Festival Siti Nurbaya 2016 : Sarana Menjaga Eksistensi Kearifan Lokal Tanah Minang

  • Whatsapp

Festival Siti Nurbaya 2016 bisa menjadi ‘jujugan’ bagi kamu yang ingin liburan di Kota Padang. Agenda tahunan ini akan digelar mulai tanggal 7 hingga 10 September 2016.

festivalsitinurbaya.com
festivalsitinurbaya.com

Tahun ini pihak panitia menjamin bila event kali ini akan lebih baik dari tahun sebelumnya. Selain menjadi event untuk kali ke-6, Festival Siti Nurbaya kali juga menggandeng berbagai komunitas yang tumbuh di Kota Padang.

Tak cukup disitu, panitia juga akan menggelar lomba Maelo Pukek. Pertandingan menarik jala ini adalah tradisi turun temurun warga Padang dalam menangkap ikan dengan mengandalkan jaring.

Tak kalah penting adalah adanya promosi yang telah digelar jauh-jauh hari. Sosial media menjadi ujung tombak dalam rangka memperkenalkan Festival Siti Nurbaya.

Beberapa agenda menarik yang tidak bisa ditinggalkan antara lain adalah pembukaan Festival Siti Nurbaya yang akan digelar di Tugu Perdamainan, Taman Muaro Lasak. Kemeriahan acara dipastikan menjadi sesuatu yang utama untuk suguhan para tamu.

Layaknya festival pada umumnya dimana Karnaval dan Perahu Hias akan memenuhi sepanjang jalan. Pada hari yang sama hingga akhir acara akan digelar berbagai pertandingan asli dari tanah minang.

Aneka lomba tersebut antara lain Salaju Sampan, Maelo Pukek, Panjat Pinang, aneka permainan Anak Nagari mulai dari Enggrang, Sepak Rago, Tarompah dan Tampuruang. Selain itu masih ada aneka lomba lain yang sangat sayang kalau dilewatkan.

Di penghujung acara akan digelar panggung hiburan dan pentas seni. Lokasi yang dipilih masih sama yakni di Taman Muaro Lasak (Tugu Perdamaian.)

Selain menikmati gelaran festival yang mayoritas berisi suguhan seni budaya jangan lewatkan aneka kuliner yang ada. Seperti yang diketahui bahwa Padang adalah gudangnya rendang dan aneka menu berbahan santan atau gulai.

Masih ada suguhan keindahan alam yang siap memanjakan para wisatwan. Wisata pantai dengan segala hiruk pikuknya tentu akan memberi pengalaman yang berbeda.

Sangat disaranakan manakala berkunjung ke Padang untuk mencoba aneka kegiatan seni budaya tradisional. Dan salah satunya adalah maelo pukek atau menarik jaring.

Perihal akomodasi dan penginapan jangan pernah kuatir. Basecamp Kabau Sirah ini menyediakan tempat bermalam dengan aneka pilihan. Mulai untuk mereka yang berkoper atau backpacker juga ada.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *