5 Penyebab Sistem Imun Tubuh Menurun dan Cara Mengatasinya

Kini, jumlah warga yang terjangkit virus corona semakin meningkat. Jumlahnya semakin meningkat di kota-kota besar terutama mereka yang miliki sistem imun tubuh menurun.

Sistem Imun Tubuh Menurun
Getty Images/iStockphoto

Tak hanya itu saja tapi ada banyak faktor mengapa seseorang terjangkit Covid-19. Namun sekali lagi, satu hal yang pasti adalah daya tahan tubuh atau sistem imun tubuh menurun.

Ada beberapa sebab mengapa sistem imun tubuh mengalami penurunan. Terutama mereka yang tinggal di kota besar cenderung miliki pola hidup yang kurang sehat.

Penyebab Sistem Imun Tubuh Menurun dan Cara Mudah Mengatasinya

Ada banyak sebab seseorang jatuh sakit. Bisa jadi, orang tersebut mengalami kecelakaan, terkena penyakit dan lain semacamnya.

Orang-orang mengalami flu, pilek, demam dan lainnya karena satu hal yakni daya tahan tubuh menurun. Penyebabnya mungkin sepele, tetapi anda perlu tahu penyebab imun tubuh bisa menurun.

Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa imunitas tubuh mengalami penurunan.

1. Stres Berlebih

Anda bisa sakit bukan hanya karena salah mengonsumsi makanan dan minuman. Tetapi daya tahan tubuh seseorang juga akan mengalami penurunan karena stres.

Tekanan yang berlebih pada otak dapat menyebabkan penurunan imun. Stres yang tidak bisa diatasi dapat menyebabkan sakit kepala, gelisah, sakit pada dada dan tegang.

Semua gejala tersebut mengakibatkan sistem kekebalan tubuh harus bekerja lebih keras untuk mempertahankan diri dari ancaman kesehatan. Dan satu cara efektif yang bisa anda lakukan untuk terhindar dari stres adalah bersikap positif.

Jangan bawa masalah terlalu dalam sehingga dipikir secara terus-menerus. Lakukan refreshing sejenak. Stres adalah hal yang lumrah. Namun anda harus pintar dalam mengelola stres tersebut.

Jadi, hindarilah stres. Meskipun tidak bisa keluar rumah secara leluasa, jangan terlalu dipikirkan. Masih ada banyak aktivitas menarik dan sehat meskipun di dalam rumah.

2. Kurang Aktif

Pada masa pandemi ini, kebanyakan orang hanya berdiam saja di rumah. Istilah kerennya, banyak warga menjadi kaum rebahan.

Orang-orang menjadi jarang bergerak dan bermalas-malasan. Malas gerak inilah salah satu hal yang dapat menyebabkan seseorang mudah sakit.

Aktivitas yang kurang sehat ini bisa menyebabkan tubuh mengalami penurunan imun. Agar terhindar dari ancaman kesehatan yang berbahaya, gerakkan tubuh sesekali agar peredaran darah tetap berjalan lancar.

Olahraga tidak harus dilakukan di pusat kebugaran seperti pusat gym atau fitness. Anda tetap bisa olahraga ringan di rumah.

Bahkan anda bisa melakukannya tanpa peralatan. Dengan melakukan bodyweight training maka tubuh anda tetap bisa sehat dan bugar.

3. Kurang Istirahat atau Tidur

Tidak hanya bermalas-malasan, bekerja secara berlebihan juga bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun. Hal ini sering terjadi pada kebanyakan orang.

Karena kurang tidur dan istirahat yang cukup, anda akan merasa lelah dan lemas. Akibatnya, anda akan jatuh sakit seperti demam, flu dan batuk.

Cobalah istirahat sejenak. Ambil waktu 30 menit – 1 jam untuk tidur siang. Usahakan pula untuk tidur hingga 7 jam di malam hari. Dengan cara ini, tubuh dan pikiran anda akan menjadi lebih sehat dan tenang.

4. Dehidrasi

Orang mudah sakit bisa karena kurang minum. Penuhi asupan dehidrasi anda setiap harinya. Jangan sangat mengalami dehidrasi berlebih.

Minum air putih yang cukup agar anda tidak mudah terkena penyakit. Dengan meminum air putih yang cukup, proses metabolisme tubuh pun menjadi lebih optimal.

Seperti kita tahu bahwa air sangat dibutuhkan tubuh. Terutama mereka yang beraktivitas di luar ruangan dan terpapar matahari.

5. Kurang Asupan Nutrisi / Gizi

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi. Asupan tersebut bisa berupa vitamin, mineral, serat dan lain sebagainya. Nutrisi ini didapat dari apa yang kita konsumsi.

Jangan malas untuk mengonsumsi makanan sehat, sayuran dan buah-buahan. Dan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, anda bisa mengonsumsi suplemen makanan.

Rhea Health Tone bisa menjadi opsi yang baik untuk mendukung aktivitas anda. Suplemen makanan alami ini dapat membantu mengoptimalkan imun tubuh dan melindungi anda dari radikal bebas.

Demikian itu adalah beberapa penyebab imun tubuh menurun. Anda bisa mengatasinya dengan beragam cara, termasuk mengonsumsi suplemen makanan Rhea Health Tone.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *