Warung Sego Empal Bu Warno Beringharjo Sajikan Olahan Makanan Matang Dengan Cara Masak Tradisional

Puas jalan-jalan di Malioboro dan Pasar Beringharjo ada baiknya untuk wisata kuliner. Tak perlu lokasi yang jauh. Ternyata di dalam Pasar Beringharjo ada warung yang sangat legendaris karena telah ada lebih dari setengah abad.

instagram.com/reni.puspita.sari

Warung Sego Empal Bu Warno, begitu banyak orang menyebutnya. Hal ini karena usaha warung ini memang dirintis oleh Prawiro Suwarno sejak tahun 1960an.

Namun saat ini telah dikelolala oleh anak dan cucunya. Meski demikian soal rasa di jamin tak berubah. Masih sama dengan olahan sang empunya resep. Setidaknya anak cucu Bu Warno telah mewarisi bumbu yang digunakan dan cara memasak yang tepat.

Banyak orang berpendapat rahasia kelezatan kuliner ini ada pada bumbu dan cara memasaknya yang masih alami. Masih menggunakan tunggu untuk mendapat bara api terbaik. Proses memasaknya pun tidak hanya satu dua jam saja tapi bisa dibilang lebih dari 5 jam.

Hasilnya tentu saja empal sapi yang luar biasa mantap hingga banyak orang rela antri untuk makan disini. Meski bahan olahan berasal dari daging sapi tapi menu ini ramah untuk segala usia.  Mau tua atau muda, anak-anak atau kakek nenek masih bisa menikamti kelezatan daging sapi bumbu bacem ini.

Tak jarang pecinta kuliner dari luar kota Jogja pun bersedia mampir hanya untuk seporsi nasi dan empal. Konon anggota keluarga Kraton Jogja dan para selebritis pun pernah singgah disini. Semua hanya karena ingin memanjakan lidah.

Dalam hari normal warung Bu Warno setidaknya membutuhkan tak kurang dari 10 kilogram daging sapi untuk dioleh menjadi empal. Namun jumlahnya bisa meningkat 3 hingga 5 kali lipat pada musim liburan.

Selain empal masih ada berbagai menu yang lain, yang tentunya tak kalah ‘nendang’ semisal iso, babat, cilikan dan lain-lain. Selain itu ada sayur asam, dan sayur lodeh untuk memberi rasa segar.

Untuk menuju tempat ini sebenarnya sangatlah mudah. Terutama bagi mereka yang suka ngubek-ubek Pasar Beringharjo. Kalau mau cepat bisa masuk dari sisi timur pasar, tapi sangat disarankan untuk masuk lewat pintu barat.

Sepanjang jalan mata memandang dapat memanjakan penglihatan. Bahwa di pasar tradisional yang usianya tak beda jauh dengan Kraton ini terdapat berbagai barang yang sangat menarik.

Tidak harus beli tapi cukuplah dengan melihat-lihat. Setelah cukup lelah maka tinggal bergeser ke arah timur pasar. Tepatnya Warung Sego Empal Bu Warno ada di Lantai 2 Los Timur Pasar Beringharjo. Kalau tak mau repot bisa bertanya dengan orang sekitar dan mereka akan dengan senang hati menunjukan lokasinya berada.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan