Jogja pun Punya Ladang Batu Akik

  • Whatsapp

Selama ini mungkin kita hanya terfokus bahwa batu akik itu hanya ada di Banten, Pacitan, Aceh, Sulawesi, Nusa Tenggara dan berbagai wilayah lain di luar Jogja. Tapi jangan salah, ternyata Jogja atai tepatnya di sekitar Sungai Oya kini juga muncul para pencari baru akik.

Bacaan Lainnya

batu akik jogja
tribunnews.com

Mereka adalah warga dari Dusun Kedungmiri, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Bantul. Tak peduli matahari tengah terik mereka tetap turun ke sungai untuk mencari batu yang sebagian bernilai sangat mahal itu. Hal ini setidaknya berdasar pantauan media selama beberapa hari terakhir.

Banyak dari mereka yang telah sukses menemukan batu yang diduga sebagai akik dan dihargai jutaan rupiah. Imbasnya semua orang yang mendengar berita itu ikut berburu. Terutama pada saat sungai mulai surut maka jumlahnya akan semakin banyak dari hari biasanya.

Jenis batu yang paling banyak diburu adalah panca warna. Bila sebelumnya batu-batu itu dijual dalam bentuk bongkan besar atau kiloan maka kini telah dijual dalam bentuk yang lebih kecil. Selain dijual pada pihak pengumpul atau pengrajin tak jarang batu-batu dari temuan sepanjang Sungai Oya ini dijual di depan rumah.

Puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu, Dusun Kedungmiri akan didatangai oleh puluhan hingga ratusan orang yang mengaku penggila batu akik. Ada diantara mereka yang benar-benar ingin membeli langsung tapi ada juga yang hanya sekadar melihat-lihat.

Jadi ada baiknya kalau ingin melihat lebih dekat koleksi batu yang ada di Kedungmiri datang pada hari Minggu. Tak jarang mereka membuka lapak atau dulu pernah ada pameran sederhana yang digelar disepanjang bahu jalan.

Jumlah batu yang ada jumlahnya pun sangat banyak. Batu-batu “kali” itu ada yang dijual dengan harga mulai dari puluhan hingga jutaan rupiah. Di Indonesia sendiri ada banyak varian batu akik yang banyak di pilih.

Agar nilai jual batu akik ini semakin baik maka pemerintah desa tengah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Bantul guna memberikan pelatihan. Bagaimana batu-batu itu bisa diolah sendiri agar nilai jualnya jauh lebih tinggi.

Bahkan tak jarang ada warga lain yang ikut datang dan mencari batu. Mereka pun seolah tak mau ketinggalan untuk mendapat berbagai batu cantik dengan harga diatas rata-rata itu.

Di Jogja sendiri surga batu akik tidak saja hanya ada di Kedungmiri. Ternyata di Gunungkidul juga ada batu akik yang telah di lirik konsumen hingga Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *