Tips Bersih-Bersih Setelah Rumah Kebanjiran

  • Whatsapp

Musim hujan sudah lewat. Sehingga ancaman banjir bisa sedikit berkurang. Anda pun bisa sedikit lega karena banjir kemungkinan tidak akan melanda rumah Anda.

membersihkan-rumah-pasca-banjir
rooang.com

Namun, bukan berarti anda akan terbebas secara sepenuhnya dari banjir. Ada banyak kemungkinan rumah dilanda banjir apalagi jika hujan turun dengan deras.

Untuk rumah yang memang langganan banjir seperti banyak rumah dijual di Jakarta Barat, Selatan, Timur, bahkan Utara, ada banyak hal yang harus dilakukan ketika rumah dilanda banjir.

Karena banjir akan meninggalkan kotoran, sampah, juga lumpur. Sehingga rumah akan tampak kotor dan kumuh. Sehingga ini sangat berbahaya bagi kesehatan.

Maka, untuk menyulap rumah anda menjadi lebih bersih dan kembali nyaman, berikut adalah tips membersihkan rumah setelah kebanjiran.

Gunakan Air Bersih

Kita tahu bahwa air banjir tentu bukanlah air yang bersih. Sehingga akan meninggalkan kotoran, bakteri, dan juga lumpur di rumah. untuk membersihkannya, dibutuhkan air bersih untuk membilas itu semua.

Jangan sampai pekerjaan membersihkan menjadi percuma hanya karena anda menggunakan air banjir. Mulailah pembersihan dari bagian terdalam rumah, menuju ke luar rumah.

Matikan Aliran Listrik

Saat banjir, biasanya aliran listrik akan dimatikan untuk menghindari korsleting. Namun, ketika banjir telah surut, biasanya pihak PLN akan kembali menyalakan aliran listrik.

Untuk itu, ketika anda membersihkan rumah, cobalah untuk tetap mematikan aliran listrik. Hal ini agar nantinya tidak terjadi korsleting ketika membersihkan rumah.

Jemur barang lembab

Ketika siang, cobalah untuk menjemur seluruh barang yang lembab. bisa seperti karpet, kasur, bantal, guling, bantalan sofa, bahkan hingga beberapa perabotan atau furnitur kayu.

Hal ini untuk menghindari tumbuhnya jamur di barang-barang Anda. Jamur-jamur tersebut dapat menimbulkan bau yang tidak nyaman juga berbahaya untuk kesehatan para penghuni rumah Anda.

Rebus Peralatan Makan dan Masak

Hal ini kerap dilupakan oleh banyak orang. Kebanyakan mereka hanya mencucinya dengan sabun saja. Padahal, untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya untuk merebus berbagai peralatan masak dan juga makan di air mendidih.

Sendok, garpu, peralatan masak seperti spatula dan lainnya akan banyak dihinggapi bakteri yang dibawa banjir. Dengan merebusnya di air mendidih, akan dapat mematikan bakteri tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar