serangkaian kegiatan untuk menyetel ulang motor agar seperti motor sedia kala / standar pabrik. Bukan hanya fokus pada beberapa hal diatas saja tapi juga pada baut-baut yang mulai mengendor hingga kelistrikan.

Setiap motor atau kendaraan memiliki standar berbeda-beda. Dan kondisi ini harus benar-benar diperhatikan, tidak boleh kurang atau over karena akan memengaruhi sisi kenyamanan hingga keamanan.

Dalam upaya tune up ini memungkinkan terjadinya pergantian suku cadang. Dan untuk pergantian oli mesin, oli gardan, kampas rem, ban, busi dan lain-lain bisa saja terjadi.

Namun keputusan tetap pada pemilik motor. Pihak bengkel tidak akan melakukan penggantian tanpa persetujuan.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Beruntung di Jogja ada banyak bengkel yang memberikan layanan prima. Salah satunya tentu saja Planet Ban.

Mereka tidak saja menyediakan aneka pilihan ban dan oli berkualitas. Lebih dari itu juga menyediakan jasa servis motor berkala dengan mekanik andal.

Di mana mekanik yang akan melayani servis telah lulus uji kompetensi dan dibuktikan dengan sertifikat. Menjadikan motor lama kembali garang seperti motor baru.

Salah satu paket yang bisa dipilih tentu saja sistem paket terpadu. Motor tidak saja dikembalikan ke kondisi awal / setelan pabrik saja.

Tapi juga akan di upgrade untuk mencapai performa terbaik. Menjadikan motor lebih nyaman untuk digunakan dalam segala kondisi.

Kelebihan Servis Motor di Planet Ban

Ada beberapa kelebihan yang menjadikan Planet Ban sebagai tempat servis motor terbaik dan terpercaya. Selain bengkel ini mudah ditemukan tentu karena oli mesin yang mereka tawarkan.

Oli dengan teknologi ester mampu melindungi seluruh bagian mesin dengan baik hingga 5.000 kilometer. Membuat motor awet dan tidak cepat rusak bahkan dalam pemakaian normal bisa bertahan hingga 4-6 bulan.

Membuat motor tetap nyaman digunakan dengan tarikan enteng. Hal ini tak terlepas dari kemampuan oli untuk melindungi mesin lebih lama dan tetap dingin.

Teknologi ester juga dikenal ramah lingkungan. Artinya secara tidak langsung telah mendukung program pemerintah untuk tetap go green.

Bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat lain

Planet Ban mampu memberi hasil servis yang jauh lebih baik daripada bengkel pada umumnya. Hal ini tak terlepas dari teknologi canggih yang digunakan.

Terutama dalam proses membersihkan kotoran atau debu yang ada di dalam motor. Mekanik dari Planet Ban tidak saja membersihkan kotoran yang ada di bagian CVT saja tapi juga pada kepala silinder, klep mesin, piston, dan throttle body.

Bahkan menurut sebuah pengukuran, servis motor berkala yang tepat mampu kurangi emisi gas buang hingga 70%. Selain itu tentu jadikan motor lebih hemat BBM.

Biaya servis dikenakan pun cukup ramah kantong. Dimana untuk servis motor injeksi hanya dikenakan Rp 20.000,- saja.

Sementara itu untuk servis CVT + rantai dikenakan Rp 19.500,- dan servis throttle body dikenakan Rp 20.000,-.

Pos terkait