10 Menu Bekal Makanan Sehat untuk Anak Sekolah demi Pertumbuhan dan Perkembangan Optimal

Memberikan bekal makanan sehat kepada anak adalah cara terpenting untuk mendukung tumbuh dan kembang anak. Waktu yang penting untuk memberi makanan sehat adalah saat sebelum berangkat ke sekolah.

Bekal Makanan Sehat untuk Anak Sekolah
pixabay.com

Memang tidak semua orang biasa sarapan, namun tidak ada salahnya mengajarkan kepada Anak sejak dini. Berikan makanan yang mudah dicerna untuk membantu aktivitasnya sehari-hari. Bahan makanan sehat dapat Anda temukan lewat promo Jogja dari Blibli.

Menu Bekal Makanan Sehat

Orang tua modern berlomba-lomba memberikan makanan sehat untuk anaknya. Sampai-sampai ngelarang si anak beli makanan di luar sekolah. Kehigienisan sampai dengan debu jadi alasan yang paling besar.

Tidak ada salahnya memang Anda ingin memberi yang terbaik bagi buah hati. Maka dari itu, Anda menyiapkan bekal makanan untuk dimakan di sekolah. Serta menyiapkan menu makanan sehat setiap hari.

1. Roti Gandum dengan Selai Kacang

Roti gandum yang dibalut dengan selai kacang adalah menu bekal klasik yang kaya akan protein dan serat. Protein dari selai kacang akan membantu anak Anda merasa kenyang lebih lama.

Apalagi aktivitas sekolah saat ini jauh lebih lama dari sebelumnya. Dalam sehari, anak Anda akan mengikuti banyak kegiatan dari sekolah. Untuk itu, butuh energi untuk belajar dan bermain di sekolah. Pastikan Anda memilih roti gandum utuh untuk meningkatkan nilai gizi.

2. Salad Sayuran Segar

Salad adalah cara yang bagus untuk memasukkan sayuran ke dalam menu bekal anak Anda. Campurkan berbagai sayuran segar seperti wortel, mentimun, tomat ceri, dan daun selada.

Tambahkan juga potongan daging ayam rebus atau telur rebus untuk protein tambahan. Untuk memeriahkan rasa, berikan saus salad yang disukai anak Anda.

3. Telur Puyuh Rebus

Telur puyuh rebus adalah camilan sehat yang kaya akan protein dan nutrisi. Memiliki ukuran relatif kecil dan membuatnya mudah dimakan. Sangat cocok untuk anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Apabila ingin memvariasikan menu, tambahkan sedikit garam dan merica maupun wortel parut. Selain menyehatkan, makanan ini dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja.

4. Nasi dengan Ayam Panggang

Nasi dengan potongan ayam panggang adalah menu bekal yang penuh dengan protein dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat dari nasi akan memberikan energi, sementara protein dari ayam akan membantu pertumbuhan otot anak Anda.

Menu makanan ini pun digemari oleh binaragawan karena kandungan bagus untuk menumbuhkan massa otot. Demi menambahkan cita rasa, tambahkan sayuran rebus sebagai sampingan untuk nutrisi tambahan.

5. Sandwich Sayuran

Buat sandwich dengan potongan tomat, selada, mentimun, dan irisan daging dada ayam rebus atau keju rendah lemak. Ini adalah cara yang untuk memastikan anak Anda mendapatkan asupan sayur. Pilih roti gandum utuh sebagai dasar sandwich untuk nilai gizi yang lebih tinggi.

6. Sushi Mini

Sushi mini adalah cemilan yang lezat dan kreatif yang bisa Anda masukkan dalam menu bekal anak Anda. Menu makanan ini terbilang butuh effort, karena proses pembuatannya dipengaruhi oleh ketepatan tangan.

Buatlah sushi dengan nasi, potongan sayuran, dan potongan ikan atau seafood favorit mereka. Sajikan dengan sedikit wasabi dan kecap asin rendah garam.

7. Popcorn Homemade

Popcorn yang dibuat sendiri adalah camilan yang sehat dan rendah lemak untuk anak sekolah. Popcorn yang sehat dapat Anda buat dari jagung pilihan sendiri.

Selain itu, gunakan bahan makanan sehat hasil olahan sendiri. Anda dapat menemukan bahan makanan sehat di Blibli.

Jauhkan popcorn dari tambahan mentega yang berlebihan dan garam. Anda bisa menambahkan rempah-rempah atau sedikit keju parmesan untuk rasa tambahan.

8. Buah Potong

Jangan lupa menyertakan buah dalam menu bekal anak Anda. Potong buah-buahan segar seperti apel, pir, anggur, atau jeruk mandarin kecil.

Buah-buahan ini mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan anak. Bekal buah menjadi alternatif lain agar anak tidak membeli jajan sembarangan di luar sekolah.

9. Yogurt dengan Buah Segar

Yogurt adalah sumber kalsium yang baik, dan dengan tambahan buah segar seperti potongan stroberi, blueberry, atau kiwi. Menu ini akan lebih menarik bagi anak Anda.

Banyak kali varian yoghurt yang dapat diberikan kepada anak Anda. Pilih yogurt rendah lemak atau yogurt Greek untuk asupan protein yang lebih tinggi.

10. Air Mineral atau Susu

Selalu sediakan air mineral atau susu rendah lemak sebagai minuman untuk anak Anda. Hindari minuman berenergi atau beralkohol yang tidak sesuai untuk anak-anak.

Air dan susu adalah pilihan terbaik untuk menjaga anak Anda tetap terhidrasi sepanjang hari. Minum susu sebelum berangkat sekolah dan bawakan dan minum yang sudah terisi air untuk agar anak Anda terhindar dari dehidrasi.

Memberikan menu bekal makanan sehat untuk anak sekolah adalah langkah penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Dengan memasukkan makanan-makanan bergizi seperti yang telah disebutkan di atas, Anda dapat memastikan anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup.

Pos terkait