Solo Miliki Game Working Space Menjadi yang Pertama di Tanah Air

Warga solo patut berbangga dengan hadirnya Game Working Space yang ada di Solo Tecknopark. Bukan hanya karena menjadi yang pertama dan bisa jadi satu-satunya di tanah air. Namun lebih dari itu tempat ini seolah akan menjadi tempat lahirnya game handal tanah air.

game working space
kanaljogja.id

Siapapun yang masuk Game Working Space ini tentu akan takjub. Di mana ada satu gedung terintegrasi yang fokus pada pengembangan industri game.

Bukan lagi hanya sebatas tempat anak muda bermain game semata. Lebih dari itu mereka disiapkan untuk menjadi seorang kreator game tanah air.

Gedung 2 lantai dengan dominasi warna biru tersebut diresmikan oleh Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Mantan pengusaha kuliner tersebut optimistis dari tempat ini akan membuka kesempatan bagi para talenta muda, khususnya mereka yang tertarik dalam industri game online.

Tempat ini juga hadir berkat keras sama apik ICE Institute dan Acer Indonesia melalui Program mikro-kredensial Game Developer. Tempat yang akan menjadi Pusat Pengembangan Teknologi dan Pembelajaran Game Pertama di tanah air.

Tak hanya itu saja, di tempat ini juga diharapkan menjadi pusat unggulan teknologi game. Menjadi penunjang dalam pengembangan ekosistem game secara keseluruhan dari hulu ke hilir. Selanjutnya kelak akan berkontribusi aktif dan signifikan untuk kemajuan industri game nasional.

Baca juga: Coworking Space Jogja Hadirkan Layout Ramah Difabel

Mengenal Apa Itu Game Working Space

predator gaming
kanaljogja.id

Mungkin kita sangat familiar dengan istilah coworking space atau satu tempat yang bisa digunakan untuk bekerja bersama-sama. Apapun latar belakang kita bisa menikmati tempat ini untuk membuat atau menyelesaikan tugas.

Selanjutnya begitu kita mendengar Game Working Space secara sederhana bisa kita artikan sebagai satu tempat yang dibuat khusus untuk men-develop game. Bukan hanya menyediakan tempat saja tapi sarana dan prasarana yang ada pun mumpuni.

Setidaknya bila kita masuk dalam working space ini akan ketemu beberapa area. Mulai dari tempat nyaman untuk diskusi, tempat untuk produksi, ujicoba game hingga panggung untuk unjuk kebolehan.

Di tempat produksi pun ada papan 2 papan tulis besar yang bisa digunakan untuk membahas langkah dan strategi yang akan diambil. Berbagai kendala pun akan mudah dikumpulkan untuk kemudian dicari solusi bersama-sama.

Adanya Game Working Space ini pun memberi rasa optimistis bagi semua pihak. Indonesia kini bukan lagi hanya menjadi seorang gamer semata. Lebih dari itu ada anak bangsa yang sukses menciptakan game berkualitas dengan tetap memperhatikan kearifan lokal yang ada.

Sinergi ICE Institute dan ACER Indonesia

Dua pihak yang paling berjasa terwujudkan area representatif ini tentu saja ICE Institute dan ACER Indonesia. ICE Institute sendiri adalah kependekan dari Indonesia Cyber Education Institute.

ICE Institute juga dapat dikatakan sebagai lokapasar digital untuk matakuliah pilihan atau tambahan di perguruan tinggi. Mereka ingin memfasilitasi mahasiswa yang ingin mendapat pembelajaran jarak jauh yang lebih efektif dan berkualitas.

Berdiri sejak 28 Juli 2021 di bawah naungan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Setidaknya ada 13 perguruan tinggi dan 1 asosiasi yang terlibat sejak awal dan mereka adalah Universitas Terbuka (UT), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Bina Nusantara (Binus), Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), Universitas Pradita, Universitas Telkom, serta Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Sementara itu mungkin kita lebih banyak mengenal ACER sebagai salah satu produsen laptop terbesar di tanah air. Tak hanya itu saja tapi mereka juga berkomitmen untuk mendukung adanya ekosistem yang sehat untuk terciptanya developer game lokal.

Satu produk unggulan ACER dibidang game tentu saja dengan hadirnya Predator Gaming. Memberi pengalaman terbaik bagi mereka yang ingin bermain game tanpa jeda.

Jangan kaget kemudian bila PC yang ada di Game Working Space ini menggunakan produk ACER di level tinggi. Logo Predator Gaming pun begitu mudah ditemukan dan menginspirasi siapa saja bahwa mereka untuk bisa menuju ke arah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan