6 Jenis Barang yang Terlarang untuk Ekspor ke China: Panduan dan Solusinya

Bagi mereka yang ingin cuan besar tentu kegiatan ekspor impor bisa menjadi alternatif. Dan China menjadi satu negara yang paling banyak dituju. Namun faktanya ada beberapa jenis barang yang terlarang untuk ekspor ke China.

ekspor ke china
pixabay

Apapun alasannya, pemerintah sebagai pembuat kebijakan atau regulasi tentu telah berhitung plus minusnya. Dikutip dari laman hukumonline.com maka setidaknya berbagai produk yang berkaitan dengan perlindungan terhadap kesehatan dan ekosistem menjadi satu poin utama.

Terutama produk yang berkaitan dengan keselamatan manusia, hewan, ikan, tumbuhan, dan lingkungan hidup. Selain itu juga berkaitan dengan keamanan nasional, kepentingan nasional, atau kepentingan umum. Termasuk didalamnya berkaitan dengan sosial, budaya, dan moral masyarakat; dan/atau termasuk tumbuhan alam dan satwa liar yang perlu dijaga kelestariannya.

Jenis Barang yang Terlarang untuk Ekspor ke China

Masih dari sumber yang sama, berdasar Permendag 18/2021 berbagai kegiatan ekspor ke Negeri Tirai Bambu akan mendapat pengawasan super ketat. Barang atau produk tersebut berkaitan dengan bidang kehutanan, bidang pertanian, pupuk subsidi, bidang pertambangan, cagar budaya dan sisa termasuk didalamnya skrap logam.

Tujuan regulasi ini tentu untuk menjaga agar kebutuhan dalam negeri tercukupi. Sesuai dengan UUD 45 Pasal 33 ayat 3 yang berbunyi “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.”

Tak main-main, sanksi berat pun disiapkan pemerintah bagi mereka yang melanggarnya. Salah satunya adalah hukuman penjara hingga 5 tahun dan denda paling banyak hingga Rp 5 miliar.

Barang yang Boleh Diekspor

Pemerintah selain membuat regulasi berbagai barang yang tidak boleh diekspor tentu juga membuat regulasi berbagai barang yang diizinkan untuk dijual ke luar negeri.

Bila dicermati dari sumber yang sama, apa bila ada 6 jenis barang yang dilarang maka berbagai produk selain yang tertulis diatas maka diizinkan untuk diekspor. Artinya jumlah atau kesempatan untuk menjadi pelaku eksportir jauh lebih banyak.

Namun demikian masalah yang timbul adalah cara atau bagaimana untuk mengirim barang agar tiba sampai tujuan dalam keadaan baik-baik saja. Tentu butuh jasa ekspedisi terpercaya dan andal, dalam arti mereka ini memang telah miliki pengalaman dalam mengantarkan paket.

Berbicara tentang jasa ekspedisi dalam negeri tentu jauh lebih mudah. Selain ada banyak pilihan yang begitu mudah untuk beralih tentu ada harga lebih kompetitif.

Lain cerita kemudian bila kita menggunakan jasa ekspor barang ke China terpercaya. Mau tidak mau harus sejak awal mencari informasi yang tepat agar tidak terjadi penyesalan.

Selain ongkos yang relatif lebih mahal tentu barang dikirim pun bukan barang murah. Tak ingin jatuh dan tertimpa tangga maka pastikan hanya menggunakan jasa ekspedisi antar negara terpercaya.

Ekspor Barang ke China Terpercaya, Arahin aja

Beruntung saat ini sudah ada situs yang akan mudahkan itu semua. Apalagi kalau bukan Arahin yang dikenal sebagai jasa kirim ekspor terpercaya. Bukan hanya ke negeri China saja tapi ke berbagai negara di seluruh dunia.

Paling menarik mereka berani memberi harga transparan. Hal ini terlihat dari tabel harga, yang mana kita cukup menginput berat dan atau volume barang di kirim.

Dan nanti secara otomatis akan muncul berapa biaya dibebankan. Cara ini tentu sangat fair bagi semua pihak karena sudah muncul di awal. Selanjutnya kita cukup melunasi tagihan yang ada untuk barang segera berpindah negara.

Pos terkait