Catat! Ini 7 Tips Penting Berhasil Memperoleh Beasiswa

Apa rahasia berhasil mendapatkan beasiswa? Bagi kamu si pemburu beasiswa pasti penasaran bagaimana caranya berhasil lolos.

Tips Penting Berhasil Memperoleh Beasiswa
pixabay.com

Apalagi jika memiliki impian untuk kuliah di luar negeri. Layaknya melamar pekerjaan, kamu harus mempersiapkan curriculum vitae (CV) yang bagus. 

Seperti apakah cv terbaik untuk mendaftar beasiswa, kamu bisa jelajahi situs ini untuk tahu format dan tips membuatnya. Karena cv untuk beasiswa dan melamar pekerjaan sangatlah berbeda.

Selain cv, apalagi yang harus kamu lakukan agar bisa mendapatkan beasiswa? Yuk langsung saja cek tipsnya. 

7 Tips Penting Memperoleh Beasiswa 

Jenis-jenis beasiswa ada begitu banyak, mulai dari beasiswa penuh, parsial, dari swasta atau pemerintah dll. Semua jenis beasiswa ini kurang lebih memiliki persyaratan yang tidak jauh berbeda.

Mulai dari cv, motivation letter, transkrip nilai yang mumpuni dari pendidikan sebelumnya sampai hasil tes TOEFL atau IELTS. Usai memenuhi syarat administrasi dan lolos, kamu akan melanjutkan ke proses wawancara.

Disinilah motivasi kamu akan dites apakah sesuai dengan kriteria penerima beasiswa yang telah ditentukan. Baru jika berhasil kamu akan langsung memperoleh beasiswa dan dikirim ke rekening. 

Prosesnya sekilas terlihat mudah, namun kamu harus bisa menjadi yang terpilih diantara banyaknya pelamar. Supaya bisa lolos, beberapa tips berikut akan sangat membantu. 

  • Mendaftar Lebih dari Satu Beasiswa 

Rutinlah dalam mencari informasi mengenai beasiswa yang tersedia, baik dalam dan luar negeri. Sangat mudah menemukan informasinya dengan mengunjungi situs resmi penyelenggara atau universitas yang bersangkutan. 

Sebaiknya daftar lebih dari satu jenis beasiswa, karena semakin banyak kemungkinan lolos pun lebih tinggi. Jangan lupa sesuaikan jenis beasiswa ini dengan jurusan kuliah yang hendak diambil. 

  • Mengecek Berkas Sebelum Dikirim 

Sampai sekarang masih banyak yang salah atau kurang pada saat pengumpulan berkas. Apabila belum ada informasi dari beasiswa, cek apakah syarat dari beasiswa tahun-tahun sebelumnya.

Beberapa dokumen seperti tes TOEFL tidak bisa diperoleh langsung dalam hitungan hari, yang artinya harus dipersiapkan lebih lama. Pada saat dokumen dirasa sudah terkumpul, sebelum mengirim cek ulang.

Jangan sampai ada data kurang atau salah dicantumkan. Seperti data yang diisi dalam formulir pendaftaran beasiswa. 

  • Melatih Kemampuan Berbicara 

Mengasah kemampuan berbicara menjadi satu bagian yang sangat penting. Jangan sampai kamu tidak mempersiapkan diri ketika harus mengikuti wawancara. Jadi akan lebih baik untuk mengikuti kursus public speaking atau kursus wawancara. 

Cari tahu apa saja pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan dan latih kemampuan menjawab dengan maksimal. Terutama berbicara dalam bahasa Inggris karena biasanya keterampilan yang satu ini akan diuji. 

  • Membuat Motivation Letter yang Menarik 

Pertimbangan selanjutnya dalam penerimaan beasiswa adalah surat motivasi. Alasan mengapa kamu memilih universitas dan jurusan, apa rencana usai lulus dan masih banyak lagi. Penulisan harus disertai dengan fakta bahwa kamu berkeinginan besar menekuni atau belajar di bidang tersebut. 

Adanya dasar kuat untuk mempelajari ilmu tertentu akan jadi bahan pertimbangan yang besar. Kemungkinan lolos memperoleh beasiswa pun sangat tinggi. 

  • Meminta Surat Rekomendasi Dosen 

Surat rekomendasi juga jadi syarat penting yang harus dipenuhi. Mintalah dosen untuk memberikan surat rekomendasi, pilih dosen sesuai dengan jurusan yang diambil.

Oleh karena itu sangat penting untuk membangun hubungan baik dengan dosen. Tanpa surat rekomendasi kemungkinan untuk memperoleh beasiswa semakin kecil. Usahakah agar dosen yang memberikan surat rekomendasi ini memberikan informasi yang baik tentang kemampuanmu dan minat. 

  • Meningkatkan Kemampuan Diri 

Kamu yang bercita-cita untuk kuliah di luar negeri, harus bisa mengasah kemampuan diri secara optimal. Belajar banyak hal baik yang berhubungan dengan jurusan atau tidak tentu sangat diperlukan.

Namun tetap perbanyak pengetahuan umum dan juga bahasa. Banyaknya prestasi yang diperoleh akan menentukan apakah kamu bisa berhasil mendapatkan beasiswa.

Coba perhatikan mahasiswa yang berhasil mendapat beasiswa, apa saja deretan prestasi yang pernah diraih? Contohlah hal positif ini akan meningkatkan potensi menerima beasiswa. 

  • Belajar untuk Tes Tertulis

Beberapa jenis beasiswa seperti LPDP mengharuskan semua peserta yang mendaftar untuk mengikuti tes tertulis. Tes ini bisa berupa menulis esai, Tes Potensi Akademik (TPA) dan psikotes.

Semua tes ini harus lulus agar bisa lanjut ke tes wawancara. Banyak yang gagal dalam tes tertulis karena kurangnya persiapan diri.

Padahal semakin dini belajar maka untuk bisa lolos tes tertulis hanya masalah waktu saja. Pintarlah dalam membagi waktu belajar, kurangi bermain dan pilih materi belajar yang benar. 

Semakin rajin belajar maka tes tertulis beasiswa tidak akan terasa terlalu sulit. Ingat bahwa pesaing untuk mendapatkan beasiswa yang sama tidak sedikit.

Kamu harus mempersiapkan diri dengan benar agar semua tes bisa dilalui dengan baik. Bersabar dan terus berusaha juga menjadi kunci penting untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Jika saat ini kamu belum bisa lolos, masih banyak kesempatan setiap tahunnya yang bisa diraih. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.