Pahami 5 Tingkat Kematangan Daging Steak dan Tentukan Pilihanmu

Bagi mereka yang suka menonton acara masak memasak tentu tak asing dengan istilah well done. Namun ternyata berbicara tentang tingkat kematangan daging steak ternyata ada beberapa tingkatan.

holycowsteak.com

Maklum saja kuliner yang berasal dari Spanyol ini bisa diolah dengan berbagai tingkat kematangan guna memanjakan lidah penikmatnya.

Masing-masing tingkat kematangan daging steak akan memberi kesan yang berbeda. Bisa jadi dalam satu keluargapun akan miliki selera yang berbeda.

Menjadi penting pula untuk tahu berbagai tingkat kematangan daging steak. Tak ada salahnya mencoba satu demi satu guna mendapat rasa terbaik.

Tingkat Kematangan Daging Steak

Pada umumnya tingkat kematangan daging steak dibagi menjadi 5 tingkat. Mulai dari yang cenderung masih mentah hingga yang paling matang.

Untuk memudahkan dalam proses pembuatan berikut setidaknya 5 tingkat kematangan daging steak yang perlu diketahui:

1. Rare

Bisa jadi orang sekitar kita hanya menginginkan daging yang benar-benar matang. Namun ternyata daging steak pun bisa diolah dengan kondisi hampir mentah di mana hanya dimasak dengan suhu antara 48 derajat hingga 50 derajat celcius saja.

Atau pun bila terlihat matang itu pun hanya di bagian luar saja. Tingkat kematangan rare ini membuat daging terasa lebih manis dan aroma khas daging masih begitu terasa daripada tingkat kematangan lainnya.

2. Medium Rare

Selanjutnya diatas rare ada medium rare. Tingkat kematangan ini akan diperoleh pada saat memasak dengan suku sekitar 54 derajat sampai dengan 57 derajat celcius.

Tingkat kematangan yang satu ini ditandai dengan 60% matang disisi luar semantara di dalamnya masih segar. Bahasa sederhana untuk medium rare adalah setengah matang. Rasa daging didapat cenderung kenyal dan juicy.

3. Medium

Mayoritas pecinta steak bisa jadi memilih tingkat kematangan yang satu ini. Di mana daging diolah dengan sempurna tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah.

Diolah dengan suhu antara 60 derajat hingga 65 derajat. Membuat daging sisi luar berwarna coklat sementara itu di sisi dalam masih ada warna pink.

4. Medium Well

Ingin daging lebih matang maka pilihlah tingkat medium well. Daging ini diolah dengan suhu antara 65 derajat hingga 69 derajat celcius.

Bila pecinta steak dari seluruh dunia hampir menyukai kondisi medium maka tidak untuk masyarakat Indonesia. Di mana mereka lebih memilih medium well karena tingkat kematangan hampir sempurna atau 100%.

Ciri yang nampak dari tingkat kematangan yang satu ini daging berwarna coklat gelap hingga bagian dalam. Tidak ada minyak yang nampak dan kekenyalan danging terasa lebih padat.

5. Well Done

Bila 4 tingkat kematangan yang ada belum sesuai maka pilihlah well done. Daging steak di masak dengan suhu antara 70 derajat hingga 90 derajat celicus.

Memastikan seluruh daging matang sempurna baik itu di sisi luar maupun sisi dalam. Seluruh daging akan terlihat coklat gelap hingga bagian paling dalam sementara itu untuk sisi luar cenderung kering.

Bila sudah mengetahui berbagai tingkatan dalam mengolah daging steak maka perlu pula untuk tahu dimana tempat mendapat daging steak terbaik. Jangan sampai sudah tahu tentang berbagai tingkat kematangan daging steak tidak didukung dengan bahan baku berkualitas.

Bisa jadi hasil di dapat pun tidak optimal. Tak ingin bukan, niat memanjakan lidah malah berujung kekecewaan.

Steak Hotel by Holycow

Satu tempat paling direkomendasikan untuk menikmati steak dengan citarasa terbaik tentu saja ada di steak hotel by holycow. Tempat makan steak ini begitu mudah ditemukan di kota-kota besar.

Selain di Jakarta ada pula di Tangerang, Depok, Bandung, Semarang, Surabaya dan Pekanbaru. Namun bila tidak berada di kota-kota tersebut kita pun bisa mengolah sendiri.

Cukup beli bahan dan bumbu dari mereka dan kemudian di rumah bisa berkreasi. Bisa jadi ini adalah opsi terbaik bagi mereka yang ingin eksperimen dan mendapat pengalaman yang tak biasa dalam menikmati daging steak.

Steak Hotel by Holycow menjual berbagai macam menu unggulan. Mulai dari wagyu tenderloin, wagyu sirloin, wagyu rib eye, tenderloin, australian wagyu rump, australian sirloin dan masih banyak lagi.

Rasakan pengalaman berbeda saat menyantap berbagai tingkat kematangan daging steak dari Steak Hotel by Holycow.

Pos terkait