Kamu tentu tak asing dengan nama Bonge atau Jeje dari Citayam Fashion Week. Atau yang masih anget ada nama Fajar SadBoy yang mana nama-nama tersebut melambung berkat TikTok. Tak hanya mereka, kini siapapun miliki potensi cari cuan dari TikTok.
Tidak perlu karya yang luar biasa. Tidak pula perlu satu kecerdasan tertentu. Paling penting adalah bagaimana bisa viral dan dalam waktu sekejap akan bisa meraih pundi-pundi rupiah.
Selain nama-nama diatas tentu masih ada nama-nama lain yang sukses cari cuan dari TikTok. Aplikasi ini telah mampu membuktikan mengubah siapa saja dari bukan siapa-siapa menjadi orang berpengaruh.
Tanpa harus mengkotak-kotakan tapi disini yang ingin digarisbawahi bahwa setiap orang miliki potensi yang sama. Dan kamu pun bila ingin mencoba tentu bisa.
TikTok sebagai Platform yang Mencuri Perhatian
Sejatinya, bila dibanding platform yang lain TikTok termasuk pemain baru. Hadir sejak 2016 dan sejak kehadirannya langsung mencuri perhatian semua pihak.
Tidak hanya di Indonesia saja tapi platform dari China ini telah digunakan lebih di 150 negara dengan jumlah unduhan mencapai miliaran. Tercatat di kuartal III tahun 2022 platform ini telah digunakan 1.53 miliar pengguna.
Dulu mungkin kita hanya beranggapan di TikTok hanya ada joget-joget semata. Tapi kini tidak lagi, ada banyak hal bisa ditemukan dan dilakukan. Salah satu yang cukup menarik di mana platform ini memberi kesempatan banyak orang untuk cari cuan dari dalamnya.
Cara Cari Cuan dari TikTok
Pada sebagian kasus memang ada yang tiba-tiba viral dan mayoritas mereka paham betul akan algoritma TikTok. Berhubung bisa dipelajari aturan main yang ada maka kegiatan ini pun bisa diduplikasi.
Khususnya oleh mereka yang lebih dikenal sebagai seorang influencer. Mereka ini akan membuat konten sesuai dengan apa yang diinginkan TikTok dan dengan cara itu maka miliki kemungkinan besar untuk muncul di beranda atau yang dikenal dengan fyp yang tak lain kependekan dari for your page.
Untuk bisa menghasilkan pun tidak harus miliki follower dalam jumlah fantastis. Ada diantara mereka yang hanya miliki pengikut dalam jumlah ribuan pun sudah bisa menghasilkan.
Ketika sudah siap dioptimasi atau monotize maka ini beberapa hal yang bisa dilakukan:
1. Sponsored Content
Bagi yang paham tentu bisa melihat, mana postingan yang organik dan mana yang berbayar. Postingan berbayar pada umumnya akan menyertakan pesan tertentu baik itu soft selling atau hard selling.
Selain itu ditandai dengan adanya hastag dan mention pemilik brand. Tujuannya agar brand juga tahu kinerja dari postingan yang ada.
Salah satu yang akan menjadi poin dalam cara cari cuan di TikTok metode ini tentu saja engagement yang ada. Semakin tinggi maka nilai dari TikTok tersebut akan semakin tinggi pula.
2. Agensi Influencer
Mereka yang miliki TikTok cukup baik saja tidak cukup. Harus ada celah untuk bagaimana bisa menghasilkan cuan.
Dan biasanya hadirnya agensi influnecer yang bertugas menghubungkan pengiklan dengan konten kreator. Atas jasanya ini mereka akan mendapat sejumlah fee sesuai kesepakatan.
Mereka ini pada umumnya mengelola puluhan hingga ratusan influencer. Begitu ada campign maka agensi ini bisa langsung bergerak.
3. TikTok Marketing
TikTik tak ubahnya media promosi digital seperti yang lain dimana proses promosi hingga marketing bisa dilakukan. Di sini pun ada yang namanya TikTok Ads untuk push konten agar menjangkau pengunjung yang lebih banyak dan tepat sasaran.
Kalau dulu mungkin orang biasa jualan di google, facebook dan instagram. Saat ini banyak brand telah beralih ke TikTok seiring jumlah pengunjung yang membludak.
Di sini pun pemilik brand bisa menarik laporan atau report sebagai bahan evaluasi. Dengan demikian perbaikan demi perbaikan pun bisa dilakukan.
4. Payout Coins atau Donasi
Belum lama ini jagat dunia maya heboh dengan adanya pengemis online. Di mana pemilik akan open donasi atas apa yang mereka lakukan.
Dalam kasus ini pemilik akun mengajak orang tua untuk mandi di bak terbuka dengan air kotor. Setiap ada yang donasi maka ia akan mengguyur dengan air tersebut.
Streaming ini pun sebenarnya ada di platform lain, hanya saja untuk TikTok bisa dilakukan realtime. Penonton akan memberikan sticker gift yang bisa ditukar dengan uang.
5. TikTok Manager
Diantara beberapa cara cari cuan dari TikTok tentu ini salah satu yang paling keren dan bergengsi. Di mana dalam kata TikTok disematkan kata manager.
Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh mereka yang miliki visi jangka panjang dan mampu diturunkan dalam kerja harian. Seperti kita tahu bahwa teknik marketing itu membutuhkan proses tidak serta merta langsung laku.
Tugas TikTok manager inilah yang akan mengelola TikTok untuk bisa terus tumbuh dan berkembang. Bukan hanya dari sisi jumlah pengikut semata tapi juga dari sisi kedekatan dengan pemilik akun atau brand.
6. Jualbeli Akun TikTok
Cara paling instan lainnya untuk mendapat penghasilan dari TikTok tentu saja jual beli akun. Pada umumnya mereka yang bisa meningkatkan jumlah pengunjung akan ternak akun untuk kemudian dijual.
Beruntung TikTok bisa ganti identitas dengan mudah dan cepat. Menjadi alternatif terbaik bagi sebuah brand untuk mendapat ‘kolam’ dengan waktu relatif cepat.
Terkadang mereka ini selain miliki metode khusus untuk naikin jumlah follower juga menggunakan bot. Meski tidak ramah karena rawan kecurangan tapi praktik ini masih banyak digunakan karena cukup banyak peminatnya.
Dan kamu bila sudah tahu ada beberapa alternatif atau cara cari cuan dari TikTok maka tinggal eksekusi. Pilih yang paling mudah dan miliki potensi keberhasilan yang tinggi.
Bila masih butuh asupan informasi maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke AshefaNews. Situs ini menyediakan banyak informasi menarik seputar teknologi dan berita menarik lainnya.
Setelah itu lakukan secara fokus dan konsisten. Bukan alasan lagi bila di rumah tetap bisa produktif dan menghasilkan bukan! Selamat mencoba cari cuan dari TikTok.