8 Ciri-Ciri Pinjaman Online Terpercaya Saat ini

  • Whatsapp

Era digital memudahkan segalanya, tak terkecuali dalam hal pengajuan dana. Hal ini dibuktikan dengan merebaknya fintech yang menawarkan pinjaman online. Tapi jangan salah dan terkecoh, OJK telah merilis ratusan pengaduan fintech bermasalah di awal Maret 2019.

CekAja Pinjaman Online
https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/

Tak ingin menjadi korban ada baiknya kita kenali ciri-ciri pinjaman online terpercaya. Ciri-ciri ini sebenarnya hal yang biasa saja dan mudah dikenali. Hanya saja publik sering tergiur dengan kemudahan ditawarkan dan selanjutnya yang ada hanya penyesalan.

Fintech yang tawarkan pinjaman online terpercaya setidaknya memiliki beberapa ciri. Adapun ciri-ciri tersebut antara lain adalah:

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan

Seperti yang kita ketahui, bahwa semua lembaga keuangan non perbankan berada dalam pengawasan OJK. Artinya segala tindak tanduk mentaati peraturan yang telah ditetapkan.

Dengan dinyatakan terdaftar secara tidak langsung lembaga tersebut tidak akan melakukan pelanggaran yang kemudian bisa berakibat dicabutnya ijin operasional.

2. Memiliki alamat jelas

Bisnis apapun ketika ingin menjaga kredibilitas maka ia akan terbuka salah satunya mencantumkan alamat kantor dengan jelas. Tak ada yang ditutupi, berbagai informasi yang ada pun akan dengan sangat mudah bisa diakses siapapun.

3. Memiliki situs resmi

Tak ada fintech terpercaya tanpa situs resmi. Situs ini secara sederhana dapat dikatakan sebagai representasi perusahaan yang baik dan sehat. Semakin besar bisnis ditandai dengan berbagai keunggulan fitur dalam situs yang ada.

Dalam kaitan surat menyurat mereka juga akan menggunakan nama domain dari situs resmi. Tak akan ditemukan email dengan domain semisal gmail, yahoo, rocketmail dan sejenisnya.

4. Bunga wajar

Betul salah satu yang ditawarkan fintech pinjaman online adalah kemudahan. Namun bukan berarti ditandai dengan bunga tak wajar.

Tak wajar ini bisa terlalu besar ataupun terlalu kecil. Bila dirasa janggal besar kemungkinan pinjaman online tersebut bermasalah karena akan melanggar aturan yang ditetapkan OJK. Bukankah kita sepakat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pun demikian dalam bisnis ini, bila dirasa tidak wajar maka harus di cek ulang.

5. Transparansi

Bukan rahasia lagi, transparansi menjadi keunggulan sebuah lembaga pembiayaan. Hal ini karena setiap calon nasabah bisa melihat detail secara keseluruhan.

Beberapa hal yang perlu diketahui antara lain terkait bunga, denda keterlambatan, administrasi, pelunasan dipercepat hingga biaya-biaya lainnya. Bila hal-hal tersebut tak didapat diawal pengajuan bisa dimungkinan kamu menggunakan jasa pinjaman online bermasalah.

6. Customer Service mudah dihubungi

Kepuasan konsumen menjadi isu utama bagi semua perusahaan. Tak terkecuali fintech dimana mereka akan memberikan berbagai saluran yang mudah dihubungi untuk menjawab keluh kesah pelanggan.

Tak hanya via telpon, sering kali fintech juga menyediakan layanan via email hingga sosial media semisal twitter. Semua itu hanya untuk menjaga kepuasan pelanggan agar mereka tidak lari ke kompetitor.

7. Kredit Checking Debitur

Jangan bangga bila kamu mendapat fasilitas pinjaman online tanpa kredit checking. Pengecekan ini seyogyanya untuk memastikan kesehatan keuangan calon konsumen. Mereka juga akan membatasi pinjaman bila dirasa tidak mampu.

Bisa juga mengarahkan untuk menambah tenor agar cashflow tidak terganggu. Bila ada perusahaan yang asal memberikan pinjaman tanpa kredit checking calon debitur bisa jadi akan menjerumuskan karena potensi kredit macet sangat besar.

8. Mendapat review positif

Seperti yang kita ketahui bahwa pinjaman online ini membutuhkan sebuah media atau aplikasi yang ada di smartphone. Pinjaman online terpercaya dipastikan akan mendapat banyak review positip.

Lain halnya bila mayoritas review negatif atau kurang baik. Bisa dipastikan bahwa lembaga tersebut bermasalah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya jejak digital yang ada.

Oleh karena itu sebelum memilih dan menggunakan jasa fintech untuk pinjaman online ada baiknya cek review yang ada. Satu langkah sederhana ini akan menyelamatkan kamu dari lilitan utang berkepanjangan.

Diantara sekian banyak fintech ada satu yang terbukti menjadi penyedia pinjaman online terpercaya. Cekaja.com bukan hanya memberikan janji tapi telah memberikan bukti. Hal ini terlihat dengan jumlah nasabah yang terus meningkat.

Semua ini tak terlepas dari fintech yang bermarkas di Wisma Barito, Slipi, Jakarta Barat yang senantiasa menjaga kepuasan pelanggan dan berani berimprovisasi untuk hadirkan layanan yang lebih baik. Unit usaha mereka pun tak hanya satu tapi ada beberapa jenis.

Cekaja.com sendiri pada awalnya adalah perusahaan rintisan yang bergerak dibidang layanan informasi dan perbandingan harga. Mereka menjadi pihak yang netral dan terpercaya untuk membantu publik dalam menentukan keputusan finansial.

Selain membantu dalam proses pinjaman online, portal ini juga membantu dalam proses pengajuan kartu kredit, asuransi, investasi, KPR hingga deposito. Semua ciri-ciri yang disebutkan dengan mudah ditemukan dalam https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *