Cara Mudah Bernegoisasi Ketika Sewa Apartemen

Sama dengan belanja barang di pasar tradisional, sewa apartemen pun butuh keahlian bernegoisasi loh sehingga Anda akan mendapat harga sewa yang murah. Tentu cara negosiasi harga sewa apartemen ini akan jauh berbeda, karena Anda tidak bisa seenaknya ketika menawar harga sewa.

sewa apartemen
gambar-rumah.com

Jelas, apartemen sendiri tergolong sebagai hunian mewah dan tidak sembarangan Anda bisa meminta harga sangat murah ketika ingin menyewanya.

Biasanya, untuk mengajukan penawaran harga tentu Anda harus lebih dulu melakukan riset seperti cek lokasi, fasilitas apartemen yang akan didapatkan dan juga review tentang apartemen tersebut. Yuks ah, kita bahas mengenai cara bernegosiasi tersebut.

Lakukan Riset

Lakukan riset sedini mungkin, jika perlu sediakan waktu minimal 1 bulan (paling lama) untuk dapatkan semua informasi mengenai apartemen tersebut. Adapun tips dalam melakukan riset ini:
• Kapan penawaran sewa ini habis, dan pikirkan juga kapan Anda akan pindah dari tempat tinggal sebelumnya.

• Jangan terlalu cepat mengambil keputusan, tapi negoisasinya juga terlalu buru-buru yah. Karena faktor ini akan mmebuat Anda bisa stress loh.

• Siapkan diri Anda dan juga informasi secara lengkap sebelum melakukan negoisasi, sehingga posisi Anda nanti akan lebih kuat.

Cari dan pertimbangkan waktu negosiasi yang tepat

Memilih waktu yang tepat juga akan menentukan proses nego ini loh. Jangan pernah melakukan nego di awal bulan, karena biasanya pemilik apartemen akan sulit diajak untuk ketemuan dan bernegoisasi karena yakin bahwa apartemennya banyak dicari. Beberapa hal yang mesti diperhatikan:

• Proses nego bisa dilakukan pada akhir bulan karena si pemilik unit apartemen yang disewakan cenderung lebih fleksibel dan tidak ingin membuat apartemen tersebut kosong hingaa berbulan-bulan.

• Jika lokasi apartemen berada dekat dengan kampus, jangan pilih waktu untuk negoisasi sebelum semester baru dimulai. Karena ini merupakan waktu sibuk para mahasiswa mencari apartemen yang disewakan.

• Banyak informasi menyatakan bahwa periode orang pinah itu antara bulan Mei dan September setiap tahunnya. Nah, manfaatkan akhir tahun untuk mencari apartemen yang disewakan dan bisa jadi harganya bisa lebih murah.

Mau dapet harga sewa yang murah, maka setidaknya perhatikan 2 poin di atas! Semoga ini bisa membantu Anda menemukan apartemen yang diinginkan.

Pos terkait