6 Software Akuntansi Terbaik untuk Mudahkan Bisnismu

Saat ini ada beberapa pilihan software akuntansi terbaik yang bisa dipilih untuk mudahkan bisnis. Bukan hanya tentang menjawab kebutuhan, lebih dari itu bisa dioperasikan dengan mudah oleh siapa saja.

Software Akuntansi
sampoernauniversity.ac.id

Software akuntansi juga bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis usaha. Tidak terbatas pada satu bidang membuat pebisnis bisa fokus pada proses lainnya.

Seperti kita tahu, saat ini pencatatan dan akuntansi menjadi kunci akan suksesnya sebuah bisnis. Tata kelola keuangan yang baik dan tepat sasaran memudahkan siapa saja untuk mencapai tujuan dalam hal ini bisnis bisa berkembang dengan baik.

Aplikasi ini bisa juga dikatakan sebagai investasi tepat sasaran. Ada banyak manfaat bisa diperoleh.

Baca juga: Software Cloud ERP Indonesia Terbaik dan Tepat Guna

Manfaat Software Akuntansi

Software akuntansi menjadi tools yang bisa diandalkan untuk menjaga bisnis tetap baik-baik saja. Hal ini tak lepas dari konsistensi yang ada.

Berbeda dengan manusia yang memiliki rasa lelah. Aplikasi atau teknologi hampir bisa dipastikan tidak akan melakukan kesalahan selama inputan betul.

Berbagai laporan atau report bisa ditarik dengan sempurna. Cara ini tentu akan memberi gambaran detail terhadap bisnis yang ada.

Bayangkan bila data tidak akurat, tentu dalam proses pengambilan kepututusan tidak akan mudah. Di mana satu dengan yang lain akan saling terkait.

Kecepatan dalam pemrosesan juga menjadi alasan bagi setiap pebisnis untuk menggunakan software akuntansi terbaik. Menjadikan efisiensi bukan sebatas isapan jempol belaka. Dan selanjutnya produktifitas bisa digenjot karena ada data pendukung yang valid.

Mengingat ada banyak manfaat dari software akuntansi maka berikut rekomendasi software akuntansi terbaik yang bisa dipilih.

1. Kledo

Diantara sekian banyak software akuntansi terbaik yang bisa dipilih tentu saja menempatkan Kledo sebagai yang pertama. Bagaimana mereka mampu mengubah bisnis kecil menjadi sesuatu yang besar.

Membantu bisnis yang pada mulanya seba konvensional menjadi lebih canggih. Menjadikan bisnis lebih bisa berbicara dikancah nasional. Dan semua itu berkat adanya Kledo yang menyediakan software akuntansi online.

Dengan cepat mereka mampu merapikan pencatatan, terutama dalam hal keuangan dan proses bisnis. Lebih dari 35 ribu pebisnis kecil dan menengah terbantu dengan adanya Kledo.

Menjadikan UMKM naik kelas itu bukan sekadar tagline semata tapi benar-benar bisa direalisasikan. Tidak percaya maka silakan coba versi gratis terlebih dahulu untuk melihat apa saja yang bisa dilakukan oleh karya anak bangsa ini.

2. MYOB

Aplikasi nomor 2 ini bisa jadi yang paling populer dan paling banyak digunakan. Hal ini tak lepas dari keberadaannya yang cukup lama.

Bahkan di kelas akuntansi siswa SMK, MYOB telah diperkenalkan dan menjadi software yang paling sering digunakan. Selain mudah digunakan aplikasi ini termasuk yang paling ringan dan bisa menyajikan data dengan baik.

Beberapa fitur yang bisa diandalkan dari aplikasi akuntansi yang satu ini antara lain rekonsiliasi data bank, pembayaran otomatis, hingga payrol.

3. Wave

Selanjutnya ada juga Wave yang digadang-gadang sebagai software keuangan untuk usaha kecil, dengan sistem yang mudah digunakan. Salah satu produk mereka yang cukup diminati tentu saja Accounting by Wave.

Tools ini biasanya digunakan sebagai alat akuntansi entri ganda. Dengan Wave maka beberapa proses menjadi lebih mudah, mulai dari impor data bank langsung, pembuatan faktur dan pelacakan pengeluaran, hingga transaksi jurnal.

Fitur utama software Wave antara lain invoicing, payments, accounting, banking, payroll, dan lain-lain. Yang cukup menarik produk ini juga bisa terintegrasi dengan sistem lain seperti Shoeboxed dan situs Etsy.

4. QuickBooks

Software akuntansi lainnya yang cocok untuk usaha kecil tentu saja QuickBooks. Mereka hadir dengan tagline ‘software pintar dan mudah digunakan para pemilik usaha kecil.’

Oleh karenanya sangat cocok digunakan untuk para pelaku usaha yang tengah merintis dan belum banyak laporan dibutuhkan. Namun bila sekiranya usaha memiliki kemajuan yang cukup pesat maka saatnya disarankan untuk beralih Kledo.

Beberapa fitur unggulan yang ada antara lain invoicing, inventory, manajemen pengeluaran dan laporan bank.

5. Xero Accounting Software

Software akuntansi berikutnya yang bisa dipilih tentu saja Xero Accounting Software dari XERO. Banyak pihak merekomendasikan aplikasi ini untuk dukung usaha kecil dan menengah karena kemampuannya dalam menyajikan data.

Beberapa fitur yang bisa diandalkan antara lain rekonsiliasi akun bank, klaim pengeluaran, pembayaran tagihan hingga monitor proyek. Sebelum memutuskan menggunakan produk ini jangan lupa cek dulu kecocokan antara kebutuhan dengan kemampuan aplikasi.

Hal ini karena harus benar-benar disesuaikan agar tidak salah dalam pemrosesan. Selama set up awal betul maka hasil akan tepat dan akurat.

6. Bench Accounting

Software akuntansi berikutnya yang bisa dipilih tentu saja Bench Accounting. Mereka berupaya untuk mengotomatiskan pembukuan dan keuangan. Sangat cocok untuk diterapkan bagi pemilik usaha kecil.

Aplikasi ini mampu membuat laporan keuangan dengan baik. Mulai dari arus kas hingga pelacakan pengeluaran.

Produk mereka selain bisa diakses melalui desktop kini juga bisa diakses melalui smartphone. Menjadikan proses pengawasan jadi kian mudah tentunya.

Pos terkait