5 Tips Berkendara Agar Sampai Tujuan dengan Aman

  • Whatsapp

Berkendara akan terasa lebih nyaman apabila setiap pengendara mematuhi peraturan lalu lintas serta menerapkan tips berkendara aman. Cara ini dapat menurunkan resiko terjadinya peningkatan angka kecelakaan sekaligus menekan angka kematian.

tips berkendara aman
tribunnews.com

Oleh sebab itu, setiap pengendara wajib memperhatikan tips berikut agar selamat sampai di tujuan.

1. Memeriksa Kendaraan Secara Berkala

Kendaraan serupa dengan tubuh manusia, dimana setiap komponennya perlu mendapatkan perawatan dan check up secara rutin untuk menekan terjadinya kerusakan dini. Anda bisa melakukan pemeriksaan secara mandiri atau datang ke tempat servis terpercaya sebagai alternatifnya.

Biasakan untuk memberikan perawatan sebelum terjadi permasalahan di jalanan. Jika ditemukan kerusakan pada salah satu komponen kendaraan, otomatis mengganggu seluruh kinerja mesinnya.

Kondisi ini tidak hanya membahayakan seluruh penumpang dalam kendaraan tersebut. Namun juga pengendara lainnya yang lokasinya berdekatan dengan Anda.

Inilah alasan mengapa penting untuk memeriksa setiap komponen kendaraan sebelum bepergian.

2. Menjaga Jarak Aman

Memberikan jarak aman adalah salah satu tips berkendara aman yang wajib diterapkan. Cara ini dapat menurunkan resiko terjadinya kecelakaan beruntun, akibat terjadinya tabrakan antara dua atau bahkan lebih kendaraan akibat jarak yang terlalu berdekatan.

Memberikan jarak antar kendaraan membantu Anda melakukan pengereman disaat mendadak. Selain memberikan jarak aman, tentu saja kecepatan kendaraan juga mempengaruhi faktor tabrakan beruntun.

Saat jalanan sedang padat, otomatis pengendara diminta lebih bersabar hingga menunggu gilirannya. Jangan biasakan ngebut atau memotong jalur kendaraan lain, karena kondisi ini justru memperparah kondisi kemacetan karena tidak ditemukan jarak sedikitpun.

3. Hindari Distraksi

Pengemudi tentunya pernah mengalami distraksi hingga mengakibatkan kesulitan berkonsentrasi selama berkendara. Entah karena suara kendaraan lain yang terlalu berisik, adanya pengendara ugal ugalan, makan atau minum selama berkendara, mengecek jalur kendaraan, mengganti saluran radio, atau bahkan terlalu asyik mengobrol.

Serasa melakukan pekerjaan multitasking, daya konsentrasi untuk mengatur laju kendaraan menjadi terpecah belah. Oleh sebab itu, pengendara dianjurkan menahan aktivitas multitasking selama kendaraan masih melaju kencang.

Dalam kendaraan darurat, silahkan tepikan kendaraan terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan kembali sebagai tips berkendara aman.

4. Tetap Waspada

Selama mengemudikan kendaraan, Anda diwajibkan untuk tetap waspada agar menekan risiko kecelakaan tunggal atau bahkan beruntun. Anda juga perlu mengarahkan pandangan jauh ke depan, sebagai langkah antisipasi sekaligus memperkirakan kecepatan dan jarak aman antar pengendara agar tidak terjadi tabrakan.

Cara ini cukup efektif untuk menekan jumlah angka kecelakaan lalu lintas, terutama jika pengendara belum pernah melalui jalur itu sebelumnya. Sebab pengendara yang belum hafal jalur tersebut, tentunya tidak mengetahui adanya jalan berlubang atau berpasir yang dapat membahayakan dirinya beserta penumpang kendaraan.

5. Tidak Bermain Smartphone Selama di Perjalanan

Selama berkendara, hentikanlah keinginan untuk mengecek atau bahkan bermain smartphone sementara. Sebab kondisi ini dapat menghilangkan daya konsentrasi dalam beberapa detik ke depan.

Sedangkan di sisi lain, pengendara lainnya tengah melaju kencang hingga tabrakan pun tidak bisa dihindarkan. Perlu diketahui kini sudah ada larangan penggunaan smartphone disaat mengemudi yang telah tercantum dalam UU No. 22 Tahun 2009.

Dalam peraturan tersebut disebutkan bahwa pengemudi wajib berkendara dengan penuh konsentrasi demi meningkatkan keselamatan dan kenyamanan bersama. Terapkan tips berkendara aman satu ini sekarang juga, karena ada keluarga menunggu di rumah.

Itulah beberapa tips yang wajib diterapkan sebelum mengoperasikan kendaraan pribadi Anda. Sayangnya masih banyak pengendara yang menyepelekan beberapa tips di atas.

Akibat kecerobohan dan sikap abai tersebut, alhasil angka kecelakaan lalu lintas kian bertambah. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, tampaknya penting menerapkannya sekarang juga.

Selalu fokus dan berhati-hati ketika berkendara. Selain itu pastikan anda beserta kendaraan telah tercover asuransi. Jika bingung memilih, Kunjungi Garda Oto untuk mendapatkan referensi asuransi kendaraan yang sesuai dengan anda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *