Cara Mudah Mengatasi Pipa Air Bocor

  • Whatsapp

Dalam kehidupan sehari-hari pipa air bocor bisa jadi satu hal yang tak terelakkan. Menjadi penting kemudian bagi semua orang untuk mengetahui cara mudah mengatasi pipa air bocor.

mengatasi pipa air bocor
arafuru.com

Paling penting untuk dipahami bahwa dalam setiap proses pemipaan dipastikan berjalan dengan sempurna. Hal ini bertujuan untuk mencegah pipa air rembes atau bocor.

Namun demikian bila memang begitu adanya maka perlu sejumlah langkah untuk memperbaiki. Selain itu untuk memastikan ke depan tidak lagi ada kasus pipa air bocor terulang kembali.

Penyebab dari kebocoran ini pun macam-macam. Mulai dari proses sambungan yang kurang baik, usia yang sudah tua atau tiba-tiba terjadi benturan / tekanan diatas rata-rata. Dalam rumah tangga ketiga hal itu bisa saja terjadi.

Bila pipa itu tidak tertanam sudah pasti akan lebih mudah dalam prosesnya. Lain cerita bila pipa itu tertutup tanah atau tembok.

Baca juga: 6 Ciri Pipa Air Terbaik untuk Hasil Terbaik

Langkah-langkah mengatasi pipa air bocor:

1. Telusuri Titik Kebocoran

Dalam beberapa kasus mungkin akan langsung kita temukan titik atau bagian mana yang bocor. Tapi bila memang tidak ditemukan dan terlihat rembes maka pelan-pelan silakan telusuri. Khusus pipa yang ditanam dalam tembok akan terlihat dari dinding yang basah.

2. Tutup Saluran Air dan Bongkar

Bila sudah ditemukan bagian mana yang bocor maka silakan matikan saluran air kemudian bongkar secukupnya. Gunakan palu dan bor untuk memudahkan proses pembongkaran ini.

3. Tambal atau Ganti

Setelah melihat kondisi pipa maka kita akan menentukan apakah akan ditambal atau harus diganti. Namun hemat saya pipa yang telah rembes atau bocor ada baiknya diganti karena bila ditambal dan ternyata tak sempurna akan jadi pekerjaan lagi.

4. Gunakan Pipa Air Terbaik

Sangat disarankan dalam urusan pemipaan untuk menggunakan pipa air terbaik. Apalagi pemasangannya ditanam di tanah atau di tembok karena akan menguras waktu, tenaga dan pastinya biaya.

Pipa air Rucika menjadi yang terbaik untuk semua kebutuhan pemipaan. Baik itu untuk rumah tangga maupun industri.

Selain karena kualitasnya yang memang diakui dunia banyak alasan kenapa harus Rucika. Dan Berikut kelebihan pipa air dengan pengalaman lebih dari 40 tahun membangun bangsa ini.

1. Mudah Digunakan

Meski kamu bukan tukang atau ahli dibidang pemipaanpun bisa menggunakan pipa ini. Hal ini menjadi mudah karena adanya sambungan pipa yang melimpah sehingga tinggal colok. Jangan lupa gunakan Lem RUGlue untuk memastikan hasil terbaik.

2. Banyak Pilihan dan Ukuran

Kamu butuh pipa ukuran berapapun tak menjadi masalah. Kini tersedia berbagai ukuran mulai daru 0.5” hingga 12”. Selain ukuran yang bervariasi juga tersedia pipa untuk tekanan tinggi (tipe AW) dan pipa untuk tekanan sedang (tipe D) tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

3. Bebas Korosi

Bila sayang keluarga maka sangat disarankan hanya menggunakan pipa bebas korosi. Salah satu yang sangat direkomendasikan adalah uPVC (unplasticized Polyvinyl Chloride).

4. Ramah Lingkungan

Isu global warming sudah didengungkan sejak beberapa tahun lalu. Dan kita pun harus ikut ambil bagian hanya menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sama halnya untuk urusan pipa juga harus memperhatikan faktor ini.

5. Paling Awet

Diantara produk sejenis, pipa air Rucika terbukti paling awet. Terlebih bila kamu tanam di tembok atau tanah dan tidak ingin ada masalah serupa untuk jangka panjang.

6. Aksesoris Melimpah

Dukungan pipa ini tak tanggung-tanggung, hal ini dibuktikan dengan adanya ratusan tipe sambungan pipa. Hal ini pastinya memanjakan saat pengerjaan di rumah meski bukan oleh mereka yang pengalaman.

7. Multifungsi

Pipa ini tak hanya difungsikan untuk saluran air saja. Tapi kamu juga bisa memanfaatkan untuk mengamankan kabel listrik dalam instalasi rumah tangga. Tak perlu khawatir bila di rumah banyak tikus dan sering menggigit kabel.

Bila sudah tahu berbagai kelebihan pipa air diatas masihkan akan coba yang lain. Siap-siap saja masalah lama terulang kembali.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *