Belum lama ini (Kamis, 7 November 2024) Inspira Indonesia sukses menggelar pelatihan dengan tema Boost Your Sales; Teknik Membangun Konten Produk yang Menarik untuk UMKM. Kegiatan ini diikuti puluhan peserta dan mayoritas berasal dari komunitas Inspira Indonesia.
Dalam sambutannya, Tonni Candra selaku Founder dan Ketua Inspira Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk dukungan komunitas Inspira Indonesia kepada para pelaku UMKM di Jogja dan sekitarnya. Saat ini Inspira Indonesia telah memiliki ratusan anggota dan tersebar di Jogja Jawa Tengah.
Lebih lanjut Tonni mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar kegiatan serupa untuk mendampingi para pelaku UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dalam kegiatan ini pihaknya didukung bank BSI Syariah.
BSI Syariah sebagai salah satu bank terbaik nasional memiliki komitmen besar untuk membersamai UMKM. Hal ini terlihat dari adanya ruang atau space yang mereka sediakan.
Di UMKM Center pemilik usaha tidak saja hanya bisa belajar hal baru. Akan tetapi mereka juga bisa menitipkan produk untuk dipajang dan diakses oleh tamu yang berkunjung.
Dalam kesempatan ini Dessy Dwiputri M selaku Kepala Cabang BSI Syariah KCP Yogyakarta Ahmad Dahlan memberikan opening speech. Dalam sambutannya Dessy menjelaskan bahwa bank BSI Syariah bisa menjadi alternatif bagi UMKM untuk mendapat permodalan dengan bunga rendah.
Angka ini tak lepas dari penunjukan pemerintah kepada bank BSI untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat. Selain itu BSI menjadi tempat terbaik bagi mereka yang ingin menabung emas dan digunakan untuk persiapan haji dan umroh.
Rencananya setiap bulan Inspira Indonesia akan mengadakan 2 kali pelatihan BSI UMKM Center Yogyakarta yang ada di Jalan Doktor Sutomo, No 8, Baciro, Yogyakarta. Tema pelatihan pun cukup variatif sesuai dengan kebutuhan para pelaku UMKM.
Boost Your Sales; Teknik Membangun Konten Produk yang Menarik untuk UMKM
Untuk tema pertama dipilih adalah Boost Your Sales; Teknik Membangun Konten Produk yang Menarik untuk UMKM. Hal ini untuk memberi semangat kepada para pelaku UMKM tentang pentingnya proses pembuatan konten.
Konten yang menarik diharapkan bisa meningkatkan penjualan. Namun menurut, Joko Yugiyanto selaku narasumber mengatakan bahwa pihaknya belum bisa menyampaikan materi yang cukup teknis.
Materi pertama lebih fokus pada konsep dasar sales itu sendiri. Tujuannya untuk meyakinkan para pelaku UMKM bahwa saat ini memiliki produk yang berkualitas saja tidak cukup.
Sebuah produk untuk sampai di tangan pembeli butuh apa yang namanya proses. Dan proses ini adalah sesuatu yang harus dilalui, bila tidak maka hampir bisa dipastikan hasil tidak sesuai dengan harapan.
Memiliki latar belakang sebagai sarjana psikologi, bekerja sebagai part of human capital hampir 10 tahun, memiliki usaha di bidang jasa publikasi dan kini menjadi narasumber menjadikan materi begitu mudah dicerna. Bahkan hingga waktu berakhir pun pertanyaan tidak kunjung selesai.
Sebagai alternatif Inspira Indonesia akan menjadikan kegiatan ini sebagai series atau berkelanjutan. Kelak materi yang akan disampaikan lebih bersifat teknikal dan langsung memberi dampak pada usaha terutama dalam upaya mendongkrak penjualan.
Usai pelatihan beberapa peserta memberikan testimoni atas apa yang mereka dapatkan. Salah satunya disampaikan Asti Budi Sri Wahyuni selaku pemilik brand Damelanasto.
Perempuan yang biasa disapa Asti ini mengatakan bahwa bagi pelaku dan pemilik UMKM, di zaman yang serba digital ini sangat memerlukan tambahan ilmu yang berhubungan dengan digitalisasi. Dan materi yang disampaikan oleh narasumber tersebut sangat membantu sekali untuk strategi marketing penjualan produk.
Terutama dalam membangun konten yang menarik dan harapan nya untuk pelatihan-pelatihan mendatang ilmu yang disampaikan bisa langsung dipraktikkan selama pelatihan berlangsung.
Pendapat serupa disampaikan Laily Safrita pemilik Dapur Bunda Nai. Menurut ibu 2 anak ini sesi pelatihan yang diadakan Inspira bisa memberi pencerahan buat para pelaku UMKM yangg belum paham tentang media sosial dan cara promosi yang lebih update. Hanya saja durasi pelatihan UMKM dirasa kurang panjang.
Kedepan kalau bisa Inspira lebih banyak memberikan pelatihan-pelatihan yang bisa membantu UMKM lebih luas lagi. Dan kalau bisa pelatihan ada sertifikatnya.
Lebih Dekat dengan Inspira Indonesia
Bagi para pelaku UMKM di Jogja yang aktif belajar dan mencari informasi tentu tak asing dengan nama Inspira Indonesia. Bagaimana komunitas yang belum berusia 1 tahun ini memiliki anggota yang melimpah.
Tercatat saat ini sudah ada tak kurang dari 260 anggota dan tentu jumlah ini akan terus bertambah. Anggota yang bergabung pun dari lintas jenis usaha, mulai dari kuliner, fashion, craft, jasa dan masih banyak lagi.
Grup yang tak pernah sepi, dimana ada banyak diskusi didalamnya. Menjadi tempat terbaik bagi pelaku UMKM untuk terus belajar.
Berbagai informasi seputar pelatihan, pendampingan dan inkubasi bisa ditemukan. Menjadikan grup ini menjadi salah satu komunitas yang harus diikuti para pelaku UMKM di Jogja dan sekitarnya.