Faktor Penentu Harga Mata Uang Kripto

Kripto hingga kini masih cukup diminati dan wajar saja kemudian banyak orang untuk mencari tahu harga mata uang kripto. Tujuannya sudah pasti, bagi mereka yang sudah terbiasa investasi bidang ini bisa mengambil keputusan.

harga mata uang kripto
euronews.com

Dalam praktiknya, mungkin kita akan sangat familiar dengan apa yang namanya bitcoin. Namun berbicara tentang aset kripto ternyata masih ada mata uang sejenis yang dikenal dengan litecoin.

Dikutip dari laman Investopedia, Litecoin adalah mata uang kripto terbesar ke-14 saat ini. Menjadi salah satu mata uang virtual peer-to-peer (P2P) yang didirikan pada 2011. Sosok dibalik litecoin ini adalah mantan insinyur Google, Charlie Lee. 

Salah satu kelebihan Litecoin sebagai alat pembayaran virtual ada pada pembayaran instan dengan biaya mendekati 0% dan berlaku di seluruh dunia. Kelebihan lain dari litecoin ini ada pada algoritma digunakan, yang mana menggunakan Scrypt yang diklaim lebih baik daripada algoritma bitcoin yang menggunakan SHA-256. 

Ada banyak faktor yang akan mempengaruhi naik turunnya kripto. Selain faktor internal tentu ada pula faktor eksternal.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Mata Uang Kripto

bitcoin uang kripto
istockphoto.com

Setidaknya ada beberapa hal yang akan mempengaruhi harga atau nilai sebuah mata uang kripto. Dan berikut diantaranya:

1. Kebijakan Moneter dan Tokenomics

Faktor pertama yang sangat mempengaruhi harga kripto tentu saja kebijakan moneter dan tokenomics. Regulasi yang ada akan menentukan apakah kripto diterima satu negara atau tidak. Secara tidak langsung akan mempengaruhi tingkat ketersediaan aset kripto.

Selanjutnya ada tokenomics atau seberapa besar dampak terhadap investor. Bila dinilai menguntungkan tentu jumlahnya akan semakin banyak.

2. Ongkos Produksi

Seperti pada umumnya, di mana satu produk tidak hadir begitu saja. Apapun proses dan bentuknya ada yang namanya produksi. Pun demikian dalam kripto ini, di mana di dalamnya pun terdapat apa yang namanya ongkos produksi.

Bila dalam sebuah bisnis ada yang namanya ongkos produksi, maka dalam kripto pun demikian. Kegiatan penambangan menjadi satu istilah yang paling populer dalam dunia kripto.

Ongkos atau biaya tersebut bisa jadi untuk pengadaan satu set komputer dengan spek tinggi. Selain itu juga butuh listrik dengan daya besar dalam jangka panjang.

3. Permintaan Terhadap Teknologi Blockchain

Faktor lain yang akan berpengaruh dalam dunia kripto tentu saja ada permintaan pasar. Khususnya permintaan terhadap teknologi blockchain.

Perlu diketahui dan pahami bahwa penggunaan blockchain dibayar dengan kripto. Dengan demikian semakin tinggi permintaan penggunaan blockchain maka harganya pun akan ikut naik.

4. Adopsi dari Investor Ritel dan Institusi

Semakin banyak pihak menggunakan koin sebagai alat pembayaran maka secara tidak langsung akan diikuti dengan kenaikan harga. Terlebih saat ini mata uang tak kasat mata ini bisa digunakan hingga transaksi yang sifatnya retail.

Banyaknya jumlah pengguna yang ada dan nilai yang digunakan maka akan diikuti pula dengan harga yang harus dikeluarkan. Meski di negara kita belum begitu gencar penggunaan kripto sebagai alat pembayaran yang sah tapi di luar negeri transaksi menggunakan kripto bisa jadi sesuatu yang lumrah.

5. Inflasi Mata Uang Fiat

Menjadi menarik kemudian bila ternyata mata uang kripto juga terpengaruh dengan adanya inflasi mata uang fiat atau yang dikeluarkan pemerintah secara resmi. Hal ini dimungkinkan karena karakteristik pasokan uang pemerintah dengan kripto bertolak belakang.

Mata uang kripto hingga saat ini persediaannya terbatas. Sementara itu mata uang fiat jumlahnya tidak terbatas dan semakin banyak.

6. Regulasi Pemerintah

Regulasi pemerintah setempat pun akan mempengaruhi keberadaan aset kripto. Pemerintah dalam setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda.

Alhasil keberadaan kripto dalam tiap negara pun berbeda-beda. Kebijakan ini juga akan mempengaruhi pajak dikenakan untuk setiap transaksi dan begitu besar maka pengguna pun akan berpikir ulang.

7. Momentum

Banyak hal tak terduga terjadi sebagai akibat dari adanya momentum. Pun demikian dengan pergerakan harga kripto yang tidak bisa ditebak bisa jadi karena hal ini.

Sebagai contoh paling mudah, beberapa waktu lalu kita temukan harga yang naik drastis. Dan tidak lama kemudian anjlok.

Hal ini bisa juga dimungkinkan adanya spekulasi. Di mana para trader ritel, investor, institusi, hingga lembaga pengelola investasi global (hedge fund) memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait kondisi pasar.

Tempat Beli Kripto Terbaik

Setelah mengetahui beberapa faktor yang akan memengaruhi harga kripto maka saatnya untuk investasi. Salah satu tempat terbaik untuk membeli aset kripto tentu saja di Indodax.

Di mana tempat jual beli kripto ini telah diakui pemerintah dan telah mendapat izin resmi. Dengan demikian kita tidak perlu takut berada di jalur luar hukum atau aturan yang berlaku karena mereka telah sesuai regulasi pemerintah.

Beberapa kelebihan layanan Indodax mulai dari mudahnya beli aset kripto melalui bank lokal. Tidak perlu buka rekening atau akun lainnya, cukup gunakan rekening yang digunakan sehari-hari.

Pun demikian saat ingin jual aset kripto pengguna juga sangat dimudahkan dengan adanya konversi ke rupiah secara instan. Bisa dilakukan 1×24 jam sehingga kapanpun dimanapun proses jual beli bisa dilakukan.

Kelebihan lain yang ditawarkan dari Indodax ini adalah biaya trading dan persentase penarikan mulai dari 0 persen atau gratis. Jadi dengan segala kelebihan diatas tentu tidak ada alasan untuk tidak menggunakan platform Indodax sebagai tempat investasi kripto.

Ingin tahu lebih banyak tentang kripto dan Indodax, silakan berkunjung ke kanal edukasi Indodax Academy. Di sini banyak hal bisa dipelajari mulai dari dasar-dasar investasi hingga berbagai cara mendapat keuntungan dari aset kripto.

Selain memiliki mobile apps mereka juga memiliki website resmi yang menjadi bagian dari Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan