Kupat Tahu (Kidul SGM) Pak Budi Yang Maknyuss

  • Whatsapp

Ingin cari menu legendaris di Jogja yang usianya hampir 6 dekade. Ada baiknya menuju ke Jalan Veteran, Muja Muju, Jogja atau tepatnya ada di selatan perempatan SGM. Di sana ada warung sederhana yang telah berdiri sejak 57 tahun lalu.

kupat tahu pak budi
kulineranbarenglala.blogspot.com

‘Kupat Tahu (Kidul SGM) Pak Budi’ begitu kira-kira spanduk yang tertulis di depan bangunan dengan dominasi warna hijau. Sesuai dengan namanya maka warung ini menyediakan menu special berupa kupat tahu.

Kupat tahu adalah kuliner yang terdiri dari irisan ketupat dengan bahan tambahan potongan tempe dan tahu bacem. Selain itu rasanya akan lebih nikmat dengan rajangan kubis plus taburani kecambah. Kuah yang digunakan adalah kuah bumbu kacang. Agar lebih krenyes maka untuk toping akan digunakan kerupuk.

Saking lamanya usaha ini berdiri maka kupat tahu Pak Budi telah memiliki pelanggan setia. Dari kalangan biasa hingga mereka yang berduit. Harganya cukup murah hingga membuat tempat ini bisa di datangi siapa saja.

Ketika berada di dalam warung ini akan nampak benda-benda kuno seperti botol-botol yang digunakan pada era 80an. Suasana warung masih di kondisikan sama seperti jaman dulu sehingga akan memberi kesan yang berbeda bagi pelanggan. Menemukan sesuatu yang berbeda tentu menjadi alasan bagi seseorang untuk memilih menghabiskan makan siang dengan kupat sayur.

Jam buka warung ini pun sangat unik. Jangan datang terlalu pagi karena pasti belum buka. Ada baiknya kalau pagi menunggu hingga pukul 9 baru datang dan kalau sore usahakan sebelum pukul 16.00 WIB.

Kalau terlambat bisa jadi tidak akan mendapatkan menu special ini. Pasalnya dalam waktu-waktu tertentu mereka telah tutup karena dagangan telah habis.

Bila antrian tidak terlalu panjang para karyawan akan dengan segera mengantarkan satu porsi kupat tahu. Tapi bila keadaan ramai harap sabar, sambil menunggu datangnya pesanan bisa menikmati aneka gorengan yang ada seperti keripik atau rempeyek.

Aneka minuam yang ada juga relative standar, tapi menu ini akan sangat nikmat bila barengi dengan satu gelas teh hangat. Terlebih saat musim hujan, benar-benar akan menggugah selera saat tahu panas sesudah digoreng masuk ke mulut. Bercampur dengan rasa pedas dan manis yang begitu kuat terasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *