Inilah Beberapa Fitur yang Tidak Diketahui tentang Google Assistant

Google nampaknya mengetahui jika banyak orang-orang masih bergantung pada mereka. Hal itu dapat dibuktikan dari produk-produk baru yang dibuat oleh google dan salah satunya Google Assistant.

google asistant
kanaljogja.id

Fitur Google yang satu ini memang semakin mempermudah pekerjaan siapa saja. Terlebih saat ini hampir semua pekerjaan beralih ke digital.

Saat ini semua orang senang dengan datangnya fitur satu ini. Lalu apa sih artinya dan fungsi dari Google Assistant sendiri?

Apa sih Google Assistant itu?

Google memang sudah menjadi perangkat search engine yang tidak ada saingannya. Apa pun yang belum diketahui, pasti akan dicari melalui google.

Perusahaan besar Google terus mengembangkan fitur-fiturnya. Hingga muncullah Google Assistant yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai asisten virtual yang berbasis suara.

Sebelumnya google juga mengeluarkan fitur yang hampir mirip dengan Google Assistant yakni Google now. Google now memberikan informasi pada pengguna tanpa bertanya terlebih dulu dan cukup mengaktifkan fitur yang ada.

Sementara itu fitur ini bekerja layaknya seorang asistant cerdas. Di mana ia akan memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang ada.

Baca juga: Stop Panik, Beginilah Cara Mencari HP yang Hilang

Banyak Hal Luar Biasa Bisa Dilakukan

Perlu diketagui Google Assistant online memiliki banyak fungsi. Mulai dari memutar lagu, video, dan bahkan bisa mengatur alarm melalui suara saja.

Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa fungsi Assistant Google:

1. Menerjemahkan Berbagai Bahasa

Bahasa memang menjadi hal yang paling utama dalam berkomunikasi. Dalam urusan bisnis atau kepentingan yang lain, bahasa Indonesia hingga bahasa asing pun sering digunakan.

Jika pengguna tiba-tiba menemukan bahasa asing ketika mengerjakan sesuatu, maka tidak perlu lagi bingung saat hendak menerjemahkannya. Dengan Google Assistant, maka semua bahasa bisa diterjemahkan dengan baik.

Mulai dari bahasa Inggris hingga bahasa Perancis. Dengan menyebutkan kata kunci atau kalimat yang ingin diterjemahkan, maka pengguna akan mendapatkan terjemahan dari bahasa tersebut. Menyenangkan bukan?

Selain untuk pekerjaan, produk google ini juga berguna ketika pergi ke luar negeri. Untuk menerjemahkan bahasa di negeri tersebut tentunya inginkan waktu yang cepat dalam prosesnya.

Jika mengetik pada aplikasi browser tentu akan memakan waktu yang lama. Solusi yang tepat untuk semua itu ya hanya Google Assistant.

2. Memutar Musik dengan Banyak Pilihan

Sebelum adanya internet, mendengarkan musik tidak semudah sekarang. Masih ingat bagaimana harus mengisi lagu terlebih dulu ke konter untuk bisa mendengarkan musik atau lagu kesukaan.

Namun kini setelah internet berkembang pesat, semuanya terasa amat mudah. Hanya dengan membuka YouTube atau aplikasi musik lainnya, langsung bisa mendengarkan.

Apalagi saat ini sudah tersedia Google Assistant. Mendengarkan musik semakin dipermudah. Tidak perlu menghafal judul lagu yang ingin didengarkan.

Hanya dengan menekan fitur Google Assistant lalu mendekatkan smartphone pada lagu yang didengarkan, maka secara otomatis lagu yang dimaksud akan muncul sendiri.

Hal ini bisa menjadi solusi ketika hendak mendengarkan lagu yang diputar di tempat-tempat umum. Terutama lagu baru yang tidak diketahui bisa langsung tahu saat itu juga.

3. Memutar Video YouTube tanpa Perlu Membuka Aplikasinya

YouTube memang sudah menyerupa seperti sesuatu yang membuat candu. Karena para konten kreator terus memberikan konten terbaik dan terbaru. Sehingga YouTube tampak tidak membosankan.

Buat mereka yang senang melihat video di YouTube, tentu tidak akan mau ketinggalan satu video pun. Dan caranya pun harus membuka aplikasi YouTube terlebih dulu.

Lalu bagaimana jika ingin membuka video di YouTube tanpa harus membuka aplikasinya terlebih dulu? Mudah sekali caranya dan cukup memanfaatkan fungsi dari Google Assistant.

Hanya dengan menyebutkan video yang ingin dilihat, maka secara otomatis google akan mengarahkan ke aplikasi YouTube.

Selain aplikasi YouTube, juga bisa digunakan pada aplikasi lainnya. Caranya pun sama tinggal sebut saja video dan aplikasi yang ingin digunakan untuk melihat video. Maka secara otomatis google akan mengarahkan ke sana.

4. Membuat Alarm Pengingat

Banyaknya jadwal yang dibuat kadang membuat seseorang bisa lupa. Hal itulah yang kerap menjadi masalah bagi orang-orang sibuk.

Jika Anda salah satu di antaranya, tentunya perlu mencari cara agar jadwal yang sudah disusun atau direncanakan tidak lupa dan semuanya bisa dijalankan. Biasanya, orang-orang akan memasang alarm pengingat pada hari-hari tertentu yang mana, di hari tersebut sudah membuat jadwal atau janji dengan orang lain.

Banyak cara untuk memasang alarm pengingat, salah satunya dengan Google Assistant karena bisa terhubung dengan berbagai fitur Google lainnya. Seperti google kalender dan sebagainya.

Dari sekian cara tersebut, hanya Google Assistantlah yang memudahkan memasang Alarm pengingat. Caranya pun cukup mudah.

Tinggal pencet pada gambar microphone lalu bilang “Ok Google, pasang alarm pengingat pada tanggal berikut” dengan begitu otomatis alarm itu akan berbunyi ketika hari itu tiba.

5. Membuka Aplikasi hanya dengan Satu Langkah

Bukan hanya memberi informasi dan sebagainya, Google Assistant juga dapat membantu membuka aplikasi hanya dengan satu langkah. Biasanya pengguna perlu membuka smartphone lalu mencari aplikasi yang kadang lupa berada di layar ke berapa.

Semua itu tidak perlu dilakukan lagi karena hanya dengan menyebutkan aplikasi yang ingin dibuka setelah memencet gambar microphone, secara otomatis aplikasi yang disebutkan tadi, akan terbuka sendiri.

Penutup

Google Assistant hadir senantiasa untuk memudahkan pengguna dalam menjalankan pekerjaan atau aktivitas sehari-hari. Perusahaan Google sendiri memang sengaja mendesain agar pengguna smartphone lebih mudah dalam mengoperasikan smartphonenya.

Pos terkait