Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua Ketika Anak Mulai Ingin Berpacaran

Masa puber merupakan masa di mana seseorang mulai menyukai lawan jenis. Rasa ini wajar. Ketika anak memasuki usia pubertas, biasanya anak mulai ingin berpacaran.

kalsel.prokal.co
kalsel.prokal.co

Banyak orang tua merasa bingung apa yang sebaiknya dilakukan. Ingin melarang, takut jika anak semakin memberontak. Ingin mengijinkan, namun takut akan resiko-resiko yang mungkin terjadi.

Sebaiknya, kamu memposisikan dirimu sebagai sahabatnya ketika anak mulai berpacaran. Jangan katakan “boleh” atau “jangan”.

Cobalah untuk membiarkan sang anak menjalani masa pubertasnya dengan normal. Kamu hanya perlu berada di sampingnya berperan sebagai sahabat. Di sini, kamu bisa memantau setiap apa yang dia lakukan.

Sebelum anak mulai berpacaran, cobalah kamu membekalinya dengan beberapa hal di bawah ini:

Mengatur usia kencan

Aturlah usia anak berkencan dengan lawan jenisnya. Kamu harus memberi tahu mengenai batasan umur kapan dia boleh berkencan. Mengatur usia kencan sangat baik dilakukan.

Misalnya saja kamu member batasan kencan di usia 17 tahun. Lalu, ketika anak meminta batasan usia yang lebih muda, jangan langsung memarahinya. Cobalah beri dia pengertian secara halus mengenai alasanmu.

Hormati perasaan anak

Anak akan mulai merasa menyukai lawan jenis sebelum usianya 16 tahun. Sebenarnya hal ini sangat wajar. Jadi, sebagai orang tua janganlah memarahinya.

Kamu harus bisa menghormati perasaan anak. Dampingi dia dengan membantunya bersikap baik pada orang yang ditaksir. Jangan mencemooh mengenai apa yang dia rasakan.

Jujur kepada anak

Beritahu anak mengenai bahaya kencan. Kamu harus mengajarinya bagaimana cara melindungi diri dari kasih sayang yang dapat mengakibatkan seks bebas.

Dalam hal ini, pendidikan akan seks sangat penting diberikan agar anak memahami bahwa seks bebas sangat dilarang karena bisa menyebabkan kerusakan fisik.

Misalnya mengalami kanker, gangguan reproduksi, HIV aids, dan sebagainya.  Berikan pengertian bahwa seks hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah menikah.

Beri wawasan batas berpacaran

Jangan menganggap tabu untuk berbicara mengenai batasan berpacaran. Kamu harus memberitahunya untuk tidak melakukan pelukan atau ciuman. Tindakan itu sangat dilarang karena bisa mendorong melakukan hubungan intim.

Demikianlah informasi mengenai apa yang harus dilakukan oleh orang tua ketika anak mulai ingin berpacaran.

 

Pos terkait