5 Momen Prambanan Jazz yang Tak Terlupakan

  • Whatsapp

Prambanan Jazz hadir untuk mengisi kehausan para pencinta musik. Khususnya mereka para pecinta musik beraliran jazz dan tentu saja sepanjang perjalanan terdapat momen-momen Prambanan Jazz yang tak terlupakan.

prambanan jazz
instagram.com/prambananjazz

Di acara yang menampilkan acara konser musik itu, kamu bisa menikmati setiap alunan musik dari bintang tamu terkenal. Penyanyi-penyanyi papan atas diundang untuk mengisi konser tersebut.

Prambanan Jazz sendiri merupakan pagelaran musik tahunan dengan skala internasional. Tempat untuk menggelar acara tersebut tak lain tak bukan adalah pelataran Candi Prambanan Yogyakarta.

Kali pertama pertunjukan berkelas ini digelar pada 16 Oktober 2015. Dan kegiatan serupa senantiasa digelar setiap tahunnya.

Karena namanya Prambanan Jazz, sudah barang tentu tema diusung tak jauh seputar eksotisme Candi Prambanan. Candi yang telah diakui oleh jagat raya ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain acara musik, di Prambanan juga sering menggelar acara pertunjukan kesenian dan kebudayaan. Nah hal ini cocok buat kamu yang memang menyukai kesenian dan kebudayaan.

Kamu bisa mencari jadwal kapan diselenggarakannya beberapa pentas seni tersebut. Karena menurut informasi yang didengar, mereka para panitia senantiasa menyebar pamflet di media sosial.

Sejarah Prambanan Jazz

Prambanan Jazz digelar karena ada mimpi besar dan tujuan mulia dari penggagasnya. Lalu apa sih mimpi besar itu?

Tidak lain tidak bukan adalah kolaborasi antara Mahakarya Prambanan sebagai World Heritage dengan mahakarya musik musisi dunia. Dan pastinya ada banyak musisi terkenal dunia yang diboyong oleh promotor dan panitia Prambanan Jazz ini.

Mereka benar-benar berkomitmen menjaga impian untuk selalu hadir. Sebagai bukti Prambanan Jazz akan tetap berjalan hingga tahun-tahun berikutnya.

Dari situlah mereka menanamkan apa arti keabadian dalam pentas seni. Promotor Prambanan Jazz ingin menampilkan hiburan kelas dunia kepada masyarakat luas.

Jika kamu ketinggalan beberapa momen, kamu tidak perlu khawatir. Karena agenda serupa akan senantiasa diadakan dengan mengundang musisi-musisi papan atas.

Entah dari dalam negeri atau luar negeri. Tunggu saja kedatangan musisi kesayanganmu di Prambanan Jazz ini.

Baca juga: Prambanan Jazz Festival Siap Digelar, Cek Daftar Para Musisi

Momen-momen Prambanan Jazz yang Tak Terlupakan

Karena acara ini digelar setiap tahunnya. Tentu saja banyak momen menyenangkan yang terlupakan di dalam acara tersebut.

Sudah barang tentu akan menjadi kenangan manis di sudut pikiran orang-orang yang datang di acara tersebut. Entah itu kemeriahannya atau siapa yang diajak ke acara tersebut, tentunya akan teringat sampai kapan pun.

Apakah kamu termasuk dari salah satu orang yang mempunyai kenangan di acara Prambanan Jazz ini? Jika iya semoga saja kenangannya begitu manis.

Lalu memangnya apa saja sih keseruan atau momen tidak terlupakan dari agenda tahunan yang sudah dihelat sejak 2015 ini?

Banyak sekali tentunya, akan tetapi saya akan merangkum beberapa momen Prambanan Jazz yang tak terlupakan berikut ini:

1. Dewa 19 di Prambanan Jazz

Dewa 19 merupakan band legendaris. Siapa yang tidak mengenal band pentolan dari Ahmad Dhani ini?

Saya yakin hampir semua penikmat musik di Indonesia mengenal band satu ini. Dewa 19 dibentuk pada tahun 90-an. Di mana lagu yang paling populer pada masa-masa itu adalah Kangen.

Dari beberapa informasi yang beredar, kangen merupakan titik awal kesuksesan band asal Surabaya tersebut. Lalu Ahmad Dhani dengan terampilnya membuat lagu dengan dibantu Erwin dan Andra.

Dari situlah mereka melesat dan tidak lekang oleh zaman. Bahkan sampai sekarang, beberapa anak muda masih menyukai lagu-lagu lama dari Dewa 19.

Sehingga ketika mereka mengisi acara Prambanan Jazz ini, banyak kalangan muda yang antusias. Kala itu di tahun 2019 Dewa 19 manggung bersama Ari Lasso di Prambanan Jazz.

Tak hanya Dewa 19, tapi juga hadir Glenn Fredly yang senantiasa bersenandung tentang cinta. Dan acara semakin meriah ketika Tulus hadir.

Dewa 19 bersama Ari Lasso membawakan banyak lagu. Lagu-lagu andalan mereka dibawakan dengan balutan alunan musik jazz yang begitu menghanyutkan. Kangen dan lagu Separuh Nafas menghiasi keromantisan acara tersebut.

2. Konser di Tengah Pandemi

Baru beberapa Minggu lalu Prambanan Jazz hadir di tengah Pandemi. Mereka tetap menggelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semua artis dan musisi melakukan swab terlebih dulu sebelum dimulainya acara.

Mereka begitu antusias walaupun harus melakukan beberapa hal terkait protokol kesehatan. Prambanan Jazz 2021 digelar pada tanggal 19-20 November kemarin. Selain acara musik, gelaran tahun ini juga dibarengi kolaborasi dengan beberapa lintas seni.

Bintang tamunya pun tidak kalah seru. Ada Tulus dan beberapa bintang tamu lainnya yang menghibur para penonton.

3. Tarian Sang Maestro Indonesia

Prambanan Jazz tahun 2021 ini dibuka dengan sangat meriah oleh tarian Didik Ninik Thowok. Maestro tarian Indonesia ini begitu menakjubkan tatkala membawakan tarian Dwi Muka.

Sang maestro ini meliuk-liukkan tubuhnya di atas pagelaran dan menyuguhkan penampilan yang memanjakan mata.

Di akhir penampilannya, sang maestro sedikit menceritakan pengalamannya. Didik merasa harus melakukan sesuatu dengan ekstra untuk bisa tampil maksimal di kala pandemi.

Selain itu beberapa kali Prambanan Jazz tahun ini mengalami penundaan. Sehingga sempat menghancurkan mood dari Didik. Pandemi yang memaksa menunda beberapa acara memang menjadikan para musisi kebingungan.

Semoga saja dengan penurunan angka kematian yang disebabkan oleh Covid 19, acara-acara musik dan yang lainnya bisa diselenggarakan lagi.

4. Nadin Hamizah

Musisi yang memenangkan AMI Award kategori pendatang baru terbaik-terbaik 2019, Nadin Hamizah turut memeriahkan konser tahun 2021 ini. Dia membawakan lagu andalannya yang dia rangkum dari dua album sekaligus. Yakni album Selamat Ulang Tahun dan Album Kalah Bertaruh.

Nadin Hamizah melantunkan beberapa lagu dengan sangat apik. Lagu-lagu seperti Hormat Kepada Angin, Taruh dan Beranjak Dewasa dia lantunkan dengan sangat merdu.

Nadin Hamizah membalut lagunya dengan aransemen Jazz yang begitu berkualitas. Sehingga semakin menghanyutkan bagi siapa pun yang mendengarkannya.

5. Yura Yunita

Masih dalam acara Prambanan Jazz 2021. Momen tak terlupakan lainnya adalah ketika Yura Yunita memperkenalkan album terbarunya yang berjudul Tutur Batin. Di dalam acara tersebut dia melantunkan beberapa lagu dari album tersebut.

Sungguh momen-momen seperti ini tidak akan dilupakan oleh para penggemar. Mereka yang rindu akan konser musik secara live karena sudah sekian lama tidak melihat idolanya manggung. Pandemi memang sedikit dan mungkin hampir mengubah sebagian besar kebiasaan kita.

Selain penampilan musiknya yang menyenangkan, Yura Yunita juga tampil begitu anggun. Dia memakai gaun batik dengan mahkota di kepalanya.

Semakin membuat penonton terbawa suasana karena penampilannya tersebut. Kombinasi yang pas antara warna pakaian dan mahkota yang dikenakan di rambut hitamnya tersebut.

Satu momen yang paling berkesan tentunya ketika Yura Yunita menyampaikan pesan mendalam tentang ketidaksempurnaan ketika hendak membawakan lagu barunya yang berjudul Tutur Batin.

Kesan itu teramat mendalam sehingga dapat dirasakan menyentuh hati. Suguhan kali ini ditutup dengan penampilan Tulus yang hadir membawakan 8 tembang terbaiknya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *